Antigagal Bikin Martabak di Rumah, Ini Resepnya!

Via Tastemade for Blibli.com

Siapa sih yang nggak suka martabak? Rasanya, martabak menjadi salah satu jajanan favorit semua orang. Rasa gurih dan legit adonannya membuat siapapun yang memakannya akan ketagihan. Apalagi variasi martabak yang dijual juga cukup banyak, mulai dari martabak klasik dengan isi keju, cokelat, dan kacang, hingga rasa yang memenuhi selera kekinian seperti red velvet, green tea dan lainnya.

Nah, jika biasanya kamu selalu membeli martabak, kenapa nggak sekali-kali mencoba bikin di rumah? ternyata, bahan-bahannya mudah ditemukan dan cara membuatnya juga terbilang gampang. Penasaran seperti apa? Yuk, simak resep dan cara membuat martabak dengan bahan yang terjangkau dan resep mudah berikut ini.

Untuk membuat martabak manis, alat yang dibutuhkan:

– 1 wajan teflon dengan tutup atau cetakan martabak mini

– 1 buah mangkuk besar

– 1 buah mangkuk kecil

– Whisker atau pengaduk adonan

– Talenan

– Pisau

– Wadah untuk menyajikan martabak

REKOMENDASI ADONAN PANCAKE PRAKTIS UNTUK BIKIN MARTABAK

Bahan adonan martabak manis:

null
Photo by Pixabay

– 1 box pancake mix

Bahan untuk butter cream:

null
Photo by Pixabay

Foto- Pixabay

– 250 mentega tawar

– 70 gr gula pasir putih

– 50 ml susu kental manis

– 1 sdt esens vanila untuk menambah rasa

Bahan untuk topping:

null
Photo by Unsplash

– Kacang sangrai cincang

– Meises coklat

– Keju parut

– Susu kental manis

– Topping lainnya sesuai selera

REKOMENDASI LENGKAP BAHAN-BAHAN UNTUK MEMBUAT MARTABAK

1. Buat adonan pancake instan sesuai petunjuk pada kemasan. Masak pancake menggunakan wajan datar, kemudian simpan pancake yang sudah matang.

2. Siapkan butter cream. Campur mentega tawar, gula halus, susu kental manis, dan esens vanili. Kocok dengan mixer hingga menyatu sempurna dan mengembang. Kemudian masukkan ke dalam plastik semprot berbentuk segitiga.

Plating:

1. Siapkan wadah, letakkan pancake pertama di atas piring

2. Lapisi adonan pancake dengan butter cream secara merata, lalu taburkan kacang tanah sangrai dan tutup kembali dengan pancake.

3. Tambahkan lapisan butter cream di atas pancake kedua, dan taburi meises coklat. Tutup lagi dengan pancake.

4. Tambahkan lagi butter cream di atas pancake dan taburi dengan keju. Lalu tutup dengan lapisan terakhir pancake.

5. Untuk mempermanis tampilan martabak ini, kamu bisa menambahkan topping susu, atau apapun sesuai selera.

6. Jika sudah, simpan martabak dalam kulkas selama 30 menit

7. Martabak siap disajikan.

Untuk lengkapnya, simak cara bikinnya di video berikut yuk!

Menu praktis di atas merupakan modifikasi martabak yang bisa dibuat secara lebih praktis dengan menggunakan adonan pancake. Bahkan penyajian dan toping bisa kamu kreasikan sesuai selera. Dalam membuat martabak, kreativitas sangat diandalkan. Jangan cuma terpaku degan resep yang tertera, karena kamu bisa menciptakan resep lainnya seperti variasi toping dengan rasa asin juga untuk menambah sensasi rasa lainnya.

Jangan khawatir jika kamu nggak punya banyak waktu untuk berbelanja bahan-bahan yang diperlukan. Di Blibli.com, seluruh bahan memasak yang kamu perlukan sudah tersedia lengkap. Mulai dari peralatan memasak, hingga bahan memasak seperti terigu, susu, minyak, butter, semua bahan yang kamu perlukan untuk membuat kue tersedia di sini. Hmm.. Praktis kan?!

Ngga perlu khawatir soal barang yang akan lama sampainya karena berbelanja di Blibli.com biaya antarnya gratis dan proses pembayaran aman! Jadi, tunggu apa lagi, cek selengkapnya di sini.

Ruth

Happy mommy of twin, living in Jakarta and working for a digital media company. That's why I like to do some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at a cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY