me

Apa Itu CHSE dan Mengapa Perlu Diperhatikan Saat Memilih Penginapan?

Sep 20, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

pexels.com

Apa itu CHSE – Bagi kamu yang ingin liburan, jangan lupa untuk memperhatikan sertifikasi CHSE dari hotel tempat kamu akan menginap. Apa itu CHSE? Singkatnya, CHSE adalah protokal kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Jadi sebelum kamu booking hotel, pastikan ada keterangan CHSE pada akun hotel yang hendak dipesan. Supaya lebih jelasnya, berikut ini adalah protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Kemenparekraf sebelum memberikan seritfikasi CHSE.

Baca juga: Tempat Wisata di Padang, Hotel, & Tiket yang Dibutuhkan

__________________________________________

Pengertian CHSE

apa itu chse
pexels.com

CHSE sendiri merupakan singkatan dari Cleanliness atau kebersihan, Health atau kesehatan, Safety atau keamanan, dan Environment Sustainability atau kelestarian lingkungan. Empat poin ini memiliki kriteria masing-masing yang harus dipenuhi pihak penginapan, baik itu hotel, apartemen, maupun hostel.

Dengan adanya ketetapan ini, pengunjung hotel atau para wisatawan bisa menikmati liburan dengan lebih aman tanpa khawatir akan penularan penyakit, khususnya di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang. Adanya jaminan ini juga bisa mengaktifkan kembali industri pariwisata Indonesia.

Berikut adalah kriteria dari CHSE yang ditetapkan oleh Kemenparekraf. Semua kriteria ini pada akhirnya juga untuk mendukung pengunjung dalam melaksanakan protokol kesehatan. Informasi ini diharapkan bisa menjadikan kamu lebih tenang saat mempersiapkan perjalanan, terutama sebagai referensi saat hendak booking hotel.

Cleanliness

Kebersihan atau cleanliness ini meliputi tersedianya fasilitas untuk memudahkan pengunjung mencuci tangannya. Selain itu, audit juga dilakukan untuk memastikan bahwa tempat penginapan bebas dari kuman, bakteri, dan virus. Berikut adalah poin-poin penting dalam kriteria ini.

  1. Ketersedian sabun untuk mencuci tangan dan tempat mencucui tangan yang memadai.
  2. Pembersihan ruang publik dengan disinfektan atau cairan pembersih lain yang aman untuk pengunjung.
  3. Bebas dari vektor hewan pembawa penyakit
  4. Tersedia kelengkapan toilet yang bersih.
  5. Adanya tempat sampah di beberapa titik area penginapan yang bersih dan memadai.

 Jadi, jika kamu booking hotel dengan sertifikasi CHSE ini, dipastikan kamu bisa menemukan fasilitas mencuci tangan di area umum. Selain itu, fasilitas kebersihan lainnya juga mudah ditemukan ketika berada di hotel atau penginapan.

Health

Kriteria kesehatan atau Health ini mencakup ketertiban penyelenggara hotel dan penginapan untuk menjaga kesehatan publik dan pengunjung. Adapun cara yang dilakukan adalah dengan selalu mengecek suhu tubuh sebelum pengunjung memasuki area penginapan. Selain itu juga memastikan agar pengunjung selalu menggunakan masker saat berada di area umum. Lebih lengkapnya, berikut poin-poin yang menjadi pertimbangan kriteria ini.

  1. Menghindari terjadinya kontak fisik dengan pengaturan jarak aman dan mencegah kerumunan.
  2. Tidak menyentuh wajah, mata, hidung dan mulut selama dalam area hotel atau penginapan.
  3. Adanya pemeriksaan suhu tubuh.
  4. Tersedianya APD jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
  5. Penerapan etika batuk dan bersin yang benar, serta memastikan peralatan makan yang bersih dan higenis.
  6. Adanya peralatan dan perlengkapan kesehatan sederhana, seperti kotak P3K.
  7. Sirkulasi udara yang baik di ruang publik, ruang kerja, serta kamar.
  8. Penanganan jika pengunjung mengalami gangguan kesehatan saat beraktivitas di area hotel.

Pastikan kamu familiar dengan protokol kesehatan sebelum booking hotel, terutama saat berada di ruang publik. Hal ini untuk menjaga keselamatan dan kesehatan bersama.

Safety

Kriteria selanjutnya yang tidak kalah penting adalah keamanan atau Safety. Hotel atau penginapan dengan CHSE memiliki prosedur penyelamatan jika sewaktu-waktu ada kondisi darurat. Hal ini artinya para pegawai dan staf sudah dilatih bagaimana cara menghadapi kondisi darurat.

  1. Prosedur penyelamatan diri saat bencana.
  2. Ketersediaan kotak P3K.
  3. Adanya alat pemadam kebakaran.
  4. Ada titik kumpul dan jalur evaluasi.
  5. Mematikan alat komunikasi sebelum meninggalkan ruangan.
  6. Adanya media dan mekanisme penanganan kondisi darurat.

Kriteria yang satu ini penting, apalagi Indonesia merupakan area rawan gempa seperti yang terjadi di Bali beberapa tahun lalu. Selain kesigapan pihak hotel, kamu sebagai pengunjung juga harus mempelajari prosedur ini. Jadi, saat kamu booking hotel dengan sertifikasi CHSE, bisa dipastikan kamu akan mendapatkan informasi mengenai bagaimana menghadapi situasi darurat.

Environment Sustainability

Kriteria yang terakhir adalah Environment Sustainability atau kelestarian lingkungan. Hal ini tidak hanya berlaku bagi penginapan yang berada di area asri atau persawahan. Hotel dan penginapan di area kota juga memiliki tanggungjawab untuk menjaga lingkungan. Adapun beberapa poin yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

  1. Penggunaan perlengkapan dari bahan-bahan ramah lingkungan.
  2. Sistem pemanfaatan air dan energi yang efisien untuk menjaga ekosistem.
  3. Adanya sistem pengolahan sampah dan limbah cair secara tuntas, sehat, dan ramah lingkungan agar tidak membahayakan warga dan habitat sekitar.
  4. Membuat kondisi lingkungan yang asri dan nyaman, baik itu dengan cara alami atau rekayasa teknis.
  5. Adanya pemantauan dan evaluasi untuk pelaksanaan SOP kebersihan, kesehatan, serta kelestarian lingkungan.

Dengan adanya poin ini, bukankah kita akan jadi lebih tenang saat booking hotel? Hal ini karena kita mengetahui bahwa hotel tempat kita menginap tidak merusak lingkungan sekitar.

_______________________________________________

Baca juga: Tips Memilih Hotel Aman di Masa Pandemi

Semua kriteria tersebut selain diaudit sebagai syarat mendapatkan sertifikasi CHSE, juga akan dipantau secara berkelanjutan. Dengan demikian, kualitas industri pariwisata Indonesia akan makin meningkat. Hal ini juga akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat akan industri pariwisata Indonesia. Dengan adanya penjelasan ini, diharapkan kamu tidak bingung lagi tentang apa itu CHSE dan manfaatnya. 

Bagi kamu sebagai pengunjung juga harus menjaga protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah. Seperti, menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin, menjaga jarak, serta menjaga etika ketika batuk dan bersin. Kamu bisa menemukan beragam hotel atau tempat penginapan bersertifikat CHSE di Blibli. Namun, kalau kamu merasa tidak sehat, sebaiknya tunda rencana liburan sampai kesehatanmu pulih kembali.

RENCANAKAN PERJALANAN DAN TEMUKAN HOTEL BERSERTIFIKASI CHSE DI SINI