me

Mengenal Apa Itu Staycation dan 7 Tips Staycation yang Nyaman Serta Asyik

Oct 05, 2023.By Nadine
Bagikan

traveloka.com
Ini dia penjelasan apa itu staycation dan 7 tips penting untuk melakukannya!

Cicilan 0% KAM

Era modern ini membawa kita ke dalam istilah-istilah yang baru dan mungkin nggak semua orang paham mengenai maknanya seperti halnya penyebutan staycation. Kata ini identik dengan liburan dan healing yang banyak dipakai untuk merepresentasikan menginap sekaligus menikmati pemandangan sekitar. Biar nggak salah kamu perlu cek dulu apa itu staycation secara lengkap.

Baca juga :


Apa Itu Staycation?

prestigeonline.com

Staycation merupakan kata yang terdiri dari dua gabungan stay dan cation. Stay memiliki makna menetap atau tetap kemudian untuk cation berasal dari kata vacation yang artinya adalah liburan. Menurut Cambridge Dictionary makna dari staycation ini adalah liburan yang dilakukan di sebuah rumah atau penginapan dan nggak banyak melakukan perpindahan lokasi berbeda dengan travelling.

Jadi, kamu nggak mengunjungi banyak tempat atau berpetualang melainkan menentukan satu tujuan tempat yang bakalan kamu tinggali dalam waktu lama. Mudahnya istilah staycation ini adalah liburan di suatu tempat dengan menginap dan memanfaatkan pemandangan atau fasilitas di dalam tempat tersebut. Nggak heran kalau liburan ini juga sekaligus untuk wadah istirahat orang capek.

Kebanyakan orang memilih melakukan kegiatan ini di hotel atau puncak villa apalagi saat ini sudah banyak banget tempat yang memang dibangun dan menawarkan fasilitas liburan yang seperti ini. Staycation ini nggak harus dilakukan beramai-ramai bahkan jika kamu pengen melakukannya sendirian juga nggak menjadi masalah.

Tips Staycation Nyaman dan Asyik

Pengen coba staycation namun bingung harus mulai dari mana? Jangan khawatir karena kamu bisa cek tips staycation nyaman dan asyik di bawah ini!

Buat Perencanaan yang Jelas 

blog.besthostels.co.id

Nyatanya ketika mau pergi kamu nggak boleh melakukannya secara impulsif melainkan harus melalui perencanaan yang benar dan jelas. Buatlah agenda perjalanan yang realistis sesuai dengan tanggal berangkat, pulang dan lamanya kamu bakalan berada di tempat tersebut. Cara ini bakalan membuatmu menjadi lebih jelas arah dan jadwal kegiatannya.

Tulis dengan jelas hari tanggal keberangkatan, transportasi yang digunakan, tujuan wisatanya ke mana, berapa hari bakalan menginap di tempat tersebut dan tanggal hari untuk pulang. Jika memungkinkan kamu juga bisa membuat agenda rutin yang bisa kamu lakukan setiap harinya lengkap dengan jam berangkat maupun pulang dari wisata tersebut.

Ajak Teman-Temanmu 

ocubc.com

Liburan sendirian mana seru? Untuk itu penting membicarakan agenda ini bersama dengan teman-teman atau komunitasmu. Kamu bisa menghubungi mereka satu persatu untuk menentukan tanggal dan hari yang pas biar nggak ada yang mendadak nggak bisa. Buat rencana jauh-jauh hari dari keberangkatan biar kamu nantinya nggak repot.

Dengan banyak teman maka agenda dan jadwal yang kalian lakukan bakalan lebih variatif dan nggak membosankan. Selain itu, kamu juga bisa membuat konsep staycation ala kalian untuk menghemat dana pengeluaran nantinya. Seperti halnya untuk memilih penginapan pribadi (rumah teman, villa dan lainnya) sehingga nggak perlu datang ke hotel.

Selanjutnya kalian bisa memanfaatkan fasilitas sekitar tempat tersebut untuk menghabiskan waktu bersama seperti nonton film bareng-bareng, bakar-bakar makanan dan memasak bersama. Tentunya hal ini nggak bakalan kalah seru untuk dilakukan.

Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari 

tripncare.com

Tips ketiga yang nggak kalah penting untuk dilakukan adalah kamu perlu banget memesan tiket jauh-jauh hari dari tanggal keberangkatanmu. Terlebih jika kamu memang harus pergi menggunakan transportasi umum seperti kereta maupun pesawat. Tujuannya adalah biar nggak kehabisan tiket dan menghindari nggak dapat tempat duduk atau harga tiket yang nggak masuk akal.

Dengan memesan tiket jauh-jauh hari kamu bakalan merasa lebih tenang dan lebih banyak alternatif transportasi yang bisa kamu pilih nantinya. Nggak jarang juga ketika memesan jauh-jauh hari ada penawaran paket pulang dan pergi dengan harga yang lebih hemat. Sehingga penekanan biaya pengeluaran untuk liburan bakalan lebih menarik.

Booking Lokasi Staycation 

dailyhotels.id

Jika kamu akhirnya memilih staycation untuk ke hotel atau tempat lainnya maka jangan lupa untuk melakukan riset dan booking jauh-jauh hari dari kedatangan. Alasannya adalah untuk menghindari tempat yang mendadak full atau kurang nyaman karena terlalu ramai pengunjung sehingga kamu nggak bakalan mendapatkan ketenangan ketika menginap.

Bahkan jika kamu memang belum pernah melakukan staycation dan kurang familiar dengan tempat-tempat seperti ini lebih baik memang melakukan riset. Cek ulasan dan review yang diberikan oleh pengunjung yang pernah datang ke sana. Kemudian cek juga rincian harga serta fasilitas yang diberikan untuk para pengunjungnya.

Cara ini bakalan mempermudahmu menemukan list tujuan yang pas sehingga nantinya tinggal memilih satu tujuan yang memang disepakati atau kamu pilih sebelum berangkat. Dengan tahu harga dan fasilitas kamu juga lebih mudah menentukan biaya penginapan dan juga kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di sana nantinya.

Buat Game dan Riset Lingkungan Sekitar 

everydaycheapskate.com

Tips kelima yang bisa kamu lakukan adalah mempersiapkan banyak game atau permainan yang bisa kamu lakukan bersama rombongan saat melakukan staycation tersebut. Jangan lupa untuk cek lokasi dan lingkungan sekitar tempat untuk mendukung acara yang bakalan kamu selenggarakan tersebut contohnya tempat makan, minimarket dan lainnya.

Sehingga kamu nggak perlu banyak membawa barang dari tempat asal karena bakalan ribet dan berat apalagi jika barangnya memang nggak bisa ditinggal dan harus dibawa pulang kembali. Jadi, lebih praktis sebagian beli dari lokasi staycation saja.

Fokus Liburan 

traveloka.com

Ada kalanya ketika sedang liburan masih kepikiran mengenai tanggungan atau pekerjaan kantor. Tentu saja hal ini bakalan membuatmu merasa terbebani dan nggak nyaman bahkan gelisah padahal sedang liburan. Untuk itu cobalah untuk menutup diri dari pekerjaan dan berikan keterangan pada orang kantor atau klientmu bahwa kamu sedang sibuk.

Cara ini bakalan membantumu merasa lebih rileks dan bisa menikmati liburan dengan maksimal nantinya. Hindari mengecek Hp untuk kerja atau laptop kantor biar kamu nggak banyak pikiran mengenai pekerjaan.

Coba Makanan Khas dan Beli Oleh-Oleh 

bcliving.ca

Tips ini berlaku untukmu yang pergi mengunjungi luar kota atau bahkan luar pulau. Tentunya banyak sekali makanan khas yang belum kamu coba jadi cobalah untuk keluar membeli makanan khas daerah tersebut biar kamu nggak bosan. Kemudian meskipun liburan ini bukan wisata travelling namun nggak ada salahnya untuk membeli oleh-oleh.

Kamu bisa membeli makanan yang aman untuk dibawa pulang, kaos, gelang atau merchandise lainnya untuk kenang-kenangan kamu pernah datang ke tempat tersebut. Berbelanja dan membeli makanan juga menjadi cara yang menyenangkan untuk membuatmu lebih rileks.


Baca juga :

Pengen staycation gratis dan seru? Jangan lupa berpartisipasi dalam Program Blibli Dream On. Program ini berlangsung mulai 1 sampai 26 Oktober 2026 untuk kesempatan memenangkan rewardnya. Belanja sekarang juga dan kumpulkan lebih banyak poinnya hadiahnya dapat staycation hotel dan bisa private cruise Trip to Bajo gratis !

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya