me

Apa Sih Perbedaan Best Before dan Expired Date? Yuk Kenali di Sini!

Oct 21, 2022.By Ruth
Bagikan

image source: pexels

Friends, suka takut gak sih kalau beli makanan yang tiba-tiba sudah lewat tanggal best before atau expired date-nya? Pasti rasanya menyesal dan takut sakit karena makan makanan yang sudah melewati tanggal yang tercantum di kemasan. Padahal, best before dan expired date adalah dua hal yang berbeda. Kenali yuk perbedaan dua istilah ini!

Expired date adalah tanggal batas maksimal produk aman dikonsumsi, sedangkan best before merupakan tanggal sebaiknya dikonsumsi sebelum waktu yang tercantum. Best before tidak ada hubungannya dengan keamanan makanan, yang terpengaruh adalah rasa makanannya. Sebaliknya, kalau kamu mengonsumsi makanan yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa, bisa jadi makanan itu membahayakan kesehatanmu.

Nah, ada beberapa hal lain yang harus kamu ketahui mengenai dua istilah ini dirangkum dari berbagai sumber:

1. Ada lima jenis makanan yang harus punya tanggal kedaluwarsa/expired date

image source: depositphotos.com

The Canadian Food Inspection Agency merilis lima jenis makanan yang harus punya tanggal kedaluwarsa. Makanan itu adalah susu formula bayi dan pengganti ASI lainnya, suplemen gizi, makanan pengganti, makanan untuk diet rendah energi, dan makanan diet cair. Selalu biasakan untuk melihat tanggal kedaluwarsa produk yang dibeli agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait kesehatan kita.

2. Best before date merujuk ke kualitas makanan

image source: kompasiana.com

Karena merujuk ke kualitas, maka makanan yang belum dibuka kemasannya dan disimpan dengan tepat akan membantu kesegaran serta kualitas produk terjaga.

3. Tanggal best before tidak berlaku ketika makanan sudah dibuka

image source: cycleandwell

Kalau kemasan sudah dibuka dan penyimpanannya tidak sesuai standar ketika masih di toko, artinya makanan sudah bersentuhan dengan udara yang berisi berbagai zat. Nah, hal ini juga harus diantisipasi oleh konsumen karena bisa jadi rasa makanan sudah berubah, kandungan gizi turun, atau warnanya berubah.

4. Kenali jenis makanan yang harus cepat dikonsumsi setelah kemasan dibuka

image source: malayvaca blog

Jenis makanan yang harus cepat dikonsumsi setelah kemasannya dibuka adalah keju, daging, ayam, susu, serta telur. Mending jangan terlalu lama disimpan yaa kalau kamu sudah membuka kemasannya agar kandungan nutrisinya tetap bisa bermanfaat untuk tubuhmu!

Sudah tahu kan perbedaan dua istilah di atas? Intinya, selalu perhatikan tanggal-tanggal yang tercantum di kemasan makanan yang kamu beli dan perhatikan cara penyimpanan yang disarankan. Kamu bisa mencari tahu berbagai cara penyimpanan makanan dari situs-situs resmi makanan terkait, Friends.

Kalau sudah tahu standarnya, jadi gak ragu kan untuk membeli berbagai makanan untuk stok di rumah? Pastikan semua kebutuhan mulai dari beras, susu, mi, minuman sehat, hingga snack terpenuhi. Oh iya, sekarang, kamu tak perlu melangkahkan kaki ke luar rumah karena Blibli.com sudah bisa memenuhi kebutuhan makanan dalam penyimpananmu!

Selain lebih praktis, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas belanja yang dimiliki Blibli.com mulai dari cicilan 0%, cara pembayaran yang beragam, bebas ongkos kirim, hingga kualitas produk yang terjamin. Selamat berbelanja!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel