Arane: Meramu Dedaunan dan Fashion dengan Teknik Eco Printing

Arane

Menerapkan sustainable living sebagai lifestyle memang bukan hal yang mudah dilakukan. Pasalnya, kebiasaan buruk yang nggak sadar kamu lakukan nyatanya sudah telanjur mendarah daging. Tetapi, bukan berarti sama sekali nggak bisa diubah, kok. Melalui hal-hal kecil seperti menggunakan tumbler yang bisa dipakai berulang kali, memilih sedotan berbahan stainless steel atau bamboo, juga memakai pakaian yang ramah lingkungan, kamu sudah membantu mengurangi produksi limbah.

Seperti Arane yang menggunakan teknik eco printing, produk-produk yang dihasilkan sangat menjunjung tinggi sustainable living. Untuk membuat produknya, Arane memanfaatkan bahan alami berupa dedaunan yang tersedia di sekitar lingkungan tempat tinggal. Penasaran dengan produk yang ditawarkan? Yuk, simak cerita lengkap salah satu finalis Top 20 Blibli Big Start Indonesia Season 4 di bawah ini!

SIAPA SAJA SIH YANG IKUT BERPARTISIPASI DI BLIBLI BIG START SEASON 4?

Kendala finansial dan sumur yang tercemar

Arane

Memiliki kendala finansial memang bukan masalah baru. Tetapi, berhasil atau enggaknya seseorang melanjutkan hidup tergantung dari caranya menyikapi masalah tersebut. “Aku sempat punya kendala finansial, tetapi lewat Arane akhirnya aku bisa lulus kuliah,” jawab Elson saat ditanya cerita awal tentang Arane. Berawal dari keinginannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan biaya kuliah, pemilik nama lengkap Elsana Bekti Nugroho ini mulai serius menekuni Arane.

Sebelum Arane, cowok berumur 25 tahun ini juga pernah membuka jasa desain pattern batik yang bisa di-custom sesuai selera. Tetapi, karena vendor yang bekerja sama dengannya mencemari sumur di sekitar tempat produksi, Elson memutuskan untuk mencari cara lain dalam membuat produk. Akhirnya, Elson menggunakan teknik eco printing yang lebih ramah lingkungan dengan menjunjung tinggi sustainable living.

TEMUKAN 20 FINALIS BLIBLI BIG START SEASON 4 DI SINI

Produk fashion ready-to-wear

Arane

Membuat produk fashion ready-to-wear yang ramah lingkungan, Arane menggunakan teknik eco printing. For your information, eco printing yang dimaksud bukan kain yang dicetak menggunakan mesin printing dengan tema botanical atau tropical, ya. Tetapi, proses mencetak motif daunnya itu murni dari dari daun itu sendiri tanpa menggunakan mesin.

“Jadi daunnya ditempel di atas kain, digulung, diikat, terus dikukus selama dua jam,” jelas Elson. Setelah dua jam, daun yang sebelumnya ditempel akan terlihat seperti “mengekstrak dirinya sendiri”. Melalui proses pemanasan yang tinggi, daun mengeluarkan warna dan tekstur alami dan menghasilkan pattern yang unik.

Untuk pilihan produknya, Arane menawarkan berbagai blouse siap pakai, juga aksesori fashion berupa scarf untuk melengkapi OOTD. Tetapi, jangan khawatir, untuk kamu yang lebih suka membuat baju sendiri di penjahit langganan, kamu bisa memilih kain bermotif dedaunan yang bisa dikreasikan sesuka hati.

KENALAN DENGAN FINALIS BLIBLI BIG START SEASON 4 LAINNYA YUK!

Menjadi finalis 20 besar Blibli Big Start Season 4

Arane

Mendengar informasi seputar Blibli Big Start Season 4, Elson tertarik banget dan langsung tertantang untuk mengikuti kompetisi ini. “Sejauh apa sih brand-ku ini bisa dikualifikasi?,” jelasnya sambil tersenyum. Nggak berpikir jauh, Elson yang mendapat kabar bahwa Arane berhasil menjadi finalis 20 besar Blibli Big Start Season 4 mengaku kaget dan sama sekali nggak menyangka.

Saat ditanya mengenai goal setelah mengikuti kompetisi ini dan berhasil menjadi finalis 20 besar, Elson menjawab dengan semangat. “Sebenarnya, aku punya keinginan untuk membuat desa wisata bertema eco printing.” Dimulai dari pabrik rumahan ramah lingkungan, menyerap penduduk sekitar sebagai tenaga, memunculkan awareness kalau dedaunan nggak cuma bisa jadi pakan ternak, dan membangun berbagai fasilitas lainnya. Kalau semua sudah terpenuhi dan penduduk sekitar juga setuju, Elson akan membuka desa wisata yang bisa mengedukasi banyak orang tentang sustainable living bersama Arane.

YUK, CARI TAU PRODUK MENARIK DARI 20 FINALIS BLIBLI BIG START SEASON 4


Setelah berbincang panjang dengan Elsana Bekti Nugroho tentang Arane, kamu jadi penasaran dengan produk dari finalis lainnya, kan? Yuk, cari tau lebih banyak tentang mereka di Blibli Big Start Season 4 di sini!

JANGAN SAMPAI KETINGGALAN INFO TERBARU BLIBLI BIG START SEASON 4 DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY