Apa Itu Staycation & Alasan Staycation Banyak Diminati

sumber: pixabay.com

Staycation artinya adalah liburan yang dilakukan dengan menetap di suatu tempat. Pensaran dengan info lebih lanjutnya? simak pengertian dan rekomendasinya berikut ini.

_______________________

Staycation – Saat kepala dan hati sudah sumpek dengan rutinitas sehari-hari, berlibur bisa jadi aktivitas yang paling diinginkan. Tapi, masalahnya nggak semua orang bisa menghabiskan beberapa bulan buat berlibur. Apalagi, kalau kamu tinggal di kota besar dengan tuntutan kerja yang pastinya nggak bisa ditinggal lama-lama. Nah, baru-baru ini, istilah staycation muncul ke permukaan. Walaupun nggak terdengar asing, tapi nggak banyak juga orang yang paham tentang makna dari kata tersebut. Belakangan ini, memang semakin banyak orang yang memilih staycation untuk berlibur bareng keluarga dan teman-temannya. Nah, makin kepo, kan? Yuk, cari tahu apa itu staycation!

_______________________

Baca juga: Staycation Pake Budget Tipis yang Gak Bakalan ‘Ngegencet’ Kantong

Apa Itu Staycation?

kelebihan staycation
sumber: piaxabay

Dilihat dari bahasanya, staycation menggunakan kata “stay” dan “vacation” yang sama-sama berasal dari bahasa Inggris. Kalau diterjemahkan secara langsung, staycation artinya adalah liburan yang dilakukan dengan menetap di suatu tempat. Buat lebih jelasnya, staycation artinya adalah kegiatan wisata dimana kamu menginap di suatu lokasi dekat dengan rumah. Ini artinya, kamu berlibur dengan menginap di hotel atau penginapan yang berlokasi di kota tempatmu tinggal. Dengan menginap di hotel, villa, atau apartemen di kotamu, itu saja sudah cukup memberikan sensasi yang beda.

Kamu jadi bisa refreshing tanpa harus repot-repot packing dan pesan tiket kereta api atau pesawat. Blibli Friends juga bisa menginap di hotel yang berlokasi dekat banget dengan tempat-tempat wisata. Karena kamu literally liburan di kotamu sendiri, nggak perlu khawatir deh nyasar saat sedang berpetualang. Staycation ini banyak banget dilakukan oleh para penduduk kota yang lagi sumpek dan ingin cari suasana baru yang ternyata bisa didapatkan di kota mereka sendiri.

Staycation Makin Diminati, Ternyata Ini Alasannya

Istilah staycation sebenarnya sudah mulai lahir di tahun 2010. Tapi, istilah staycation berkembang jadi tren baru sejak tahun 2018. Sampai sekarang, tren ini nampaknya bakal semakin meningkat, lho. Apa sih alasannya staycation ini begitu digandrungi generasi masa kini?

  1. Nggak Perlu Menyusun Travel Itinerary, Bisa Tetap Liburan Seru

    sumber: pixabay.com

Menyusun rencana perjalanan atau travel itinerary memang bikin pusing. Nah, dengan staycation kamu nggak perlu lagi deh menyusun travel itinerary. Karena kamu liburan di kotamu sendiri, pastinya sudah hafal dengan tempat-tempat wisata dan kuliner terdekat yang murah meriah. Kamu juga pastinya hafal dengan alat transportasi umum yang ada di kotamu sendiri, kan? Yang kamu perlu lakukan hanya menyediakan budget buat biaya sewa penginapan. Gampang banget, kan?

  1. Biaya Staycation yang Lebih Terjangkau

    sumber: pixabay.com

Selain nggak ribet, staycation juga lebih hemat. Soalnya, kamu cuma perlu mempertimbangkan biaya penginapan saja. Kecuali, kalau kamu berencana buat sekaligus berwisata ke tempat-tempat wisata, maka biaya wisata juga harus kamu masukkan. Kamu, nggak perlu mempertimbangkan biaya transportasi kereta atau pesawat. Blibli Friends juga nggak perlu pusing memikirkan biaya buat belanja oleh-oleh.

  1. Bisa Liburan dalam Waktu Singkat

    sumber: pixabay.com

Nah, buat kamu yang sibuk, staycation saja! Blibli Friends nggak perlu ambil cuti yang terlalu lama. Jadi resiko dicemberutin bos pun bisa dihindari. Staycation bisa dilakukan di saat weekend, kok. Di hari Sabtu, kamu bisa berlibur bareng pasangan dan menginap di hotel di kota. Kalau kamu ingin berjalan-jalan, pilih saja hotel yang terletak dekat dengan fasilitas mall atau tempat wisata di kotamu. Saat liburan panjang tiba juga bisa kamu manfaatkan buat berlibur dalam waktu yang lebih lama.

Rekomendasi Tempat Staycation

Setelah kamu memahami arti dari staycation dan juga keuntungannya, simak rekomendasi penginapan untuk staycation kamu yuk.

  1. The Princess Of Mentigi Bay

The Princess of Mentigi Bay
The Princess of Mentigi Bay

Tempat staycation pertama yang bisa kamu kunjungi adalah The Princess of Mentigi Bay. Penginapan ini berlokasi di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Disuguhkan dengan pamndangan pantai lombok yang cantik, di jamin staycation di sini bakal bikin segala kepenatan dan kejenuhan kamu dengan rutinitas harian hilang. Yuk booking sekarang.

Lokasi:

Harga booking : kisaran Rp1.750.000 / malam

2. Highland Park Resort

The Highland Park Resort Hotel Bogor
The Highland Park Resort Hotel Bogor

Untuk kamu yang pengen liburan dekat bisa banget menjadikan destinasi ini sebagai pilihan. Lokasinya yang di bogor tentu mudah dijangkau, baik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum lainnya. Penginapan ini memiliki view pegunungan langsung yang tentu saja dapat menghilangkan stress.

Lokasi: Jl. Curug Nangka, Sinarwangi Sukajadi, Tamansari Cilobak Bogor

Harga booking: kisaran Rp1.200.000 / malam

3. Ascott Sudirman Jakarta

Ascott Sudirman Jakarta
Ascott Sudirman Jakarta

Kamu pengen staycation di Jakarta? Ascoot Sudirman menjadi pilihan yang tepat untukmu. Hotel ini berada di kawasan karet dengan menyajikan pemandangan perkotaan yang mengagumkan. Pelayanannya pun oke dan kamarnya pun nyaman.

Lokasi : Ciputra World 2 Jalan Prof. Dr. Satrio Kav. 11 Jakarta Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Harga booking: kisaran Rp841.253 / malam

4. Amata Borobudur Resort

Amata Borobudur Resort
Amata Borobudur Resort

Tempat satu ini cocok banget buat kamu yang rindu dengan suasan pedesaan dengan pegunungan dan pepohonan hijau sepanjang mata. Lokasinya yang dekat dengan Candi Borobudur juga menarik banget kan karena kamu ga perlu jalan jauh jika ingin kesana. Penginapan ini juga dilengkapi dengan layanan Spa loh ditambah dengan pemandangan alam, wah, kebayang ga sih nyamannya?

Lokasi: Jl. Mendut Sendangsono Borobudur Mungkid Jawa Tengah

Harga booking: kisaran Rp765.001 / malam

5. Mara River Safari Lodge At Bali Safari & Marine Park

MARA RIVER SAFARI LODGE At Bali Safari Marine Park
MARA RIVER SAFARI LODGE At Bali Safari Marine Park

Penginapan unik satu ini menyajikan pemandangan hutan langsung di depan pintu kamar kamu loh. Lokasinya yang berada di dalam kebun binatang Bali Safari & Marine Park membuat banyak hewan-hewan yang dapat kamu lihat melalui hotel kamar. Hal ini dikarenakan pihak penginapan membiarkan hewan-hewan tersebut berkeliaran di sekitar halaman belakang hotel sehingga pengunjung dapat terhibur. Namun, jangan khawatir karena hewan yang dilepas adalah hewan-hewan yang aman dan tidak akan menyakiti kalian ko. Menarik ya?

Lokasi: Jalan By Pass Prof Ida Bagus Mantra Km 19.8 Gianyar Bali

Harga booking: kisaran Rp1.200.000 / malam

_______________________

Nah, kamu sudah tahu kan apa itu staycation? Yuk, rencanakan staycation kamu bareng dengan Blibli. Kamu bisa dapatkan berbagai pilihan hotel untuk staycation di sini!

Nadine

Hi, my name is Nadine, a fashion stylist who loves makeup too! My routines are reading a bunch of information about fashion, lifestyle, and entertainment. Before that, I have another habit such as jogging, yoga, and sipping a glass full of smoothies every single morning. I like to hang out with my besties after work, enjoying a cup of green tea while discussing everything.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY