me

Resep Ayam Richeese 1 Ekor yang Endul Banget, Bikin Nagih!

Nov 05, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source : twitter.com

Ayam Richeese 1 Ekor – Lagi awal bulan, di rumah banyak ayam tapi bingung mau di masak apa. Bikin ayam goreng, bosen makan gorengan. Bikin gulai ayam, nggak doyan santan. Bikin ayam bakar, males cari arang. Enaknya masak apa nih? Yuk masak ayam Richeese aja. Sekalian belajar masak yang ala ala masakan warung makan gitu.

Syaratnya kamu harus punya ayam 1 ekor, karena resep ayam Richeese ini cocok dipakai untuk ayam satu ekor. Nah, apa aja resepnya? Yuk simak resep dan cara pembuatan ayam Richeese 1 ekor ini sampai selesai. Kalau bisa langsung praktek ya. Semangat!

Baca Juga : Ini Dia 5 Makanan Indonesia yang Wajib Kamu Santap Pakai Saus Sambal!

Supermarket Online BLM

__________________________________________________

Apa itu Ayam Richeese 1 Ekor?

Ayam Richeese 1 Ekor
Image Source : bandungside.com

Sesuai namanya ayam Richeese 1 ekor merupakan menu makanan yang disajikan oleh Richeese Factory dan menyajikan ayam satu satu ekor. Kalau versi warga desa, ayam 1 ekor biasanya disebut ayam ingkung. Karena ayam ini diolah oleh Richeese Factory nama makanannya jadi mengikuti mengikuti tempat pembuatannya.

Ayam Richeese 1 ekor ini menawarkan menu Fire Flying Chicken yang menggunakan level pedas berbeda. Levelnya mulai dari non-spicy sampai spicy jadi kamu bisa menyesuaikan level pedasnya sesuai selera kamu.

Menu makanan merupakan salah satu menu inovasi terbaru jadi Richeese Factory jadi baru bisa dicobain oleh orang-orang di kota tertentu saja. Nah, buat kamu yang penasaran gimana sih rasanya Ayam Richeese 1 ekor, bisa ikutin resep dan step pembuatannya berikut ini ya. Pokoknya langsung praktek aja! Siapa tau kamu doyan!

Persiapan Bahan Makanan Untuk Membuat Ayam Richeese 1 Ekor Di Rumah

Untuk membuat ayam Richeese 1 ekor ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan. Karena ini ayam richeese versi anak rumahan, jadi pastikan semua barang-barangnya ada ya. Setidaknya kalau kamu belum bisa nyicipin produk aslinya, jangan males bikin tiruannya. Jadi wajib kumpulkan semua bahan-bahannya ya.

Nah, apa aja yang perlu disiapkan? Simak daftarnya berikut ini.

Bahan Utama

  1. Ayam 1 Ekor
  2. Tepung Sajiku Golden Crispy 1 bungkus

Bahan-bahan Saus

  1. Saus Sambal Pedas
  2. Saus Sambal Manis
  3. Margarin 2 sendok makan
  4. 3 siung bawang putih
  5. ½ bawang bombay
  6. 1 bungkus saus tiram
  7. Saus BBQ 3 sdm
  8. Bon Cabe 1 bungkus
  9. Merica

Saus Keju

  1. Bumbu keju kentang goreng 1 bungkus
  2. Keju Prochiz ½ kotak
  3. Kuning telur 1
  4. Maizena 1 sdm
  5. Air 50 ml
  6. Susu dancow putih 1 bungkus

Sudah siap semua? Oke, cus ke step berikutnya. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

Step By Step Untuk Membuat Ayam Richeese 1 Ekor Di Rumah

  1. Potong ayam 1 ekor jadi potongan kecil-kecil. Hasilnya kira-kira bakal jadi 12 potong ayam. Setelah itu cuci bersih dan pastikan nggak ada sisa bulu yang nempel ya. Kalau sudah, tuangkan satu bungkus tepung bumbu instan. Ratakan tepung bumbu ke seluruh bagian ayam lalu biarkan bumbu meresap.
  2. Ayam tadi harus kamu diamkan selama 30 menit dulu sebelum digoreng. Proses ini bisa memakan waktu 30 menit – 1 jam. Jadi menjelang proses penyatuan ayam dan tepungnya selesai kamu bisa menggunakan waktunya untuk bikin saos dulu.
  3. Kamu harus ingat, saus yang dipakai di menu ini ada dua saos pedas dan saus keju. Sekarang, kamu siapkan saus pedasnya dulu. Karena nanti kalau ayamnya sudah digoreng, harus dicampur jadi satu di saos ini. Tapi sebelum sausnya jadi. kamu harus menggoreng ayamnya dulu. Jadi stepnya, tunggu 30 menit-1 jam sampai tepung bercampur lalu goreng.
  4. Untuk membuat saus pedas, kamu bisa siapkan wajan lalu dipanaskan. Pastikan sebelum memanaskan semua bahan saus yang sudah ditulis di atas sudah tersedia ya. Jadi tinggal dieksekusi aja. Setelah wajan panas, masukkan margarin dan masukkan bawang putih sekaligus bawang bombay. Disini kamu harus ditumis sampai aroma wangi dari dua bawang ini keluar.
  5. Setelah bawang-bawang tadi wangi, kamu bisa tambahkan saus sambal pedas, saus sambal manis, merica, dan saus-saus lainnya yang sudah dituliskan di atas. Tunggu sampai saus mulai menunjukkan tanda-tanda matang. Kamu bisa cicipi rasanya, biar tau bagian mana yang kurang. Jangan lupa tambahkan air putih ya. Biar sausnya bisa makin bercampur dan rata.
  6. Kamu bisa cek rasa sekali lagi untuk memastikan rasa saos sebelum dan sesudah ditambahkan air ada perubahan atau nggak. Kalau rasanya sudah pas, kamu bisa masukkan ayam yang sudah digoreng tadi. Campurkan ayam dan saus jadi satu. Aduk rata biar saos dan ayam ini bisa bercampur jadi satu dan terasa nikmat di lidah.
  7. Kalau sudah selesai soal ayam dan saus pedasnya, sekarang waktunya bikin saus kejunya. Hal yang harus kamu lakukan pertama, siapkan semua bahan-bahannya. Lalu siapkan wajan untuk memasak keju. Hal pertama yang harus kamu masak adalah susu dan parutan kejunya. Campur keduanya di dalam wajan dan tunggu sampai hangat.
  8. Kalau kedua bahan ini sudah tercampur rata. Siapkan tepung maizena, kuning telur dan air mineral 50 ml. Campur ketiga bahan ini sampai rata lalu tuangkan ke dalam wajan. Kamu harus selalu mengaduk saos ini selama proses masak biar nggak menggumpal dan semua bahannya tercampur rata.
  9. Nah kalau sudah selesai, kamu tinggal tambahin bumbu kentang goreng ke dalamnya. Bumbu kentang goreng ini fungsinya untuk menggurihkan saus keju. Jadi wajib ada ya. Pokoknya jangan setengah-setengah kalau mau bikin rasa yang mirip Richeese Factory asli. Kalau bumbu sudah dimasukkan kamu perlu menunggu saus keju meletup-letup. Itu tandanya sausnya sudah matang.
  10. Terakhir siapkan mangkuk kecil untuk wadah saos keju yang baru kamu buat. Kamu bisa menunggu sampai sausnya dingin biar teksturnya nggak bikin lidah kamu terbakar.

Sambil menunggu saus keju dingin, kamu bisa menyiapkan nasi yang dibentuk bulat biar mirip sama nasi ala ala Richeese Factory. Siapkan juga ayam saus sambal yang sudah disiapkan tadi. Kamu bisa ambil semua potongannya atau ambil beberapa potong saja, tergantung porsi makan kamu. Terakhir, sajikan dalam satu piring. Kamu tinggal menikmati waktu makan kamu dengan nyaman dan santai.

__________________________________________________

Baca Juga : Makanan Khas Manado Ini Dijamin Akan Menggoyang Lidahmu

Gimana? Mudahkan step-stepnya. Kamu nggak perlu nambahin penyedap rasa jenis apapun dan nggak perlu pake gula. PR dari resep makanan ini cuman ada di proses penyiapan bahan-bahannya karena bahan-bahannya emang banyak banget dan kamu butuh modal cukup besar buat nyiapin semua ini. Proses pembuatannya nggak akan terlalu sulit karena ini termasuk makanan simple.

Kabar baiknya adalah, semua bahan makanan tersebut tersedia di Blibli dengan berbagai penawaran menarik. Jadi kalau kamu males belanja keluar dan males beranjak dari kasur bisa cek produknya di Blibli ya. Pokoknya semua bahan yang kamu butuhkan untuk bikin Ayam Richeese 1 ekor ini ada di Blibli. Kamu tinggal check out produk yang kamu butuhkan dan belum ada di rumahmu.

Pilih juga lokasi toko yang ada di sekitarmu jadi kamu nggak perlu nunggu waktu lama buat bisa nyicipin makanan ini. Oke, yuk langsung cek aja produknya. Mumpung semangat masaknya belum hilang. Jangan nanti-nanti ya, niat itu harus segera ditunaikan. Kalau nggak, bakal hilang nggak berbekas. Semangat belajar masak Blibli Friends!