Moms, Kembangkan Bakat Atletik Buah Hati Dengan 6 Tips Ini!

Si kecil yang lincah berlarian kesana kemari bisa saja memiliki bakat yang tersembunyi dalam dirinya! Tentunya, moms memiliki tugas untuk menemukan bakat atletik si kecil, dan memberinya nutrisi yang terbaik untuk mengembangkan bakat tersebut seoptimal mungkin.

Namun, bagaimana ya caranya? Cukup simpel moms! Bila si kecil sudah di atas 5 tahun, moms bisa mengandalkan 6 tips berikut, untuk mengembangkan bakat atletik si kecil! Yuk disimak!

1. Kenalkan si kecil pada berbagai jenis olahraga

bakat-atletis-si-kecil
Via – sharemayflowers

Bakat atletis si kecil nggak akan bisa berkembang bila moms nggak tahu olahraga apa yang cocok bagi dirinya. Jadi, moms perlu mengenalkan dan lihat reaksinya. Cobalah ajak dia bermain sepak bola, jogging, berenang, main badminton, atau tenis meja. Jangan yang terlalu kompleks ya!

Bila si kecil merasa senang, penasaran dan terus semangat saat mencoba olahraga tersebut, moms bisa memfokuskannya pada permainan itu. Tapi, kuncinya adalah tahu batasan ya moms. Jangan terlalu keras kepadanya!

2. Latih ketahanan tubuhnya!

bakat-atletis-si-kecil
Via – Pinterest

Tanpa daya tahan tinggi, perkembangan bakat atletis si kecil bisa terhambat! Ajaklah ia untuk berlari dan juga lompat tali agar stamina tubuhnya terlatih. Sedikit latihan angkat beban juga nggak buruk loh moms!

Dengan berlatih ketahanan tubuh secara rutin dan pemberian nutrisi yang tepat, daya tahan si kecil akan meningkat. Ia pun bisa kuat berolahraga dengan lebih fokus dan optimal.

3. Ajak dia yoga, biar jiwanya juga terlatih

bakat-atletis-si-kecil
Via – Combi Boilers Leeds

Meski saat ini tubuh si kecil pasti jauh lebih lentur dibanding moms, kelenturan tersebut bisa saja menghilang seiring berjalannya waktu bila nggak dilatih lho! Moms bisa mengajaknya untuk ikut kelas yoga bersama agar kelenturan tubuhnya tetap terjaga.

Yoga mengajarkan seseorang untuk fokus, tenang, dan lebih mengenal kondisi tubuh diri sendiri. Si kecil bisa mulai melatih pernafasan, belajar untuk tidak cemas, dan yang paling penting, lebih dekat dengan moms!

4. Olahraga bersama!

bakat-atletis-si-kecil
Via – Robot Butt

Kunci sukses mencapai kemampuan atletis si kecil adalah selalu dibimbing. Yang pertama adalah latihan terus menerus. Moms dan dads bisa memberikan contoh yang benar dan memberikan dukungan saat berlatih. Si kecil pun akan semakin mahir dalam mengendalikan gerakan tubuh sesuai dengan apa yang dilihatnya dan instruksi yang diberikan.

5. Biasakan dia untuk selalu berolahraga

bakat-atletis-si-kecil
Via – Quinte Children’s Foundation

Nggak hanya memberikannya berbagai macam “latihan”, moms juga harus mengajaknya berolahraga minimal 1 kali dalam seminggu sejak ia masih kecil. Dengan memiliki kebiasaan berolahraga, ia nggak bakal lalai untuk terus melatih bakat atletis dirinya.

Supaya ia nggak merasa bosan, moms bisa mengajak teman-temannya untuk berolahraga bareng. Moms bahkan bisa membentuk tim olahraga sendiri untuknya dan teman-teman! Nggak bakal mager deh!

6. Bakat atletis si kecil itu nggak bisa dipaksa moms!

bakat-atletis-si-kecil
Via – Jumpstart Sports

Ingat, sehebat dan seberbakatnya si kecil dalam berolahraga, ia tetaplah masih seorang anak yang ingin melakukan hal-hal yang disukainya.

Jika ia merasa terpaksa untuk berlatih dan berolahraga karena perintah moms, bakat atletis si kecil justru nggak bakal optimal. Jadi, buatlah olahraga menjadi sebuah kegiatan yang paling menyenangkan baginya.

Jangan pernah buat dia menjadi fokus kepada skor ya moms! Berikanlah apresiasi karena usaha yang dilakukannya, bukan karena seberapa banyak skor yang didapatkannya.

Bila si kecil menikmati saat-saat berolahraga hingga ia sering berlatih, keberhasilannya dalam mencetak banyak skor pun akan mengikuti usahanya kok!

Mengembangkan bakat atletis si kecil tentunya membutuhkan usaha dan waktu moms untuk tetap mengawasi dan memotivasi dirinya berolahraga. Meski begitu, usaha moms pasti rasanya akan terbayarkan setiap kali melihat tawa bahagianya saat ia berhasil berolahraga dengan baik.

Pastikanlah untuk mengingat ke-6 hal ini saat melatih kemampuan atletis si kecil ya moms! Supaya ia makin semangat dan juga kuat berolahraga, moms bisa memberinya nutrisi terbaik dari MILO Activ-Go Champ Squad.
bakat-atletis-si-kecil
Bukan hanya dapat memberi energi bagi si kecil dan menutrisi tulangnya, moms juga akan mendapatkan Champion Band dari MILO Activ-Go Champ Squad yang dapat mempermudah moms dalam memantau aktivitas serta nutMilo risi si kecil. Usaha untuk mengembangkan bakat atletis si kecil akan terasa semakin ringan deh!

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY