5 Hal yang Nggak Boleh Terlupa Saat Mengajak si Kecil Naik Pesawat Terbang

Apakah moms sedang merencanakan travelling naik pesawat terbang dengan si kecil namun khawatir akan banyaknya kerepotan yang mungkin terjadi?

Memang, si kecil yang antusias akan perjalanannya nggak akan bisa aktif bergerak karena wajib mengenakan sabuk pengaman. Selain itu, kondisi di pesawat cenderung sunyi sehingga moms pasti merasa nggak enak karena telah mengganggu kenyamanan orang lain saat si kecil merengek kebosanan dan minta jalan-jalan.

Akan tetapi, jangan sampai kekhawatiran ini membuat moms batal mengajak si kecil travelling naik pesawat ya! Nggak perlu repot, kok! Hanya dengan 5 persiapan khusus ini, perjalanan si kecil naik pesawat terbang akan semakin menyenangkan. Yuk, disimak!

1. Penyumpal telinga wajib ada!

naik pesawat terbang
Via – Travel Gadget

Selama di pesawat terbang, si kecil berisiko mengalami gangguan pendengaran! Gangguannya bisa macam-macam, seperti nyeri, berdengung, atau bahkan radang telinga. Hal tersebut disebabkan adanya perubahan tekanan saat pesawat akan lepas landas ataupun mendarat.

Untuk meminimalisir adanya gangguan yang dapat membuat si kecil merengek tersebut, moms perlu membawa sumpalan telinga atau ear plug. Selain menggunakan penutup telinga, gangguan akibat tekanan udara juga bisa dicegah dengan mengunyah, menelan, atau menghisap sesuatu. Jadi, jangan lupa berikan makanan ringan pada si kecil saat hendak lepas landas ataupun mendarat, ya, moms. Bila takut si kecil kekenyangan, berikan saja ia beberapa butir permen.

EAR PLUG KHUSUS SI KECIL ADA DI SINI

2. Makanan dan minuman khusus si kecil

naik pesawat terbang
Via – Daily Mail

Kalau tujuan travelling moms dan si kecil masih dalam wilayah NKRI, moms perlu memperhatikan ketersediaan makanan pada maskapai penerbangan yang dipilih. Sebab, beberapa maskapai penerbangan, khususnya kelas ekonomi, tidak menyuguhkan makanan atau pun minuman.

Oleh karena itu, jangan lupa membawa makanan dan minuman secukupnya untuk si kecil saat ingin naik pesawat terbang, ya! Kalaupun dalam penerbangan disediakan makanan dan minuman, moms perlu ingat kebutuhan khusus si kecil, seperti susu formula, biskuit bayi, atau bubur bayi. Dengan begitu, si kecil nggak akan merengek karena lapar selama perjalanan.

SIMPAN MAKANAN DAN MINUMAN KHUSUS SI KECIL DI PESAWAT DENGAN INI

3. Permainan favorit yang edukatif

naik pesawat terbang
Via – Vine Vera

Seperti yang sudah disebutkan di awal, si kecil harus duduk di kursinya dan mengenakan sabuk pengaman selama naik pesawat terbang. Mungkin bagi orang dewasa, beberapa puluh menit dalam pesawat terbang bukanlah perkara sulit. Namun, bagi anak-anak, duduk diam adalah hal yang cukup sulit!

Untuk menenangkan si kecil di waktu kosong tersebut, berikanlah ia mainan favoritnya. Baik mainan segala rupa, buku cerita atau games dalam gadget-nya.

Kalau moms memilih memberikan gadget, pastikan jika baterainya cukup, ya!

BINGUNG BAWA MAINAN SI KECIL? PAKAI INI JADI SERBA MUDAH, BAHKAN BISA JADI MAINAN JUGA, MOMS!

4. Stroller agar si kecil tidak kelelahan

naik pesawat terbang
Via – Custom Cars Covers

Bandara di beberapa kota/negara itu sangat luas, moms. Belum lagi jarak dari ruang tunggu ke pesawat atau dari pesawat ke terminal kedatangan. Bagi moms, jarak itu mungkin bukan masalah. Tapi, bagi si kecil yang ukuran kakinya lebih pendek, jarak sepanjang itu sangatlah melelahkan. Moms tentu nggak mau si kecil merengek kelelahan bahkan sebelum liburannya benar-benar dimulai, kan?

Moms bisa saja menggendong si kecil, tapi hal itu nggak efektif dan bikin badan jadi pegal-pegal. Bawa stroller sendiri adalah solusi yang paling efektif. Tinggal dorong saja si kecil ke manapun. Ia pasti senang banget bisa melihat-lihat suasana airport tanpa perlu kelelahan berjalan.

STROLLER CANTIK MULTI FUNGSI HANYA ADA DI SINI

5. Selimut nggak boleh ketinggalan

naik pesawat terbang
Via – Travel Leisure

Memakaikan si kecil jaket dan kaos kaki dalam pesawat belum tentu cukup, moms! Suhu AC di pesawat cukup rendah dan cenderung membuat si kecil kedinginan. Terlebih lagi, kebanyakan maskapai penerbangan jarak dekat, khususnya pada kelas ekonomi, tidak menyediakan selimut di kabin. Jadi, moms perlu membawa selimut sendiri agar si kecil tetap merasa hangat dan tidak rewel selama naik pesawat terbang.

BUTUH TEMPAT TIDUR UNTUK SI KECIL SAAT TRAVELLING? DI SINI AJA

All in one dalam JetKids

naik pesawat terbang
Via – Happy Grey Lucky

Kalau tidak ingin kerepotan dalam menyusun barang-barang penting di atas ataupun bawa stroller, moms bisa menggunakan JetKids, lho! Nggak hanya berfungsi sebagai suitcase dan stroller yang ride on, JetKids juga bisa jadi tempat tidur si kecil selama di pesawat.

Tempat tidur beneran, lho, moms. Ada matras dan bantal empuk di dalamnya! Si kecil dijamin betah dan bisa tidur dengan nyaman. Ia pun nggak akan rewel deh selama perjalanan!

DAPATKAN JETKIDS DENGAN HARGA TERBAIK DI SINI


Dengan menyiapkan kelima hal di atas dengan baik, naik pesawat terbang bersama si kecil pasti akan terasa menyenangkan. Namun, perjalanan pasti akan lebih nyaman dan mudah bila moms menggunakan JetKids yang serbaguna untuk travelling naik pesawat terbang dengan si kecil!

Kelucuan dan banyaknya manfaat JetKids di perjalanan bersama si kecil benar-benar membuatnya menjadi Must-Have Item buat para moms deh! Moms nggak perlu bingung mencari kemana karena JetKids is back with Blibli.com!

Yuk, langsung cek #BlibliSekarang dan dapatkan JetKids dengan harga terbaik. Manfaatkan juga ongkos kirim gratis dan cicilan 0%! Selamat travelling dengan si kecil moms!

KLIK DI SINI UNTUK DAPATKAN JETKIDS DENGAN PENAWARAN TERBAIK

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY