me

Nama Bagian Daging Ayam, Kegunaan serta Olahannya

Feb 02, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

Via : seriouseats.com

Blibli Friends suka dengan daging ayam dan memilihnya sebagai protein keluarga? Nyatanya daging ayam ini memiliki beberapa bagian daging ayam yang perlu diperhatikan dalam pengolahannya. Pemilihan bagian dan olahan yang tepat membuat cita rasa yang diberikan semakin lezat. Sering merasa kurang pas dengan sajian ayam? Bisa jadi pemilihan bagian ayamnya kurang sesuai.

Baca Juga : Rekomendasi Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

__________________________________________________________

Mengenal Bagian Ayam, Kegunaan dan Contoh Olahan Yang Tepat

Siapa yang nggak suka dengan daging ayam? Daging warna putih yang cocok digunakan untuk semua tipe masakan ini nyatanya menjadi pilihan terjangkau untuk protein harian. Hanya saja kamu perlu tahu kalau ternyata nggak boleh sembarangan untuk memilih bagian ayam terhadap olahannya. Apa saja bagian ayam yang enak? Yuks simak penjelasannya di bawah ini:

  • Pangkal sayap

Wing Stick 300 Gr

Bagian daging ayam pertama yang perlu dipahami adalah pangkal sayap. Bagian ini masih satu kesatuan dengan sayap ayam hanya saja diambil di bagian pangkalnya saja. Pada bagian ini masih ada daging yang menempel dan juga lapisan kulit yang gurih. Termasuk bagian daging ayam yang memiliki peminat cukup banyak.

Bagian ini juga bisa diolah menjadi banyak jenis baik digoreng, ditumis maupun dijadikan sup. Contoh olahan yang menggunakan pangkal sayap adalah ayam tepung, sop ayam, soto dan sayap pedas.

  • Sayap utuh

Daging Sayap Ayam - 500 Gram

Bagian daging ayam kedua yang banyak digunakan untuk olahan adalah sayap utuh. Hampir sama dengan sebelumnya hanya saja di bagian ini sayapnya digunakan semuanya. Meskipun nggak banyak dagingnya namun bagian ini memang memiliki cita rasa yang cukup gurih untuk dinikmati.

Harganya yang murah dan mudah diolah menjadi alasan tersendiri banyak pedagang pinggir jalan menggunakan bagian daging yang satu ini. Dagingnya juga lebih mudah empuk cocok untuk dibuat olahan ayam tepung, ayam kecap, ayam pedas ala Korea dan banyak olahan kering lainnya.

  • Paha

Ayam Paha Utuh 500 gr

Bagian daging ayam ketiga adalah paha ayam. Bagian ini memiliki daging yang cukup banyak dan cocok untukmu yang memang suka dengan ayam bagian dagingnya. Paha utuh ini terdiri dari paha bagian atas dan bawah yang disatukan dalam potongannya. Bagian ini banyak digunakan untuk gorengan.

Seperti yang diketahui ketika daging ayam digoreng maka akan lebih mudah menyusut. Sehingga bagian berdaging akan sangat nikmat dengan gorengan baik dengan maupun tanpa penambahan tepung di dalamnya.

  • Paha atas

Ayam Paha Atas 400 Gr

Masih sama dengan bagian daging ayam nomor tiga hanya saja untuk yang satu ini hanya diambil bagian paha atasnya saja. Bagian ini memiliki bentuk yang tebal dan lebar, biasanya diambil dari atas paha kakinya saja. Hanya saja perlu diketahui untuk bagian ini justru memiliki bagian daging yang minim.

Hanya saja rasanya memang gurih dan mudah diolah untuk banyak hidangan karena dagingnya nggak mudah hancur. Untuk paha bagian atas ini banyak digunakan untuk olahan ayam goreng, ayam goreng tepung, ayam panggang dan juga ayam panggang. Kamu bisa menyesuaikan dengan keinginanmu.

  • Paha bawah

AYAM PAHA BAWAH 400 GR

Selain ada bagian paha atas ternyata untuk paha bagian bawah ini juga bisa dipilih sebagai daging ayam olahan yang enak. Bentuknya lebih rapi dan menggoda untuk digunakan sebagai olahan ayam. Ada bagian pegangan tangan sehingga cukup banyak disukai anak-anak ketika memakannya.

Tipe seperti ini cocok digunakan untuk olahan ayam yang mempertahankan bentuk paha bawahnya. Contohnya seperti pengolahan ayam goreng, ayam goreng tepung, ayam kecap dan ayam bumbu bali. Kamu juga bebas berkreasi untuk membuat olahan ayam dengan bagian paha bawah ini.

  • Dada filet

Ayam Dada Boneless / Fillet

Sesuai dengan namanya, daging ayam yang satu ini sudah dipisahkan bagian kulit dan tulangnya sehingga untuk pengolahannya menjadi lebih mudah. Di bagian ini terdapat lebih banyak kandungan protein dan sedikit lemak dibandingkan dengan bagian lainnya. Jadi, nggak heran jika bagian ini banyak dikonsumsi untuk orang yang sedang diet atau fitness.

Hanya saja perlu dipahami untuk bagian dada ini memang nggak segurih bagian ayam lainnya dan cenderung hambar. Kamu yang suka dengan tipe daging bertulang mungkin nggak suka dengn bagian ini. Bagian ini bisa diolah sebagai campuran bakso, sosis maupun olahan daging lainnya.

Untuk lebih praktisnya kamu bisa membuatnya sebagai fillet goreng, fillet panggang dan fillet rebus.

  • Mentok ayam

Via : hipwee.com

 

Bagian daging ayam berikutnya yang cocok untuk olahan adalah bagian mentok. Termasuk tipe bagian ayam yang banyak disukai orang karena banyak dagingnya. Mentok merupakan bagian gabungan dari sayap ayam dan dadanya. Bagian ini juga banyak digunakan untuk tipe olahan yang variatif karena mudah untuk digunakan.

Bagian ini memiliki tekstur daging yang empuk dan nggak ribet ketika digunakan. Biasanya bisa langsung dimasak secara utuh atau dipotong-potong lagi sesuai selera. Banyak digunakan untuk olahan seperti ayam asam manis, ayam kecap, ayam bumbu bali dan juga kari ayam.

  • Kepala ayam

Kepala Ayam + Leher Ayam 1000gr

Siapa yang nggak tahu kalau kepala ayam ternyata juga bisa diolah menjadi olahan yang enak? Kepala juga merupakan bagian daging ayam yang rasanya cenderung gurih sehingga banyak digunakan untuk diambil kaldunya. Hanya saja kamu perlu tahu bagian ini cukup sedikit dagingnya, cocok untukmu yang suka dengan tipe bagian ayam bertulang.

Kepala ayam ini cocok digunakan untuk olahan gorengan seperti pecel kepala ayam, kepala krispi, kepala ayam panggang. Banyak juga yang mengolahnya dengan tipe berkuah seperti kari kepala ayam, sup ayam dan soto.

  • Ayam utuh

Ayam Karkas Broiler Ayam Potong Utuh Frozen 0.40 - 0.49 Kg

Daging ayam bentuknya memang lebih praktis meskipun ingin memasaknya secara utuh. Daging ayam secara utuh ini banyak digunakan untuk hidangan keluarga besar. Daging ayam bisa dikatakan utuh jika semua bagiannya masih dalam satu kesatuan meskipun nggak jarang untuk bagian kepalanya memang dibuang.

Daging ayam utuh ini cocok digunakan untuk olahan masakan seperti ayam panggang, ayam kecap dan juga ayam bakar. Banyak orang yang langsung memasaknya secara utuh namun ada juga yang akhirnya juga dipotong-potong.

  • Ceker

Ceker Ayam Bersih Frozen 1kg (1000 gr)

Kaki ayam ini juga banyak penggemarnya meskipun dagingnya cukup sedikit. Bagian daging ayam ini memiliki rasa yang gurih dan banyak digunakan untuk diambil kaldunya. Ceker ayam banyak dimasak dengan cara digoreng, ditepung maupun digunakan campuran sop. Cara makannya juga mudah cocok untuk semua acara.

Olahan dari ceker ayam yang terkenal adalah ceker setan. Ceker krispi, ceker kecap dan lainnya sesuai dengan seleramu.

__________________________________________________________

Baca Juga : Nama Bagian Daging Sapi, Kegunaan serta Olahannya

Blibli Friends harus menggunakan bagian daging ayam yang tepat untuk olahan masakannya. Saat ini untuk belanja daging ayam cukup di Blibli saja. Ada banyak pilihan bagian daging ayam yang segar dengan harga variatif tentunya. Dan kebetulan banget nih Blibli Friends, saat ini sedang ada Promo Big Payday di tanggal 25-28 Februari 2022, lho. Kamu bisa dapatkan voucher gratis ongkir berkali-kali, voucher diskon hingga 85%, dan masih banyak hadiah heboh lainnya. Seru, kan? Nah, yuk segera dapatkan kebutuhan dapur idamanmu hanya di Blibli.

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya