Apa yang Bikin Orang-Orang Suka sama Motor BMW?

Waktu nama BMW disebut, image yang muncul duluan bukan cuma mewah. Iya, kan? Ada satu lagi faktor yang mengganjal kalau cuma disebut begitu. Bisa jadi, lebih tepatnya disebut “classy“.

Faktanya, banyak yang anggap kalau motor BMW adalah sesuatu yang spesial. Ya desainnya. Ya teknologinya.

Usianya aja hampir 100 tahun. Mereka udah bikin motor dari tahun 1921, dan motor pertama lahir tahun 1923, atau lima tahun sebelum akhirnya mutusin bikin mobil. Artinya, bekal pengalamannya banyak saat bikin sebuah motor.

Image unik dan spesialnya juga merembet ke urusan iklan. Misalnya, kebanyakan gambar yang ditonjolkan bukan kendaraan dan orang, tapi part-part dari BMW.

Bmw, Gs, 1200, Gs1200, Motorcycle, Motorbike, Enduro

Mereka memang doyan banget sama teknologi dan cukup sering jadi yang pertama di sejumlah hal. Makanya enggak heran ada cerita kalau dulu BMW jadi motor pertama dibanding motor lain yang dibedah sama kompetitor.

Gara-gara sebegitunya sama teknologi mesin, mereka mulai pakai kata-kata yang pas banget buat tagline. Kata-kata ini mulai dipakai dalam iklan-iklan di Amerika Utara tahun 1970-an–“Ultimate Driving Machine“.

Teknologinya Sering Jadi yang Pertama

Kalau ngomongin teknologi, BMW jadi penyumbang terbesar di dunia motor. Mereka sering jadi acuan brand-brand lain. Contohnya fairing.

BMW R100RS (1976-1984) adalah motor sport touring massal pertama yang pakai fairing dalam kondisi bawaan standar. Setelah ini, banyak motor akhirnya bikin versi sport pakai fairing.

Pengembangannya sendiri dari BMW R90S buatan tahun 1973, terutama bagian buntut yang bisa dicopot buat jadi bagasi kecil. Misalnya buat simpan obeng.

Teknologi pertama lainnya adalah suspensi teleskopik. Jadi kalau kamu lihat suspensi motor pakai dua tabung yang bisa pendek-panjang kayak teleskop, itu yang pertama buat adalah BMW. Mereka mulai pakai di tipe R12 and R17 tahun 1935. Tuh, udah selama itu.

Satu lagi yang khas banget kalau ngomongin teknologi adalah gardan. Kalau kebanyakan motor nerusin daya mesin ke roda belakang pakai rantai, motor BMW dulu banyak dibuat pakai gardan. Unik banget kan.

Bahkan salah satu model yang beredar di Indonesia masih pakai gardan, BMW RnineT.

Masih banyak hal-hal ikonik lain dan masih dipakai di motor BMW sampai sekarang, dan beredar di Indonesia. Coba aja kamu perhatiin satu-satu.

MOTOR-MOTOR IKONIK BMW ERA MODERN YANG MASUK INDONESIA

Tampilan ganteng, dari skuter matik, superbike, sampai retro

Sejak BMW bikin motor pertama pasca Perang Dunia I, mereka suka banget buat diadu. Maksudnya, mereka suka banget turun ke kegiatan sport. Bawaannya, mereka mau ikut kompetisi melulu buat buktiin kehebatan teknologinyaTapi basic-nya, mereka cenderung jadi produsen motor sport touring. Makanya hasilnya hibrida, plus-plus bergaya kekar nan ganteng.

Wujudnya kini macam-macam, dari skuter matik seperti tipe C400X, touring besar F750GS, sampai superbike siap sirkuit, S1000RR.

Iya, mereka punya skuter matik, tapi ukurannya buat orang Asia banget, dan tetap kekar ala BMW. Ada juga generasi trah motor adventure sekaligus terlaris, tipe GS. Dari yang versi sedang G310S sampai versi besarnya, BMW F750GS.

Sementara BMW S1000RR sekali lihat saja langsung ingat great white shark, hiu putih. Besar, menunik, kayak mau nyerang.

BMW juga punya motor classic retro, BMW RnineT, yang dibagi lagi ke model Scrambler dan Urban GS. Nama yang terakhir mancing memori soal model reli Dakar mereka dulu, tapi yang ini versi urban.

PILIHAN MOTOR BMW DARI SKUTIK, ADVENTURE, CLASSIC, SAMPAI SUPERBIKE

Jadi kalau kamu suka sama motor BMW, alasannya bisa jadi karena di atas. Kamu bisa pilih yang kamu suka karena modelnya macam-macam, dan bisa lewat online di Blibli.com.

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY