Setiap orang pasti punya impian dan harapan yang ingin dicapai. Tapi apakah kamu bisa mewujudkan impian dan harapan tersebut? Pasti bisa! Nggak perlu ragu dan jangan hanya berangan-angan saja, karena hal tersebut terbukti nggak akan membawa kamu lebih dekat dengan impianmu.

Apalagi kini kamu tidak sendirian berjuang mewujudkan harapan-harapan tersebut. Inilah beberapa organisasi penolong dan cara mereka membantu kamu mencapainya!

1. Red Nose Foundation

red-nose-foundation

Via Missellieneous

Kamu tahu apa yang lebih buruk daripada tidak bisa mewujudkan mimpi? Yakni orang-orang yang bahkan tidak memiliki mimpi. Jadi, jika kamu termasuk orang yang berharap bisa menemukan apa yang bisa menjadi mimpi kamu, orang-orang seperti kalianlah yang menjadi inspirasi dari berdirinya “Red Nose Foundation” atau Yayasan Hidung Merah.

Yayasan Hidung Merah sendiri merupakan organisasi non-profit yang bergerak di bidang seni dan pendidikan. Berdiri pada tahun 2008, yayasan yang berbasis di Indonesia ini berjuang agar anak-anak kurang mampu bisa membangun mimpi mereka.

Yayasan ini disebut Hidung Merah karena mereka mencoba menginspirasi anak-anak kurang mampu dan membangun mimpi mereka melalui pembelajaran keterampilan sirkus serta keterampilan seni lainnya. Selain itu, anak-anak ini juga mempelajari berbagai hal akademis seperti matematika dan bahasa Inggris juga, lho.

Anak-anak kurang mampu ini kemudian akan mulai membangun impian mereka dan perlahan mewujudkannya.

2. Make-A-Wish Foundation

make-a-wish-foundation

Via Lakeshore Open

Jika berbicara mengenai impian dan harapan, mungkin bisa dikatakan anak-anaklah yang paling banyak memiliki mimpi-mimpi semasa kecil yang ingin diwujudkan. “Ingin ini, ingin itu, banyak sekali” seperti kata Doraemon.

Namun bagi anak-anak dengan kondisi tertentu atau yang mengancam jiwa, mereka berkemungkinan kecil untuk mewujudkan impian mereka. “Make-A-Wish Foundation” hadir untuk mewujudkan impian anak-anak ini.

Yayasan ini berdiri pada musim semi 1980 ketika seorang anak berusia tujuh tahun bernama Christopher James Greicius tengah dirawat karena menderita penyakit leukemia, bercita-cita menjadi seorang polisi. Melihat hal tersebut, seorang petugas yang mengenal Christopher kemudian merencanakan pengalaman selama satu hari sebagai polisi untuk Christopher.

Christopher naik helikopter polisi, menerima berbagai atribut polisi, hingga dilantik sebagai petugas patroli keselamatan publik. Meski meninggal tidak lama setelahnya, impian Christopher inilah yang menjadi inspirasi bagi “Make-A-Wish Foundation”. Sampai saat ini, artis-artis seperti John Cena dan Justin Bieber juga turut berpartisipasi mewujudkan impian anak-anak di dunia melalui “Make-A-Wish Foundation”.

3. Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB)

yayasan-cinta-anak-bangsa

Sumber: Indonesia Initiative

Bagi kamu yang tinggal sejahtera di kota-kota besar, mungkin belajar di sekolah adalah hal yang biasa. Bahkan terkadang rutinitas belajar bisa membuat kamu bosan? Tapi, di daerah-daerah terpencil atau bagi keluarga-keluarga yang kurang mampu, belajar di bangku sekolah mungkin adalah harapan yang terdengar mustahil.

Keprihatinan inilah yang mendorong Veronica Colondam membangun Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) pada tahun 1999. Didasari dengan alasan “Cinta”, yayasan ini mencoba mewujudkan dan memberikan harapan serta kesempatan untuk anak-anak muda dari golongan kurang mampu.

Hal ini dilakukan melalui penyediaan edukasi, bantuan ekonomi, dan penciptaan kesejahteraan demi masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan. Dengan hal tersebut, diharapkan anak-anak ini tumbuh dengan kemandirian serta mimpi yang siap mereka wujudkan.

Dengan bermodal pendidikan yang baik, tentu impian sebesar apapun menjadi mungkin untuk diwujudkan!

4. Jakarta Animal Aid Network

jakarta-animal-aid

Via Jakarta Animal Aid Network

Nggak cuma manusia, hewan-pun mungkin memiliki harapan dan impian. Bagi kamu para pecinta hewan yang ingin hewan-hewan ini hidup dengan bebas, “The Jakarta Animal Aid Network” (JAAN) bisa membantu kamu.

The Jakarta Animal Aid Network” telah melakukan beberapa inisiatif untuk kesejahteraan hewan, seperti kampanye guna mencegah dan mengurangi dampak dari ekploitasi hewan seperti lumba-lumba, topeng monyet, hingga isu pembantaian hiu.

Selain itu, organisasi ini juga aktif menyelamatkan hewan-hewan yang tereksploitasi serta mencari tempat rehabilitasi yang baik untuk mereka. Tentunya hal ini akan mendatangkan kebahagian nggak hanya bagi hewan, tapi juga bagi kamu pecinta hewan.

Bagi kamu yang memiliki impian untuk melihat dunia hewan dan alam yang lebih sejahtera, artinya kamu tengah berjalan satu visi dengan “The Jakarta Animal Aid Network”.

5. Sahabat Lingkungan Hidup

sahabat-lingkungan-hidup

Via Viva.co.id

Tinggal di kota besar memang terdengar sempurna karena setiap kebutuhan kita sudah terfasilitasi. Tapi, bukan berarti nggak ada impian yang dimiliki masyarakat perkotaan, lho. Banyak penduduk di kota besar yang kerap menyingkir sejenak ke pinggiran kota untuk menikmati alam dan menghirup udara segar.

Tapi bagaimana jika pada akhirnya pedesaan serta hutan-hutan pun mulai musnah dan berganti rupa?

Kepedulian terhadap keadaan alam dan masa depan inilah yang menggerakkan sebuah ide untuk mendirikan Spirit Camp di daerah Ledeng, Bandung. Sebuah camp yang menyediakan sejumlah aktivitas dan fasilitas untuk anak-anak dan remaja, agar mereka dapat bermain di alam terbuka.

Kemudian, camp ini berevolusi menjadi Eco Learning Camp atau Eco Camp di bawah naungan Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup. Mereka ingin mengembangkan aktivitas edukasi, konservasi, riset, serta pengembangan komunitas dengan berbagai aktivitas kreatif yang berbasis pada lingkungan hidup. Jangan cuma mau menikmati saja, ayo turut berkontribusi!

Blibli.com 

my-big-wish-blibli

Jika kamu merasa termasuk ke golongan masyarakat kelas menengah ke atas yang lebih beruntung dalam hal pendidikan dan kebutuhan hidup sehari-hari, maka kebutuhan kamu juga pasti berbeda.

Berbeda dengan 5 organisasi di atas, Blibli.com hadir untuk membantu kamu semua mengabulkan keinginanmu. Jika salah satu impian kamu adalah membeli gadget baru yang keren dan kebutuhan fashion yang kece. Kamu bisa pilih Blibli.com sebagai destinasi berbelanjamu.

Karena, di Blibli.com kamu bisa manfaatkan cicilan 0% dan bebas ongkos kirim. Sehingga lebih memudahkan kamu dalam memenuhi kebutuhanmu Friends!

 


NO COMMENTS

LEAVE A REPLY