Berbeda dengan sistem imun yang dimiliki orang dewasa, bayi masih mengembangkan sistem imun miliknya sampai kira-kira berusia 6 bulan. Sampai pada usia itu, si kecil belum bisa menghasilkan antibodi yang dapat membantunya melawan bakteri dan kuman penyakit.

Meski ia memiliki cadangan antibodi yang moms berikan saat masih di dalam kandungan, antibodi itu tidak akan cukup untuk melindunginya jika ia tidak diberi ASI. Karena itu, moms harus berusaha melindungi si kecil dari bakteri dan kuman dengan selalu menjaga kebersihan sekitarnya, termasuk barang-barang si kecil.

Barang-barang ini mungkin sering kelihatan “bersih”, tapi coba cek lagi deh! Yuk lihat 5 barang yang moms harus sering bersihkan.

1. Dot dan botol susu

dot

Hal paling utama yang harus moms perhatikan kebersihannya adalah dot dan juga botol susu. kedua benda yang langsung masuk ke mulut si kecil. Moms harus menjaga kebersihan kedua benda ini bukan hanya dari debu, melainkan juga dari sisa susu yang mungkin masih menempel dan mengendap di sela-sela botol dan juga dot.

Sisa susu yang menempel akan menjadi sarang bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Jika moms tidak menyadari hal ini dan langsung membiarkan si kecil menggunakannya, bakteri akan masuk ke tubuh si kecil sehingga ia bisa mengalami keracunan makanan, terkena diare, hingga berakhir pada kematian.

Karena itu, bukalah seluruh bagian botol dan dot saat mencuci sehingga moms bisa mengecek kebersihannya secara menyeluruh. Cucilah menggunakan air hangat dan sikat botol khusus yang dapat menjangkau ke seluruh bagian dalam botol. Gunakan juga sabun cuci yang aman untuknya seperti yang ada di Blibli.com ini

Jangan lupa juga untuk sering-sering mensterilkan botol dan juga dotnya agar benar-benar terbebas dari bakteri dan kuman. Moms bisa membeli sterilizer yang praktis serta tidak membuat moms kerepotan mengelap air yang biasanya merembes..

2. Sarung tangan

sarung-tangan

Via Todays The Best Day

Pada awal kelahiran, si kecil akan memiliki dua kebiasaan yang akan sering ia lakukan, yaitu menggaruk wajahnya dan juga memasukkan tangan ke dalam mulut. Karena itu, biasanya moms pasti akan memasangkan sarung tangan agar si kecil tidak melukai wajahnya.

Namun, kebiasaan si kecil yang kedua membuat moms harus benar-benar memperhatikan kebersihan sarung tangan yang dipakai. Si kecil akan tetap senang memasukkan tangannya ke dalam mulut meski sedang menggunakan sarung tangan sehingga segala hal yang menempel di sana juga dapat masuk ke dalam mulut.

Coba moms bayangkan apa yang akan terjadi bila debu, kuman, dan juga bakteri yang ada di sarung tangan itu masuk ke dalam tubuh si kecil. Tentu saja mudah terkena berbagai penyakit, termasuk diare, penyakit yang menjadi penyebab kematian nomor dua pada bayi di dunia, dan telah membunuh kurang lebih 760.000 anak. Tentunya moms tidak mau si kecil menjadi bagian dari angka ini bukan?

Karena itu, pastikan agar moms selalu mencuci sarung tangannya dengan bersih. Simpanlah sarung tangan tersebut di tempat yang bersih dan tertutup agar tidak terkena debu. Jika perlu, moms bisa menggunakan deterjen khusus bayi yang hanya meninggalkan sedikit zat sisa dibanding deterjen pada umumnya.

3. Pakaian dan handuk

pakaian-dan-handuk

Via Flickr.com

Tidak hanya sarung tangan, moms juga harus menjaga kebersihan seluruh pakaian dan juga handuk yang ia gunakan.

Berbeda dengan orang dewasa, bayi memiliki kulit yang lebih tipis sehingga lebih rapuh dan sensitif terhadap segala hal yang menyentuh kulitnya. Ia pun akan lebih mudah mengalami iritasi jika kebersihan pakaiannya tidak terjaga.

Pastikan agar moms selalu mencuci pakaian serta handuknya sebelum dipakai. Sebenarnya moms bisa menggunakan deterjen biasa untuk mencuci bajunya. Namun bila si kecil memiliki kulit yang super sensitif, maka lebih baik gunakan saja deterjen khusus bayi.

4. Sarung bantal, guling, selimut

sarung-bantal-guling-selimut

Setiap harinya, bayi menggunakan 16 sampai 18 jam dari waktunya untuk tidur. Selama waktu tersebut, si kecil akan terus menghirup udara dari benda-benda yang ada di dekatnya yaitu bantal, guling, dan juga selimut.

Jika perlengkapan tidur tersebut tidak dijaga kebersihannya, maka kemungkinan besar si kecil akan terus menerus menghirup debu selama tidurnya dan berakibat terkena penyakit seperti bronkhitis kronis dan juga gangguan paru-paru dan jantung.

Selain itu, ia juga bisa menghirup tungau yang menempel di perlengkapan tidur. Hewan kecil berukuran mikroskopik tersebut dapat menyebabkan alergi dan juga gangguan pernapasan pada si kecil.

Jadi, sering-seringlah mengganti sarung bantal, guling, serta selimutnya dan kemudian cucilah menggunakan air panas sehingga bebas dari tungau. Jangan lupa juga untuk sering-sering membersihkan tempat tidur dan mengganti sprei, ya.

5. Mainan

mainan

Via The Bump

Moms pasti tahu kalau si kecil sangat senang memasukkan segala benda termasuk mainan miliknya ke dalam mulut. Walaupun moms mungkin takut bila si kecil sakit setelah memasukkan banyak benda ke dalam mulut, moms tidak boleh melarang si kecil melakukannya.

Si kecil memasukkan mainan ke dalam mulutnya bukan karena iseng, melainkan memang caranya untuk mengenal bentuk serta tekstur suatu benda. Justru hal ini bagus untuk perkembangan otaknya, lho moms! Tidak hanya itu, ia juga menggigit mainan karena ia merasa gusi dan giginya gatal.

Daripada melarangnya memasukkan mainan ke dalam mulut, lebih baik moms jaga saja kebersihan mainan-mainannya. Bersihkan mainan yang terbuat dari plastik dengan desinfektan atau sikatlah dengan sabun khusus untuk membersihkan barang-barang bayi hingga menyeluruh. Moms juga bisa mencuci boneka milik si kecil di mesin cuci.

Jika perlu, moms juga bisa mensterilkan mainannya di sterilizer. Jadi, moms tidak perlu lagi khawatir saat si kecil memasukkan mainannya ke dalam mulut!

Sekarang moms sudah tahu apa saja barang yang harus diperhatikan kebersihannya bagi si kecil, kan? Jangan lupa dipraktekkan ya moms. Ingat, hal yang tampak sepele bisa berdampak sangat fatal bagi kesehatan si kecil!

Setiap kali moms membersihkan barang-barang miliknya, maka moms telah menghilangkan satu hari dimana ia jatuh sakit. Selamat bersih-bersih, moms!

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY