me

7 Bahan Batik yang Bagus, Sudah Tahu?

Mar 08, 2024.By Nadine
Bagikan

www.dw.com

Sebagai orang Indonesia, rasanya nggak mungkin kamu nggak kenal dengan batik. Apalagi, baju batik dikenal sebagai warisan nasional kebanggaan Indonesia. Blibli Friends juga nggak perlu khawatir kelihatan kuno saat mengenakan busana batik. Sekarang, ada banyak banget model batik terbaru yang cocok buat kamu. Selain itu, kamu juga bisa pilih bahan batik yang bagus buat dukung kenyamanan, lho.

Lihat juga:


Promo 2 Jam Sampai

  • Kain Mori

Nama kain mori pastinya terdengar familier, kan? Yup, kain yang dipakai buat membungkus jenazah ini ternyata juga jadi salah satu bahan batik yang bagus, lho. Gokil, kan? Kain ini memang punya permukaan yang halus, sehingga bikin proses pelukisan batik jadi lebih gampang. Serat-serat kain tenun dari kapas ini memang bikin warna batik awet.

Kain mori yang dipakai buat kain batik ini terdiri dari 2 jenis, yaitu kain blacu alias kain mori yang belum diputihkan. Sedangkan jenis kedua adalah kain yang sudah melalui proses bleaching atau pemutihan.

  • Kain Katun

Kain katun jadi salah satu bahan batik yang bagus dan paling banyak dipakai di berbagai jenis baju batik. Sama seperti kain mori, kain katun terbuat dari serat-serat kapas. Makanya, nggak heran kalau kain ini punya tekstur kain yang halus dan lembut banget. Selain itu, baju batik dari kain katun juga nggak gampang bikin gerah.

  • Kain Shantung

Kain shantung, atau kain rayon, ternyata juga dinobatkan sebagai bahan batik yang bagus. Dibandingkan katun, kain ini memang punya bobot yang lebih enteng. Jadi, bisa bikin Blibli Friends lebih gampang bergerak. Karakter kain shantung lainnya adalah dia juga bisa menyerap keringat dan mendukung sirkulasi udara dengan baik.

Karakter kain yang adem bikin kain shantung ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Dalam industri tekstil batik, kain shantung ini sering banget dijadikan bahan batik yang bagus buat jenis batik print dan batik cap. Harga baju batik dari kain ini juga lebih terjangkau dibandingkan katun.

  • Kain Dobby

Sudah pernah dengar jenis kain dobby? Kain yang jadi bahan batik yang bagus ini memang lebih banyak dipakai buat jenis baju batik untuk kalangan menengah ke atas. Karakteristik kain tenun ini memang unik banget. Tekstur kain ini tergolong lembut, biarpun ada juga beberapa bagian yang terasa kasar.

Proses pembuatan kain yang masih pakai alat tenun tradisional (ATBM) bikin nilai kain dobi ini jadi mahal banget. Itu masih dikombinasikan dengan pola batik yang pastinya bikin baju batik dari kain ini pantas dijual dengan harga mahal.

  • Kain Sutera

Kain sutera termasuk ke dalam jenis bahan batik yang bagus. Tekstur kain yang halus dan ringan banget bikin Blibli Friends nyaman banget. Selain itu, kain sutera juga punya kesan yang elegan dan bisa kasih efek ‘jatuh’ saat dikenakan.

Sehingga, bikin siluetmu kelihatan makin cantik. Jenis kain ini memang punya nilai jual yang lumayan mahal. Apalagi, dengan motif batik yang bikin baju dari kain ini cocok banget buat menghadiri acara kondangan.

  • Kain Grey

Sesuai namanya, kain grey punya warna abu-abu yang ternyata adalah warna aslinya. Kain yang terbuat dari tenunan benang kapas ini memang nggak melalui proses bleaching terlebih dulu. Kain ini termasuk jenis kain dasar buat pembuatan batik. Kain grey terbagi jadi 3 jenis, yaitu: kain blacu, kain tenun, dan tenun gedhog.

  • Kain Paris

Selain sering dipakai sebagai bahan jilbab, kain paris ternyata juga jadi bahan batik yang bagus. Kain ini punya tekstur kain yang lembut dan halus banget di kulit. Selain itu, kain ini juga punya tekstur yang tipis dan ringan banget. Baju batik dari bahan kain paris ternyata juga terkenal awet, lho.

Rekomendasi Baju dari Bahan Batik yang Bagus

Nah, sudah tahu kan jenis-jenis bahan batik yang bagus? Nah, sekarang kamu bisa nih pilih rekomendasi baju batik dengan bahan batik yang bagus berkualitas terbaik berikut ini:

  1. ArjunaWeda Burung Quetzal

ArjunaWeda Burung Quetzal Kemeja Batik Lengan Panjang Pria - Brown

Buat Blibli Friends yang ingin tampil tampan saat kondangan, bisa banget nih pilih baju satu ini. Kemeja lengan panjang dari ArjunaWeda ini terbuat dari material kain semi sutera dobby yang halus dan pastinya nyaman banget dipakai. Motif batik bertema burung quetzal kasih sentuhan unik buat kemeja ini. Kamu bisa dapatkan kemeja batik ini di Blibli seharga Rp 100.000.

  1. Agrapana Batik Bhamana Batik Lengan Panjang

Batik Agrapana Baju Kemeja Batik Pria Slimfit Lengan Panjang Bhamana

Dengan desain slim fit, varian baju batik dari Agrapana ini hadir dengan satu varian warna yaitu warna cokelat. Baju batik ini terbuat dari bahan batik yang bagus yaitu kain katun 100% yang pastinya berkualitas premium.

Motif batik yang elegan bikin baju batik ini cocok banget buat kamu pakai saat menghadiri acara bernuansa formal atau semi-formal. Kain katun yang jadi material dari baju batik ini juga bisa menyerap keringat dengan baik. Jadi, busana batik ini juga anti gerah, lho.  Baju batik ini bisa dibeli di harga Rp 246.950.

  1. Agrapana Batik Daka Batik Lengan Panjang

Agrapana Baju Kemeja Hem Batik Pria Cowok Lengan Panjang Modern Premium Laki Laki Original Terbaru Daka

Selain batik Bhamana, merek Agrapana juga hadir dengan baju batik dengan motif Daka. Buat baju batik ini, Agrapana tetap pakai bahan batik yang bagus, yaitu bahan kain katun premium. Jadi, kain dari baju ini breathable banget dan cocok banget kamu pakai buat acara outdoor sekalipun. Baju batik keren ini bisa Blibli Friends banderol di harga Rp128.700. Terjangkau banget, kan?

  1. Agrapana Batik Bayu Batik Lengan Pendek

Batik Agrapana Baju Kemeja Batik Pria Premium Lengan Pendek Bayu

Dalam bahasa Jawa kuno, bayu memiliki arti yaitu air. Warna biru turquoise dari baju batik Agrapana satu ini memang terinspirasi dari air yang menenangkan. Selain hadir dengan warna biru yang adem dan menenangkan, baju batik ini juga nyaman banget buat dipakai saat datang ke acara formal, lho. Blibli Friends bisa beli baju motif batik ini di harga Rp 208.450.

  1. Agrapana Batik Bhanu Lengan Pendek

Batik Agrapana Baju Kemeja Batik Pria Slimfit Lengan Pendek Bhanu

Buat Blibli Friends cowok yang ingin tampil ringkas bisa nih pakai batik Agrapana seri Bhanu. Busana batik dengan motif unik ini nyaman banget kamu pakai saat menghadiri acara kondangan atau kumpul-kumpul bareng keluarga besar. Harganya pun terjangkau banget, lho. Busana ini bisa Blibli Friends beli di harga Rp 129.000.

  1. Batik Putra Bungsu Seno Parang Jogja Baju Couple

BATIK PUTRA BUNGSU Seno Parang Jogja Solo Baju Batik Couple

Kamu mau ada acara kondangan bareng si dia? Boleh nih pakai baju batik satu ini. Kamu jadi bisa kembaran deh dengan pasanganmu. Dengan harga Rp 150.000, kamu sudah bisa dapatkan satu set baju batik couple yang terdiri dari busana tunik dan kemeja lengan panjang. Motif batik parang dijamin bikin penampilan kalian berdua kelihatan makin elegan.

Nggak cuma bisa tampil pede, bahan batik yang bagus dijamin bikin Blibli Friends makin nyaman. Baju batik ini terbuat dari bahan kain katun prima yang pastinya berkualitas premium. Karakteristik kain katun yang breathable bikin kamu dan pasangan nggak gampang gerah saat mengenakannya. Tekstur kain yang halus terasa ramah banget deh di kulitmu.

  1. Weeka Setelan Baju Batik Wanita

BATIK PUTRA BUNGSU BPB Cendrawasih Jogja Solo Gamis Batik Wanita

Produk baju batik dari Weeka ini cocok banget lho kamu pakai saat hangout bareng teman-teman. Selain itu, setelah dress panjang ini juga ideal untuk dikenakan saat menghadiri acara kondangan atau acara reuni angkatan sekolah.

Bahan batik yang bagus dari baju batik model kebaya ini terbuat dari campuran katun dan kain balotelli yang halus banget. Aksen renda bikin penampilanmu jadi makin manis. Buruan, dapatkan dress batik ini di Blibli seharga Rp 135.000.


Lihat juga: Ini 5 Rekomendasi Baju Batik Pria yang Bikin Kamu Tampak Makin Berkelas

Jadi gimana nih blibli friends? Tertarik untuk membeli baju batik untuk keperluan berbagai acara? Jangan sampai terlewat ya, karna ada banyak banget promo diskon yang bisa Blibli Friends manfaatkan. Hanya di blibli yang membuat belanja semakin murah lho!

Nah, kebetulan Blibli sedang ada Promo Pesona Nusantara, lho! Friends bisa menikmati serunya belanja shop by occasion and shop by price untuk produk buatan Indonesia seperti kebaya dan batik. Jadi kamu bisa tampil elegan dengan citra nusantara! Selain itu, ada banyak promo dan bebas ongkir yang menantimu. Jangan sampai kelewatan untuk beli produknya, ya!

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya