Apakah Kamu Sudah Wajib Bayar Zakat Fitrah? Cek Syarat-Syaratnya!

zakat fitrah

Menyambut Bulan Ramadhan yang semakin dekat, tentu banyak hal yang perlu kamu persiapkan. Baik itu menu berbuka atau sahur, pakaian baru untuk lebaran, kue untuk lebaran, dan masih banyak lagi. Selain mempersiapkan berbagai macam hal tersebut, kamu juga sebaiknya tak lupa untuk membayar zakat fitrah. Zakat fitrah merupakan salah satu rukun Islam keempat yang wajib dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Untuk itu, pastikan kamu juga tidak lupa untuk mempersiapkan bayar zakat fitrah.

Pembayaran zakat umumnya dilakukan pada minggu terakhir Bulan Ramadhan. Ibadah puasa kamu selama Bulan Ramadhan tentu tidak akan lengkap apabila kewajiban satu ini tidak dilakukan. Zakat fitrah akan membuat ibadahmu menjadi lebih sempurna. Banyak orang yang juga mengaku bahwa zakat merupakan salah satu cara untuk membersihkan harta dan memberikannya pada mereka yang berhak.

Namun, perlu diketahui juga bahwa terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi terlebih dahulu sebelum kamu wajib membayar zakat ini. Mereka yang tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan tidak akan diwajibkan membayar zakat fitrah. Langsung saja, berikut ini beberapa syarat wajib bayar zakat fitrah:

Beragam Islam dan Merdeka

Syarat pertama seseorang wajib membayarkan zakat yakni harus beragama Islam. Kamu yang menganut kepercayaan agama lain tentu tidak akan diwajibkan melakukan zakat fitrah. Apabila kamu merupakan seorang mualaf dan baru memeluk Islam di malam terakhir Bulan Ramalan, kamu pun juga belum diwajibkan melakukan rukun Islam satu ini. Kewajibanmu membayar zakat hanya berlaku tahun depan. Para pemeluk agama Islam yang belum merdeka juga tidak diwajibkan untuk membayar zakat. Merdeka di sini artinya bukanlah seorang budak ataupun rakyat dari negara yang sedang dijajah.

BAYAR ZAKAT FITRAH ONLINE DISINI

Telah Menemui Dua Waktu Ramadan dan Syawal

Syarat selanjutnya yakni kamu perlu menemui dua waktu diantara bulan Ramadhan dan Syawal meski hanya sebentar saja. Sehingga bayi yang baru saja lahir  setelah matahari terbenam di malam terakhir Ramadhan belum wajib untuk membayar zakat. Sebaliknya, kewajiban membayar zakat berlaku bagi bayi yang lahir sebelum matahari terbenam di malam terakhir Ramadhan.

Hal tersebut juga berlaku bagi orang yang meninggal. Apabila ada orang yang meninggal beberapa saat setelah matahari terbenam di malam terakhir Bulan Ramadhan, keluarganya wajib membayarkan zakat atas nama orang yang baru saja meninggal.

bayar zakat fitrah

Memiliki Harta yang Lebih

Pemilik agama Islam yang tidak memiliki harta lebih belum diwajibkan untuk membayar zakat. Di sisi lain, zakat ini diwajibkan bagi mereka yang memiliki harta lebih. Di mana harta yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan dirinya sendiri dan juga orang-orang yang menjadi tanggungannya, seperti anak dan juga istri.

Apabila ketiga persyaratan tersebut telah kamu penuhi, tentu kamu wajib membayar zakat pada Bulan Ramadhan 1441 H nanti. Zakat fitrah yang kamu persiapkan dapat berupa beras atau bahan pokok makanan lainnya dengan bobot 2.5 kg atau 3.5 liter. Selain dapat berupa barang, kamu juga bisa membayarkan zakat dengan uang.

Untuk lebih memudahkan kamu dalam bayar zakat nantinya, pembayaran zakat fitrah kini juga bisa dilakukan secara online, lho. Blibli menyediakan layanan yang akan memudahkan kamu dalam bayar zakat fitrah. Selain praktis, proses pembayaran melalui toko online satu ini juga terbilang sangat cepat. Kamu bisa lakukan bayar zakat online melalui smartphone tanpa perlu keluar rumah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY