me

Apa itu Gula Semut? Cari Tahu Yuk!

Nov 07, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

Image Source : kompasiana.com

Blibli Friends pernah mengonsumsi atau mendengar apa itu gula semut? Tentu saja gula ini bukanlah gula yang terbuat dari semut namun sudah menjadi sebutan umumnya. Gula ini dianggap lebih sehat untuk dikonsumsi namun tetap memberikan rasa manis. Jadi, kamu nggak akan merasa tertekan ketika ingin memilih tipe gula yang lebih enak.

Gula semut sering disebut juga dengan pemanis alami yang rasanya lebih pekat. Penasaran dengan gula semut lebih lanjut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga : 6 Rekomendasi Makanan yang Rendah Gula, Cek Yuk!

Supermarket Online BLM

Apa Itu Gula Semut?

Apa itu Gula Semut
Image Source : tukangreview.com

Sebelum lanjut ke pembahasan yang lebih mendalam kamu perlu tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan gula semut. Gula semut adalah sebuah pemanis alami atau gula alami yang dibuat dari nira pohon kelapa atau pohon aren dan siwalan. Orang-orang lebih familiar dengan sebutan Palm Sugar atau Palm Zuiker.

Banyak yang menyamakannya dengan gula merah padahal jelas saja dari bentuknya sudah berbeda jauh. Gula merah memiliki bentuk lebih ke gumpalan atau sudah dalam bentuk cetakan sesuai bentuk yang digunakan. Sebagai contohnya ketika menggunakan cetakan batok kelapa maka bentuknya juga akan seperti itu.

Sementara untuk gula semut ini berbeda, bentuknya mirip tepung atau serbuk namun lebih pekat. Kemudian untuk warnanya adalah mulai kuning sampai dengan kecoklatan. Penamaan gula semut ini juga memiliki alasan khusus yang perlu diketahui. Bentuk dan teksturnya memang mirip dengan rumah semut yang ada di tanah.

Gula Semut Terbuat dari Apa?

Setelah mengenal pengertian dari gula semut kamu bisa lanjut untuk mengenal bahan dan cara pembuatan dari gula ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya gula semut dibuat dari nira pohon kelapa. Hanya saja untuk proses pembuatannya memang lebih panjang meskipun memang hampir sama dengan pembuatan gula merah atau gula cetak.

Pertama, Blibli Friends harus mengambil terlebih dahulu nira dari pohonnya. Biasanya untuk tugas ini sudah diambil alih oleh petani nira profesional. Perlu dipahami pengambilan air nira ini juga membutuhkan teknik yang tepat untuk hasil lebih maksimal. Selanjutnya proses yang perlu dilakukan sama dengan pembuatan gula merah pada umumnya.

Hanya saja perlu diperhatikan proses panjang yang dimaksud adalah ketika bentuk cair air nira itu bisa dibuat menjadi serbuk layaknya tekstur yang dimiliki oleh gula semut. Hal ini jelas saja membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pembuatan gula merah pada biasanya. Kira-kira dibutuhkan waktu sampai dengan 4 jam untuk bisa membuat gula semut ini.

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan ketika air nira sudah diubah menjadi gula semut dari pada gula merah. Pertama, gula ini menjadi lebih awet dan memudahkan pengemasan serta aroma yang lebih sedap dibandingkan gula merah. Bahkan dari segi harganya juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan gula merah biasa.

Rekomendasi Merk Gula Semut Terbaik

Blibli Friends sedang mencari gula semut yang praktis dan berkualitas? Jangan khawatir lebih mudah menggunakan beberapa produk rekomendasi di bawah ini:

Gula Semut Rasa Jahe 250 Gram

blibli.com

Rekomendasi produk gula semut pertama yang bisa kamu beli adalah Gula Semut Rasa Jahe. Gula semut yang satu ini memang berbeda dari lainnya karena sudah diberikan kandungan jahe di dalamnya. Sehingga nggak cuma manfaat dari gula semut saja yang didapatkan namun kamu juga bisa mendapatkannya dari penambahan jahenya.

Ukuran produk ini juga lumayan banyak yakni sekitar 250 gram sehingga memudahkanmu untuk konsumsi setiap hari. Manfaat yang diberikan cukup beragam mulai dari meningkatkan nafsu makan, mengatasi mual, mengobati batuk, menguatkan kekebalan tubuh dan juga menghangatkan badan menjadi lebih baik.

Produk ini sudah aman dan dibuat 100 persen hanya menggunakan bahan-bahan yang alami saja jadi jangan khawatir untuk mengkonsumsinya. Kamu hanya perlu mencampurnya dengan air panas untuk diseduh sebelum dikonsumsi. Jangan lupa untuk memperhatikan takaran seduh yang tersedia dalam kemasannya.

Kamu membutuhkan budget sekitar Rp28.500 ribuan untuk bisa membelinya.

Gula Semut Aren Berkah Buluh Awar

blibli.com

Rekomendasi produk kedua dari gula semut adalah dari Gula Semut Aren Berkah Buluh Awar. Produk yang satu ini juga nggak kalah kualitasnya dibandingkan sebelumnya. Hanya saja produk ini hanya terbuat dari gula semut saja tanpa adanya tambahan di dalamnya. Kamu bisa menggunakannya untuk kreasi minuman lebih beragam.

Hanya dibuat dari air nira pohon kelapa asli sehingga dari segi rasa dan manfaatnya sudah nggak perlu diragukan lagi. Gula semut memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga aman untuk penderita kolesterol dan gula darah tinggi.

Ukuran dari produk ini memang lebih banyak yakni sekitar 505 gram dalam satu kemasannya. Untuk membeli produknya kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp34.999 ribuan untuk satu produknya.

Gula Semut Aren Palm Sugar 400 Gram

blibli.com

Produk ketiga yang nggak kalah bagus untuk dibeli adalah gula dari Gula Semut Aren Palm Sugar. Untuk produk yang satu ini memiliki ukuran sekitar 400 gram dalam sekali pengemasannya. Terbuat dari air nira pohon kelapa asli tanpa ada penambahan zat lain di dalamnya.

Kemasannya juga sudah menggunakan zip lock sehingga memudahkanmu ketika ingin menyimpannya setelah digunakan. Gula ini memiliki kalori yang cukup rendah dan aman dikonsumsi bagi penderita penyakit beresiko dengan konsumsi gula. Kamu tetap bisa mengkonsumsi manis tanpa perlu khawatir.

Untuk membeli produk ini kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp36.500 saja.

Alif Premium Gula Semut Aren 200gr

blibli.com

Blibli Friends butuh kemasan yang lebih kecil? Nggak masalah karena kamu bisa membeli produk dari Alif Premium Gula Semut Aren. Ukuran dari produknya hanya sekitar 200 gram saja sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi. Apalagi untukmu yang baru pertama kali ingin mencoba rasa dari produknya.

Produk ini nggak menggunakan pengawet apapun dan bahan tambahan lain yang berbahaya dalam produknya. Bisa digunakan untuk campuran banyak jenis minuman seperti susu, teh sampai dengan kopi. Tentunya selain sehat juga memberikan cita rasa lebih enak dibandingkan gula biasa.

Untuk membeli produk ini kamu perlu budget sekitar Rp15 ribuan.

Merbabu Gula Semut 200 g

blibli.com

Rekomendasi produk gula selanjutnya dengan kemasan kecil adalah Merbabu Gula Semut. Produk ini juga memiliki isi sekitar 200 gram saja. Rasanya lebih pekat dengan penggunaan bahan premium dan tanpa penambahan bahan lain yang merusak rasanya. Hal ini membuat gula ini memiliki kandungan glikemik lebih rendah.

Cocok digunakan untuk menggunakan jenis gula lain bahkan mampu memberikan rasa lebih nikmat pada setiap makanan atau minumannya. Kamu yang pertama kali mencobanya pasti langsung suka. Untuk membelinya kamu perlu budget sekitar Rp9.700 saja.


Baca Juga : Cara Membuat Dalgona Candy Ala Squid Game, Praktis!

Blibli Friends sudah menemukan gula semut yang tepat untuk dibeli? Jangan juga lupa untuk selalu membeli produk berkualitas seperti Puravita untuk menunjang kesehatanmu. Lebih mudah lagi belanja hanya di Blibli. Ada banyak promo dan penawaran menarik yang sayang untuk dilewatkan. 

Tag:

Artikel Kategori Terkait

Artikel Tag Terkait

Artikel Penulis Terkait

Lihat Artikel Lainnya