me

Apa Itu Veteran? Yuk, Cari Tahu Penjelasan Lengkapnya di Sini

Aug 12, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

image source: pngtree.com

Salah satu cara belajar dan mengenal sejarah Indonesia adalah dengan mengenal veteran dan pahlawan yang terdaftar di dalamnya. Kalian pasti sering denger kata “veteran” atau pahlawan veteran. Namun, apa itu veteran dan siapa yang mendapatkannya? Biar lebih jelas yuk, cari tahu di sini.

Baca juga: 15 Daftar Pahlawan Wanita Indonesia yang Keren Banget


Apa Itu Veteran dan Sejarahnya

Sembari menyongsong peringatan Hari Veteran, nggak afdol kalau kamu nggak tahu pengertian tentang veteran itu sendiri. Veteran bisa diartikan seseorang yang memiliki pengalaman atau jasa dalam bidang militer dan penegakan hukum. Veteran juga biasanya warga negara Indonesia yang berkecimpung dalam kesuksesan perang Indonesia melawan negara lainnya.

Tentu saja dalam melakukan peperangan mereka telah mengorbankan banyak hal mulai dari waktu, tenaga sampai dengan nyawa mereka sendiri untuk Indonesia. Untuk membuat para veteran ini tetap dikenal dan dikenang oleh semua masyarakat Indonesia maka dibuatlah Hari Veteran Nasional yang ditetapkan di tanggal 10 Agustus.

Tentunya peringatan Hari Veteran ini penting banget seperti ucapan Bung Karno untuk kita semua, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.” Peringatan ini juga menjadi wadah para generasi penerus bangsa untuk mengenang perjuangan Indonesia sampai bisa merdeka dalam peperangan seperti saat ini seperti yang dijelaskan dalam buku sejarah.

Para veteran ini dibagi menjadi beberapa jenis mulai dari masa revolusi fisik, masa Trikora, masa Dwikora, pembela seroja sampai dengan perdamaian. Adapun veteran ini juga wajib mendapatkan hak-hak khusus dari negara seperti santunan cacat atau tunjangan alat bantu, tunjangan janda atau anak veteran, dana kesehatan, dana kehormatan sampai dengan tunjangan veteran.

Daftar Pahlawan Veteran Indonesia

Veteran jumlahnya cukup banyak di Indonesia, biar lebih kental rasa penghormatannya kamu perlu memperhatikan beberapa daftar pahlawan veteran di indonesia sebagai berikut:

  1. Agus Setiyono Sh Mh

Veteran pertama yang perlu kamu kenal adalah Agus Setiyono Sh Mh. Beliau memiliki tempat dan tanggal lahir di Pasuruan, 11 Agustus 1955 dan saat ini sudah meninggal. Sementara untuk alamat rumahnya ada di Jl. Sawo I No.23 Perumnas, Subang. Memiliki seorang istri bernama Sri Sutarmi dan pendidikan akhirnya adalah S2.

Beliau memiliki pekerjaan terakhir sebagai Dosen STKIP Subang/Widyaiswara Kemhan. Beliau memiliki peran penting dalam Operasi Militer Dasar Piagam Veteran RI, beberapa di antaranya adalah Operasi Bathara Irian Jaya 1993, Operasi Kejora OVS. Plaju- S Gerong 1991 sampai dengan Penanggulangan Penyelundupan Pasir Timah Banka Belitung 1989.

Tentunya jasa beliau ini nggak bisa dilupakan begitu saja, sehingga gelar veteran sangat cocok untuknya. Belajar sejarah lebih praktis dengan buku sejarah yang tepat sesuai materi pelajaran sekolahmu.

  1. Zainal Abidin Ishak, SH

Veteran kedua yang perlu kamu kenal adalah Drs. Zainal Abidin Ishak, SH. Beliau merupakan veteran yang lahir di Makassar, 27 November 1952, sementara untuk alamat tinggalnya ada di Jl. Siaga Raya. Kel Pejaten Barat. Kec. Pasar Minggu. Jakarta Selatan. Beliau memiliki seorang istri yang bernama Hj. Isye T Siregar.

Pendidikan terakhir yang dilaluinya adalah Lemhannas RI 2004, sementara untuk pekerjaan terakhirnya adalah Kapolda Kalimantan Barat. Beliau mendapatkan gelar veteran karena jasanya dalam Operasi Militer Dasar Piagam Veteran RI yakni pada saat  Operasi Seroja Timor Timur 1975.

  1. Tutie Artica

Veteran ketiga yang nggak kalah keren untuk kamu ketahui adalah Tutie Artica. Beliau lahir di Sukabumi, 26 Desember 1942 dan sekarang memiliki alamat di Tangerang Selatan. Beliau memiliki seorang suami yang bernama DR. Saleh A.D. Pendidikan terakhir yang dilaluinya adalah SLTA, sementara untuk pekerjaannya adalah Pamen Den Mabes TNI-AD.

Beliau mendapatkan gelar veteran karena jasanya dalam Operasi Militer Dasar Piagam Veteran RI yakni Operasi DWIKORA (Nop. 1965 s/d Jan.1967). Tentunya beliau merupakan sosok wanita yang sangat berjasa untuk Indonesia, kamu bisa juga cek pahlawan Indonesia wanita lainnya dalam buku sejarah yang menunjang.

  1. A. Hascaryo

Veteran keempat yang bisa kamu perhatikan adalah Y.A. Hascaryo. Beliau memiliki tempat tanggal lahir di Jogjakarta, 15 November 1948, sementara untuk alamat tinggalnya sekarang ada di  Jl. Rajawali 13, Sektor 9 Bintaro Jaya Tangsel. Memiliki seorang istri yang bernama Y.M. Kusariyanti.

Beliau telah menyelesaikan pendidikan terakhirnya di tingkat Akabri Darat – 1972 dan profesi terakhirnya adalah sebagai TNI AD. Gelar veteran yang dimilikinya didapatkan karena Operasi Militer Dasar Piagam Veteran RI tepatnya pada Operasi Senja.

  1. Purbo Supono, SE

Veteran kelima yang perlu kamu tahu adalah Purbo Supono, SE. Beliau memiliki tempat dan tanggal lahir di Gombong, 1 Oktober 1947. Sementara sekarang untuk tempat tinggalnya ada di Jl. Putera III. Kel Srengseng Sanah, Kec Jaga Karsa. Memiliki satu orang istri yang bernama Tati Gunarti.

Beliau sudah menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada tingkat S-1 Management, sementara untuk pekerjaannya adalah Kabag Proglap BPPIT Kemhan. Beliau berperan pada Operasi Militer Dasar Piagam Veteran RI tepatnya di Ops Seroja Timor Timur.

  1. Chairul Huda, MM

Veteran keenam yang perlu kamu pahami adalah Ir. Chairul Huda, MM. Beliau memiliki tempat dan tanggal lahir di Cepu, Blora.  12 Oktober 1952, saat ini tempat tinggalnya ada di Jl. Cendrawasih IX. Jatisampurna, Bekasi. Beliau memiliki satu istri yang bernama Dr. Ir. Asfiah Mahdiani, MM.

Pendidikan terakhirnya adalah S2 IPB, Bogor dan Lemhannas KRA-35. Sementara untuk pekerjaan terakhirnya adalah Widya Iswara dan Lemhannas RI. Beliau berperan pada Operasi Militer Dasar Piagam Veteran RI tepatnya pada Operasi Seroja Timor Timur.

  1. Peter Arnold Lumintang

Veteran ketujuh yang perlu kamu kenal adalah Peter Arnold Lumintang. Beliau memiliki tempat dan tanggal lahir di Mamuju/31 Des 1947. Sementara untuk saat ini beliau tinggal di Jln Swadaya. Radar Auri Mekarsari, Cimanggis Depok dengan istrinya yang bernama Meidy Pandaleke.

Beliau telah menyelesaikan pendidikan terakhirnya pada tingkat Sus Athan thn 1990 dan menjabat sebagai Kasubdit Dikkualsus Disdikau untuk pekerjaan terakhirnya. Beliau tergabung dalam Operasi Militer Dasar Piagam Veteran RI tepatnya di bagian Operasi Seroja Timor Timur.

  1. Dahlan Idrus S.IP

Veteran kedelapannya adalah H. Dahlan Idrus S.IP. Beliau memiliki tempat tanggal lahir di Padang, 20 September 1946 dan sekarang tinggal di Bungur Senen – Jakarta Pusat. Beliau tergabung dalam Operasi Militer Dasar Piagam Veteran RI tepatnya di Operasi Pgrs Kalimantan Barat TH. 1974 – 1975 Dan Operasi Seroja Tim – Tim Th. 1976 – 1977.


Baca juga: Kumpulan Puisi Pahlawan Karya Chairil Anwar

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu veteran dan nama-nama pahlawan veteran. Veteran memang penting banget untuk diingat dimana mereka punya peran penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Biar lebih mengenal sejarah jangan lupa membeli buku sejarah cuma di Blibli saja karena lebih lengkap dan harganya terjangkau.