Sudah Tahu Belum, Apa Itu Black Friday?

Source by pinterest.com

Memasuki bulan November, kata Black Friday jadi sering terdengar. Buat kamu yang nggak familiar dengan nama itu, pasti langsung membayangkan judul film horor atau hal-hal berbau horor lainnya. Nggak seperti itu ya, Blibli Friends. Malah, arti istilah ini justru jauh banget dari hal-hal bernuansa misteri. Yang jelas, Black Friday adalah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat modern.

BACA JUGA: Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Berburu Midnight Sale

__________________________

Apa Itu Black Friday?

Black Friday adalah fenomena belanja besar-besaran yang umumnya ada di negara Amerika Serikat dan Eropa. Di hari Jumat itu, toko-toko buka pintunya lebar-lebar dan menawarkan diskon yang gila abis. Jalanan  pun dipenuhi dengan orang-orang yang berdesakan dan berebut barang-barang diskon yang ditawarkan.

Setiap tahun, perayaan ini jatuh di hari Jumat beberapa hari menjelang perayaan Thanksgiving. Buat tahun ini, dirayakan pada tanggal 27 November 2020. Negara-negara Barat dan Eropa merayakan hari belanja gila-gilaan ini untuk mempersiapkan diri menyambut perayaan Thanksgiving.

Walaupun awalnya dirayakan oleh orang dari negara tertentu saja, lambat-laun fenomena yang satu ini juga jadi salah satu tradisi modern di Indonesia, lho. Terutama, di kota-kota besar, seperti kota Jakarta misalnya. Sama seperti toko-toko di luar negeri, pusat perbelanjaan di Indonesia juga mempersiapkan diskon besar-besaran buat memeriahkan perayaan ini.

Nggak cuma itu, bahkan toko online seperti Blibli juga ikut menawarkan promo Black Friday Sale. Promo ini cocok banget deh buat kamu yang mager dan nggak hobi banget berdesak-desakan dengan ribuan orang.

How to Get the Best Black Friday Apple Deals Now - Macworld UK
Photo via Pinterest.com

Sejarah Black Friday

Nah, Blibli Friends sudah tahu arti dari perayaan Black Friday. Tapi, tahu nggak sejarah dari perayaan hari belanja internasional ini? Nah, fakta menarik yang harus kamu tahu adalah, ternyata perayaan yang satu ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Hanya saja, festival belanja ini memang nggak sepopuler sekarang.

Soalnya, saat itu belum ada teknologi digital sebagai media penyebar informasi. Di tahun 1950-an itu, para pemilik toko retail di Philadelphia menawarkan diskon besar-besaran buat menarik pembeli. As expected, toko-toko itu pun dibanjiri oleh para pengunjung.

Bahkan, pengunjung toko itu sampai tumpah ruah di jalanan. Nah, istilah “Black Friday” ini ternyata berasal dari pernyataan polisi Philadelphia yang menggambarkan fenomena kemacetan yang terjadi gara-gara para manusia yang berbelanja di toko-toko tersebut. Para polisi jadi semakin dibikin pusing kepala saat mengatur lalu lintas yang ruwet.

Di sisi lain, istilah Black Friday juga bisa merujuk pada istilah ekonomi yang menunjukkan angka keuntungan yang sangat besar. Bagi pelaku ekonomi, tinta hitam berarti menunjukkan masuknya pemasukan atau keuntungan. Sebaliknya, tinta merah identik dengan angka kerugian. Nah, di hari Jumat itu, para penjual berharap agar barang dagangannya laris manis. Jadi, nggak heran dong kalau mereka menyebut hari Jumat itu dengan istilah ini.

__________________________

BACA JUGA: Cap Cip Cus Saatnya Belanja Produk Best Seller Fashion di Blibli

Ingin ikut perayaan Black Friday? Boleh-boleh saja, sih! Tapi, kamu bakal lebih aman dan nyaman kalau belanja di toko online Blibli. Blibli menawarkan promo produk gila-gilaan, lho. Salah satu nya adalah kategori kamera. Kategori yang satu ini menawarkan harga gila-gilaan. Selama periode 27 – 29 November 2020, kamu bisa dapatkan penawaran promo Black Friday Kamera 2020 di Blibli. Kalau kamu nggak kebagian di tahun ini, jangan putus asa! Promo ini akan selalu digelar setiap tahunnya di Blibli pada hari Jumat. Jadi, stay tune saja, ya!

DAPATKAN FASHION TERBARU DI BLIBLI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY