me

Apa Itu Wamil dan Kenapa Banyak Idol K-Pop yang Harus Ikut?

Oct 20, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

kstarlive.com

Blibli Friends lagi suka banget sama idol K-Pop tapi tiba-tiba ditinggal wamil? Wah… Pasti sedih banget karena bakal jarang mendengar kabarnya selama beberapa waktu. Buat yang sudah lama suka dengan K-Pop atau drama Korea, biasanya sudah tahu banget apa itu wamil.

Baru-baru ini agensi yang menaungi boy group BTS baru mengumumkan rencana wamil member BTS. Jelas saja banyak yang bakal kangen sama grup yang punya fans di seluruh penjuru dunia ini selama para member satu-persatu pergi wamil. Fans di seluruh dunia pun jadi bertanya-tanya tentang wamil dan kenapa para idol harus ikut. Kamu termasuk yang penasaran? Yuk, temukan jawabannya di sini.

Baca juga: 10 Idol K-Pop Termuda Saat Debut, Ada Jisung NCT!


Sejarah Wamil (Wajib Militer)

Wamil adalah singkatan dari wajib militer. Di Korea Selatan, wamil sudah wajib dilakukan oleh para pria usia 18 – 35 tahun sejak tahun 1957. Korea Selatan memiliki kekuatan angkatan bersenjata yang besar dan lengkap. Terdiri dari angkatan darat, angkatan laut dan angkatan udara. Tapi angkatan bersenjata ini masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan tetangganya sendiri, Korea Utara.

Tujuan utama adanya wajib militer di Korea Selatan adalah untuk menghadapi ancaman serangan dari Korea Utara. Tapi sebenarnya di jaman kerajaan, wamil juga sempat diberlakukan di dataran Korea. Walau setelah masa damai yang tanpa perang, akhirnya wamil pun nggak diberlakukan lagi.

Kronologis Sejarah Wamil di Korea

Berikut ini wamil di Korea dari waktu ke waktu:

Masa Dinasti Goryeo

  • Di masa Dinasti Goryeo, musuh datang dari luar Korea. Akhirnya diberlakukan sistem ganda yaitu menggunakan tentara profesional dan tentara cadangan, yang berasal dari kalangan masyarakat biasa. Tentara cadangan hanya dipanggil saat ada kejadian darurat.
  • Pada Dinasti Goryeo, pria dan wanita bisa ikut wamil, bahkan usia berapa pun nggak masalah. Tapi laki-laki usia 16 – 60 tahun sudah pasti direkrut. Ini berlaku karena situasinya dianggap genting.

Masa Dinasti Joseon

  • Di era Dinasti Joseon yang lebih maju, sistem wamil mulai berlaku hanya untuk pria usia 16 – 60 tahun. Wamil tetap diberlakukan meski nggak ada serangan musuh dan tanpa perang.
  • Peraturan wamil bisa dihindari dengan cara memberi imbalan ke pemerintah berupa kain. Ini hanya bisa dilakukan oleh kalangan berada. Tentu ini dianggap membebani rakyat. Karena itu, jumlah kain dikurangi jadi setengahnya. Sisanya, rakyat bisa memberikan garam, hasil perikanan, hingga kapal.
  • Tahun 1592, Jepang menginvasi Korea. Peraturan wamil pun diperluas sampai ke pegawai swasta.
  • Pada akhir periode Dinasti Joseon, kaum aristokrat dibebaskan dari wamil. Ini salah satunya dikarenakan ada oknum di pemerintahan yang mendaftarkan nama orang yang sudah meninggal dan bayi untuk ikut wamil, hanya untuk dapat pungutan pajak dari rakyat. Hal ini juga yang menjadi alasan runtuhnya Dinasti Joseon.

Masa Reformasi Politik (1894) hingga Sekarang

  • Tahun 1894 terjadi reformasi politik yang akan membawa sistem wamil di Korea di masa modern.
  • Tahun 1907 UU Perekrutan mulai diundangkan.
  • Tahun 1908 ditetapkan Peraturan Pendaftaran Militer. Di sinilah mulai ada aturan wamil modern lengkap tentang usia, masa dinas, peran, dan lain sebagainya.

Daftar Negara yang Melaksanakan Wamil

Korea Selatan bukanlah satu-satunya negara di dunia yang memberlakukan wamil terhadap warganya. Ini dia daftar negara lainnya yang juga melaksanakan wamil:

  1. Aljazair
  2. Angola
  3. Austria
  4. Azerbaijan
  5. Bolivia
  6. Brasil
  7. Chili
  8. Denmark
  9. Ekuador
  10. Eritrea
  11. Estonia
  12. Finlandia
  13. Israel
  14. Iran
  15. Kazakhstan
  16. Kolombia
  17. Korea Utara
  18. Kuba
  19. Kuwait
  20. Libya
  21. Lituania
  22. Maroko
  23. Meksiko
  24. Mesir
  25. Moldova
  26. NorwegiaRusia
  27. Siprus
  28. Singapura
  29. Suriah
  30. Swedia
  31. Swiss
  32. Taiwan
  33. Thailand
  34. Turki
  35. Ukraina
  36. Uni Emirat Arab
  37. Venezuela
  38. Yunani.

Mengapa Harus Wamil?

Di masa modern seperti sekarang, kenapa idola Korea Selatan juga tetap harus mengikuti wamil? Sejak hari kemerdekaan Korea Selatan di tanggal 15 Agustus 1948, pemerintahan Korea Selatan baru pertama kali berdiri. Sejak saat itu pula diberlakukan wajib mengikuti wamil. Warga merupakan elemen dalam pertahanan nasional negara.

Merujuk pada UUD Republik Korea Bab II Pasal 39, wamil berlaku bagi laki-laki mulai usia 18 – 35 tahun. Sedangkan perempuan nggak diwajibkan, tapi tetap diperkenankan untuk ikut serta dan bergabung dalam pelatihan perwira cadangan. Sama seperti Indonesia yang lepas dari penjajahan Jepang di tahun 1945, Korea juga terbebas dari penjajah yang sama. 

Hanya saja, waktu itu Korea terbagi jadi 2. Ada Korea Selatan yang dibantu oleh Amerika Serikat dan Korea Utara yang dibantu oleh negara komunis. Keduanya pun sayangnya terpecah belah. Sudah ada perjanjian gencatan senjata. Tapi Korea Utara selalu siap menyerang kapan pun.

Inilah yang menyebabkan para pria di Korea Selatan diwajibkan ikut wamil sampai sekarang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kedisiplinan. Para pria harus punya dasar untuk mempertahankan negara dan melindungi warga masyarakat apabila suatu saat terjadi kemungkinan yang terburuk.

Berapa Lama Waktunya untuk Menjalani Wamil?

Masa kerja wamil tergantung dari cabang di mana seseorang ditempatkan. Saat ini ada dua tingkatan pelayanan yaitu tugas aktif dan layanan tugas non aktif. Yang dimaksud layanan tugas non aktif adalah pekerja layanan publik dan pegawai negeri. Biasanya pria Korea Selatan yang kondisi tubuhnya kurang baik akan masuk di layanan tugas non aktif.

Berikut ini masa kerja wamil di Korea Selatan sesuai cabangnya:

  •         Angkatan Darat: 21 bulan
  •         Korps Marinir: 21 bulan
  •         Angkatan Laut: 23 bulan
  •         Angkatan Udara: 24 bulan
  •         Layanan tugas non aktif: 24 bulan – 36 bulan.

Apa Sanksinya Apabila Tidak Mengikuti Wamil?

Bisa nggak sih menghindar dari wamil? Bisa saja kalau memang situasi dan kondisinya nggak memungkinkan dan nggak memenuhi syarat mengikuti wamil. Tapi selama kondisinya masih memungkinkan, lalu ketahuan menghindari wamil, maka mereka bisa dikenakan sanksi. Pria yang usianya sudah 28 tahun dan ketahuan menunda-nunda, bakal diberlakukan seperti buronan.

Daftar Sanksi

  • Dipenjara

Bagi yang akhirnya tertangkap, maka sanksinya adalah dipenjara kira-kira selama 2 tahun. Bagi yang menyerahkan diri, mereka harus membayar denda lalu dikenakan wajib bersyarat. Setelah itu, mereka tetap harus ikut wamil.

  • Sanksi Masyarakat

Belum lagi sanksi masyarakat yang harus dihadapi kalau nggak ikut wamil. Di Korea Selatan ini merupakan isu yang sensitif banget. Apalagi kalau statusnya adalah selebriti yang jadi panutan banyak orang. 

Begitu mereka ketahuan membuat data palsu untuk menghindari wamil, misalnya pura-pura punya penyakit kronis, mereka selamanya akan dihujat masyarakat.

Contoh Kasus yang Mangkir Wamil

  • MC Mong

imgae source: channel-korea.com

Pada tahun 2010, rapper ini sempat dituduh berusaha menghindari wamil karena sengaja mencabut giginya. Gigi yang sehat dan lengkap merupakan salah satu syarat ikut serta wamil.

Meski MC Mong menyatakan kalau ini untuk alasan kesehatan, tapi akhirnya ia tetap dinyatakan bersalah karena menunda waktu wamil. Sampai sekarang ia masih dikritik pedas oleh publik. MC Mong dulu adalah kecintaan publik karena muncul di acara 2 Days 1 Night, sekarang namanya sudah jarang terdengar.

  • Steve Yoo

imgae source: zapzee.net

Kasus Steve Yoo merupakan salah satu kasus penghindaran wamil terbesar di Korea Selatan. Dulunya Steve Yoo adalah penyanyi idola yang berbakat banget dan punya banyak fans, dicintai publik Korea dari berbagai usia. Tepat sebelum wamil, Steve pergi ke Amerika, alasannya untuk istirahat dan liburan.

Tapi tiba-tiba Steve melepaskan kewarganegaraan Korea Selatan dan resmi jadi warga Amerika. Steve memang bebas dari wamil, tapi ia dilarang masuk lagi ke Korea Selatan. Steve sudah berulang kali membuat permintaan maaf, tapi tetap ditanggapi dingin oleh publik Korea Selatan.

  •  Kim Ku Yeol

imgae source: nytimes.com

Pada tahun 2009, ia mendapatkan perintah untuk mengikuti wamil, tapi ia memperpanjang penundaannya selama 2 tahun dengan alasan cedera lutut. Tapi permintaan ini ditolak.

Akhirnya ia menggunakan alasan bahwa ia berasal dari keluarga kurang mampu dan hanya dialah satu-satunya orang yang bisa mencari nafkah. Permintaannya dikabulkan, tapi di tahun 2012 Kim Mu Yeol tetap mengikuti wamil karena desakan publik.

Siapa Saja yang Tidak Wajib Mengikuti Wamil?

Semua pria Korea Selatan yang kondisi fisik dan mentalnya sehat wajib mengikuti wamil. Tapi ada beberapa pengecualian yang bisa terlepas dari wamil. Mereka adalah yang termasuk dalam kategori di bawah ini:

1. Karena Alasan Kesehatan

Para pria yang kondisi kesehatannya nggak bagus diperbolehkan untuk nggak mengikuti tugas aktif dan menjalani layanan non aktif. Tapi bagi yang mengalami kondisi sakit kronis maka akan dibebaskan dari wamil sama sekali.

2. Punya Peran Penting untuk Negara

Para pria yang punya bakat spesial juga bisa dibebaskan dari wamil. Misalnya pianis, pemain violin dan penari balet bisa dapat pembebasan wamil. Atlet yang sukses memenangkan medali di Olimpiade dan medali emas di Asian Games bisa dibebaskan dari wamil.

Mereka tetap harus mengikuti latihan militer dasar yang berlangsung selama 4 minggu. Setelah itu, mereka bisa melanjutkan kariernya selama 42 bulan. Setelah periode 42 bulan selesai, mereka akan menghadiri beberapa hari pelatihan militer setiap tahunnya selama 6 tahun. Jadi bukannya bebas sama sekali.

Contohnya adalah Son Heung Min yang saat ini main untuk Tottenham Spurs. Ia bebas dari wamil di tahun 2018, setelah Korea Selatan sukses memenangkan Asian Games. Tapi Son Heung Min tetap harus mengikuti latihan militer dasar selama 4 minggu.

3. Orang Korea Selatan yang Pindah Kewarganegaraan

Seseorang yang memiliki kewarganegaraan ganda bisa terhindar dari wamil kalau mereka menyerahkan kewarganegaraan Korea Selatannya. Setelah itu, mereka akan dianggap warga negara asing sepenuhnya. Banyak pria Korea Selatan yang belajar di luar negeri tetap mempertahankan kewarganegaraan mereka. Di umur 20-an biasanya mereka akan pulang ke Korea untuk wamil.

Fakta Menarik Soal Wamil

1. Masa Cuti Saat Wamil

Cuti wamil diberikan setelah mereka menjalani wamil selama 100 hari. Cutinya biasanya selama 4 hari. Kalau dapat promosi jabatan, ada lagi cuti selama 10 hari. Lalu ada lagi cuti liburan musim gugur. Ada yang mengambil cuti untuk bertemu keluarga, tapi ada juga yang mengumpulkan cuti untuk di akhir masa wamil. Jadi mereka bisa keluar lebih cepat dari jadwal.

2. Sisa Potongan Rambut Peserta Wamil Disimpan Dalam Kantong

Seperti di kebanyakan negara lainnya, masuk militer pasti rambut harus dicukur rapi. Nah, potongan rambut saat mau masuk wamil ini ternyata nggak dibuang lho. Ada tradisi lama yaitu menyimpan rambut di kantong coklat.

Artinya adalah, kantong coklat ini disimpan dengan tujuan antisipasi. Saat membela negara, mungkin saja mereka menghadapi kemungkinan terburuk. Kalau sampai gugur dalam tugas, maka kantong coklat itu akan diberikan kepada keluarga yang ditinggalkan.

3. Perempuan Tak Wajib Wamil Tetapi Bisa Mengikuti Programnya

Perempuan memang nggak wajib ikut wamil. Tapi tetap ada program khusus yang bisa diikuti. Jadi bagi perempuan yang ingin berpartisipasi untuk mendapat pelatihan dasar militer dipersilakan. Tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Deretan Idol Kpop yang Selesai Wamil di tahun 2022

1. Chanyeol EXO

image source: ladiestory.id

Member kebanggaan EXO ini memulai wamil di tahun lalu dan merampungkannya pada September tahun ini.

2. Sungjin Day6

image source: hallyukstar.com

Sungjin menjalani masa wamil yang sama persis dengan Chanyeol EXO.

3. Taemin Shinee

Foto Taemin SHINee selama wajib militer.
image source: soompi

Taemin dijadwalkan akan menyelesaikan wamilnya pada bulan November 2022 ini.

4. Hui Pentagon

image source: idntimes.com

Hui memulai wamil pada bulan Februari 2021 silam dan akan selesai pada bulan November 2022.

5. Kim Myung Soo Infinite

image source: kpoplat.com

Kim Myung Soo “L” telah menyelesaikan wamilnya pada bulan Agustus 2022 silam.


Baca juga: Deretan Idol K-Pop yang Memiliki IQ Tinggi, Siapa Saja?

Nah, sudah tahu kan kenapa para oppa harus ikut wamil kalau sudah waktunya? jadi nggak perlu sedih lagi. Nungguin oppa kelar wamil nggak bakal terasa kok kalau kamu punya berbagai merchandise dan segala hal tentang K-Pop yang bisa didapatkan di Hallyu Zone dari Blibli!

Di sini lengkap banget tersedia berbagai hal tentang Korea. Mulai dari album, photo card, poster, merchandise orisinal, merchandise custom, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung kunjungi Blibli dan temukan item yang kamu butuhkan!

Tag:

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel