Arti Merek Sang Javas, Kaos Asli dari Solo

Sang Javas memiliki filosofi nama tersendiri, salah satu dari kota asal founder-nya. Menurunya, Sang Javas berarti “Java at Solo”. Tapi, ada juga filosofi yang lain.

Pemilik Sang Javas adalah Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo. Merek kaos ini akan berusia 3 tahun, sejak diluncurkan pada 27 Agustus 2017 di Solo, kota asal Kaesang dan Presiden Jokowi.

“Merek Sang Javas itu punya arti tersendiri. ‘Sang’ merupakan nama saya sendiri. Sedangkan, Javas mengusung filosofi jualannya paling cepat dan laku. Bisa juga dijabarkan ‘Java at Solo’,” kata Kaesang yang dilansir Rappler, September 2017.

Saat diluncurkan, Sang Javas hanya memiliki 1 desain. Namun, Kaesang mengaku, desain itu sudah laku hampir 2.000 kaos, hanya seminggu setelah dilepas ke pasar.

Sang Javas Artikel Kaos Unisex
Sang Javas Artikel Kaos Unisex

Pemasaran Sang Javas murni daring atau online, terutama dengan memanfaatkan media sosial dan e-Commerce.

“Kita enjoy aja. Karena segmen kita beda dengan lainnya. Saya selalu meriset ulang pangsa pasar anak muda terutama lewat follower yang ada di Instagram. Setelah itu, saya menyasar segmen anak muda usia 18-35 tahun. Banyak riset-riset yang saya lakukan agar dirasa pas dan cocok buat mereka,” ungkap Kaesang panjang lebar.

Sang Javas Artikel 0055 Kaos Unisex
Sang Javas Artikel 0055 Kaos Unisex

Sang Javas sendiri merupakan hasil kreasi yang cukup lama. Desainer yang terpilih adalah Arum Setiadi.

Kaesang menyebut pemilihan warna unik, ditambah pangsa pasar yang jelas membuat bisnisnya itu kini bisa bersaing di pasaran.

“Saya enggak pernah mikirin toko. Lagian operasionalnya perlu banyak orang. Lha, wong kita kalau meeting cukup di warung kopi, kok. Yang penting (kaos kecebong) terus dikembangkan dari sisi kreatifnya,” lanjut anak muda berusia 24 tahun itu.

Sementara tema utama kecebong dalam Sang Javas, menurut Kaesang, mengambil analogi metamorfosa katak dari kecil hingga dewasa. Metamorfosa yang berujung pada harapan, nama dan bisnis Sang Javas menjadi besar.

“Kaos berkonsep anak muda dengan toleransi dan keberagaraman dapat dibeli online di Instagram Sang Javas,” ujar Kaesang setengah berpromosi.

Kini, Sang Javas Official Store juga hadir di Galeri Indonesia, Blibli.com. Ada yang spesial pada periode sepekan ini, apalagi kalau bukan diskon hingga 25%. Yuk, langsung diborong Sang Javas-nya.

Raya

Crafts and cultures enthusiast who lives in Kota Gede, DIY. I love to travel around Indonesia because this country is more adventurous, unique, and interesting than any other. When I stay in the city, I usually going to a spa, jogging in the city park, and of course, gathering with my friends.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY