me

5 Bahan Baju Kaos yang Adem Dipakai Seharian Bahkan di Luar Ruangan!

Jun 25, 2024.By Nadine
Bagikan

freepik.com/author/vh-studio
Bahan baju kaos ini serap keringat dan tekstur kainnya nggak gatel sehingga adem dipakai seharian!

Terdapat berbagai jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan baju kaos yang terkenal karena kemampuannya menjaga kesejukan dan kenyamanan. Beberapa bahan yang sangat dihargai dalam hal ini antara lain katun, modal, Tencel (Lyocell), Pima cotton, dan rayon. 

Setiap bahan memiliki karakteristik unik yang membuatnya cocok untuk berbagai situasi dan preferensi pengguna. Dari kelembutan dan sirkulasi udara yang baik hingga kemampuan menyerap keringat dengan efisien, bahan-bahan ini memberikan pilihan yang luas untuk pakaian sehari-hari. Apa saja bahannya? Mari kita ulas sama-sama di sini!

Baca juga:


Katun

Katun
freepik.com/author/alexandercho

Katun adalah salah satu bahan paling populer untuk baju kaos karena sifatnya yang ringan dan breathable. Bahan ini memungkinkan udara mengalir dengan bebas, sehingga membantu menjaga suhu tubuh tetap sejuk bahkan dalam cuaca panas. Kain katun memiliki serat alami yang longgar, yang menciptakan sirkulasi udara yang optimal dan membantu tubuh tetap dingin selama aktivitas sehari-hari.

Selain itu, katun juga memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menyerap keringat. Ketika kamu berkeringat, katun dapat menyerap kelembapan dari kulit dan menguapkannya lebih cepat daripada banyak bahan sintetis lainnya. Hal ini nggak hanya membuat kulit tetap kering dan nyaman, tetapi juga mengurangi risiko iritasi dan ruam kulit yang bisa disebabkan oleh keringat yang berlebihan.

Keunggulan lainnya adalah kemudahan perawatan katun. Kain ini mudah dicuci dan umumnya tahan lama, sehingga nggak memerlukan perawatan khusus. Katun juga tahan terhadap panas, sehingga dapat dicuci dengan air panas dan dikeringkan dengan mesin pengering tanpa risiko penyusutan atau kerusakan yang signifikan. 

Seperti baju kaos dari Blythe T-shirt Print Wording, kaos ini terbuat dari bahan katun dengan material yang lembut banget. Baju berbahan katun ini nggak bikin geli di badan apalagi sampai kegerahan. Cocok banget buat kamu yang lagi nyari baju kaos adem untuk dipakai harian! 

Pima Cotton

Pima Cotton
freepik.com/author/freepik

Pima cotton merupakan jenis katun yang terkenal karena kualitasnya yang sangat baik. Dibandingkan dengan katun biasa, Pima cotton memiliki serat yang lebih panjang, yang menghasilkan kain yang lebih lembut dan lebih tahan lama. Kelebihan ini membuat Pima cotton menjadi pilihan yang populer dalam dunia tekstil, terutama untuk pakaian yang membutuhkan kehalusan dan daya tahan ekstra.

Salah satu keunggulan utama Pima cotton adalah sifatnya yang sangat breathable. Bahan ini memungkinkan aliran udara dengan baik, sehingga menjaga suhu tubuh tetap nyaman, terutama saat digunakan dalam cuaca panas. Kemampuannya dalam menyerap keringat juga sangat baik, menjaga kulit tetap kering dan nyaman sepanjang hari.

Nggak hanya itu, Pima cotton juga dikenal karena ketahanannya terhadap pilling, yaitu serat-serat yang menggulung dan menyebabkan permukaan kain terlihat nggak rapi. Serat panjangnya membuat Pima cotton lebih kuat dan kurang rentan terhadap kerusakan dibandingkan dengan katun biasa. 

Kamu bisa mendapatkan baju kaos dengan bahan pima cotton ini di Blythe, seperti Blythe Basic V-Neck Short Sleeve T-Shirt. Kaos ini punya bahan yang adem banget di kulit. Kalau terkena angin atau udara dingin, kaosnya ikutan adem sehingga badan pun akan adem seharian!

Modal

Modal
freepik.com/author/atlascompany

Modal adalah bahan semi-sintetis yang dibuat dari serat kayu beech. Bahan ini terkenal karena kelembutannya yang luar biasa dan teksturnya yang mirip dengan sutra, memberikan kenyamanan yang optimal saat dikenakan. Kehalusan serat modal membuatnya sangat lembut di kulit, menjadikannya pilihan yang ideal untuk pakaian yang bersentuhan langsung dengan tubuh seperti kaos dan dalaman.

Salah satu keunggulan utama modal adalah kemampuannya untuk menyerap kelembapan dengan sangat baik. Bahan ini dapat menyerap hingga 50% lebih banyak air dibandingkan katun, yang berarti dapat menjaga kulit tetap kering dan sejuk, terutama dalam kondisi cuaca panas atau saat beraktivitas fisik. Selain itu, modal memiliki sifat breathability yang sangat baik, memungkinkan udara untuk mengalir.

Modal juga dikenal karena kemampuannya untuk tetap halus dan nggak mudah kusut meskipun sering dicuci. Ini menjadikannya pilihan yang sangat praktis untuk pakaian sehari-hari yang memerlukan perawatan minimal. Kain modal dapat dicuci berulang kali tanpa kehilangan kelembutan atau bentuknya, yang membuatnya sangat tahan lama dan ekonomis dalam jangka panjang.

Keunggulan lainnya adalah modal memiliki ketahanan yang baik terhadap penyusutan dan pelunturan warna. Kain ini dapat mempertahankan warna aslinya lebih lama dibandingkan dengan banyak bahan lain, bahkan setelah banyak pencucian. Sifat ini membuat modal sangat disukai dalam industri fashion, karena pakaian yang terbuat dari bahan ini tetap terlihat baru lebih lama.

Tencel (Lyocell)

Tencel
freepik.com/author/freepik

Tencel, atau dikenal juga dengan nama Lyocell, adalah bahan serat yang diproduksi dari pulp kayu, biasanya berasal dari pohon eucalyptus. Proses pembuatannya menggunakan teknologi ramah lingkungan yang menghasilkan serat yang sangat halus dan kuat. Bahan ini telah mendapatkan popularitas karena kombinasi uniknya antara kelembutan, kekuatan, dan kemampuan lingkungan yang baik.

Keunggulan utama Tencel terletak pada kemampuannya untuk menyerap kelembapan dengan sangat baik. Bahan ini memiliki daya serap yang lebih baik daripada katun, sehingga cocok digunakan pada pakaian aktif atau dalam cuaca panas. Tencel dapat menyerap keringat dari kulit dan dengan cepat menguapkannya ke udara, menjaga tubuh tetap kering dan nyaman sepanjang hari.

Selain itu, Tencel memiliki sifat antibakteri alami yang membuatnya tahan terhadap pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau nggak sedap. Hal ini menjadikannya pilihan yang ideal untuk pakaian sehari-hari yang memerlukan kebersihan dan kenyamanan ekstra. Bahan ini juga nggak menimbulkan iritasi kulit, sehingga cocok digunakan untuk orang-orang dengan kulit sensitif.

Dari segi lingkungan, Tencel dianggap sebagai pilihan yang ramah lingkungan. Proses produksi Tencel menggunakan pelarut yang dapat didaur ulang dan nggak menghasilkan limbah berbahaya. Selain itu, serat kayu yang digunakan sering kali berasal dari hutan yang dikelola secara berkelanjutan, meminimalkan dampak terhadap lingkungan.

Rayon

freepik.com/author/freepik

Rayon adalah jenis bahan semi-sintetis yang terbuat dari serat selulosa alami, yang biasanya berasal dari kayu atau serat tanaman lainnya seperti bambu atau kapas. Bahan ini terkenal karena kelembutannya yang mirip dengan sutra atau linen, serta memiliki tekstur yang ringan dan nyaman saat digunakan. 

Rayon memiliki sifat breathable yang baik, artinya bahan ini memungkinkan udara mengalir dengan baik melalui kainnya, menjaga suhu tubuh tetap nyaman terutama dalam cuaca panas. Salah satu keunggulan utama rayon adalah kemampuannya dalam menyerap kelembapan. 

Bahan ini mampu menyerap dan menahan kelembapan dari kulit dengan baik, menjaga kulit tetap kering dan nyaman bahkan dalam aktivitas yang intensif. Sifat ini membuat rayon menjadi pilihan yang populer untuk pakaian sehari-hari, terutama untuk kaos atau pakaian dalam yang digunakan dalam kondisi panas dan lembap.

Meskipun rayon memiliki sifat yang mirip dengan bahan alami seperti sutra atau linen, namun rayon lebih mudah dalam perawatannya. Bahan ini biasanya dapat dicuci dengan mudah dan cepat kering, menjadikannya pilihan yang praktis untuk pakaian sehari-hari yang membutuhkan perawatan sederhana.


Baca juga

Demikian 5 bahan kaos yang adem. Temukan kenyamanan sejati dengan koleksi t-shirt terbaik hanya di Blibli! Ada toko sepertu Blythe Men Official Store yang jual celana pria, kaos kaki, tas pria, termasuk kaos berbahan adem. Jelajahi pilihan bahan berkualitas tinggi yang menawarkan sirkulasi udara optimal untuk menjaga kesegaranmu hanya di Blythe yang ada di Blibli!