Anti Kulit Kering! Intip Cara Rawat Kulit Saat Pandemi Ini Yuk!

Ladies, kulit kering ternyata jadi salah satu masalah yang muncul pada kulit saat bekerja atau belajar dari rumah di masa pandemi ini lho. Salah satu penyebabnya adalah banyak di antara kita yang skip skinare routine alias perawatan wajah karena ngerasa gak perlu. Banyak yang mikir kalau kulit akan aman karena kita gak bepergian. Hmm, bener gak tuh?

Padahal, perawatan kulit harus tetap dilakukan walau kamu bekerja atau belajar di rumah aja. Kulit yang kering berpotensi menimbulkan banyak masalah kulit lain, mulai dari iritasi hingga rentan terhadap penyakit. Kenapa? Soalnya kulit kering biasanya membuat lapisan kulit pecah dan mengelupas sehingga bisa bikin berbagai kuman, bakteri, dan virus menyelinap masuk.

Selain itu, penggunaan masker baik surgical maupun masker kain saat kamu terpaksa harus bepergian juga jadi salah satu penyebab kulit kering. Suka ngerasa gak bagian pipi atau hidung yang terkena masker suka terasa gatal? Nah, apapun yang terjadi, usahakan jangan digaruk ya, ladies, apalagi kalau kamu sedang berada di luar rumah dan belum cuci tangan.

Jadi, gimana ya cara rawat kulit saat pandemi ini agar kulit selalu sehat? Satu hal yang harus kamu pahami adalah momentum #DiRumahAja kali ini adalah saat yang tepat untuk merawat kulit karena kamu tidak harus selalu mengenakan make up tiap hari. Jadi, nikmati prosesnya, ikuti langkah merawat kulit rekomendasi Blog Blibli Friends berikut ini!

  • Cleansing – cuci muka secara rutin

Photo Via Frezyderm

Cuci muka adalah cara merawat muka paling sederhana dan mendasar yang harus kamu lakukan. Walau di rumah aja, kulit muka kamu juga tetap terkena udara dan kotoran yang harus dibersihkan. Cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam hari untuk menghindari pori-pori yang tersumbat, kulit kusam, hingga jerawat.

Pilih produk pencuci muka yang paling cocok dengan kulitmu. Ada beberapa panduan yang bisa kamu ikuti lewat tabel di bawah ini.

Jenis Kulit Tipe Cleanser Cara Kerja
Oily atau acne-prone Foaming liquid Sabun cuci muka yang menjadi busa saat dicampur air membantu menghilangkan kotoran dan sebum dari pori-pori.
Kering, kemerahan Cream atau lotion Jenis pembersih ini biasanya diformulasikan dengan gliserin atau shea butter yang mampu menghapus kotoran sekaligus menghidrasi.
Sensitif Oil Pembersih muka dengan dasar minyak mampu menyerap minyak di wajah. Seperti argan oil yang punya sifat non-comedogenic, ringan, dan melembapkan.
Semua jenis kulit Micellar water Pembersih ini cocok untuk semua jenis kulit sebagai pembersih langkah satu karena punya formula yang ringan dan tidak umumnya tidak menyebabkan kulit kering.

 

  • Toning – menyeimbangkan kulit wajah

Photo via Instagram @avoskinbeauty

Toner punya peran sebagai suplemen yang memberikan tambahan nutrisi pada kulit yang membuat produk perawatan lainnya bisa terserap dengan baik atau dengan kata lain, menyeimbangkan kulit wajah.

Gunakan toner setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan produk skin care lainnya. Oh iya, ada sejumlah ahli yang menyebutkan kalau pengaplikasian toner menggunakan tangan jadi cara paling efektif, lho!

Berikut adalah beberapa kandungan andalan yang biasanya ada pada toner:

  • Alpha dan beta hydroxy acids untuk membersihkan sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori, menyembuhkan kulit yang terkena paparan sinar matahari, dan mencerahkan kulit kusam.
  • Hyaluronic acid untuk menghidrasi, mengunci kulit dalam tekstur yang kenyal dan berkilau untuk merawat tanda penuaan.
  • Air mawar dan green tea, untuk meredakan iritasi dan mengurangi kemerahan pada wajah.
  • Vitamin E dan C untuk melawan radikal bebas yang bisa memunculkan tanda penuaan dini.

PILIHAN TONER WAJAH, HARGA MULAI DARI RP20 RIBUAN DI BLIBLI.COM

  • Serum – sahabat kulit untuk menutrisi kulit

Photo via Instagram @forskinsake

Serum adalah pilihan perawatan kulit yang belakangan populer karena bisa punya kandungan bahan aktif yang lebih padat dan terkonsentrasi. Kamu bisa memilih serum sesuai dengan kebutuhan dari bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Berikut panduannya:

  • Hyaluronic acid untuk mengunci kadar air dan mengencangkan perlindungan agar kulit selalu terhidrasi dengan baik.
  • Vitamin C untuk mencerahkan wajah dan mengurangi flek hitam dengan penggunaan rutin.
  • Retinol, vitamin B3, dan peptides untuk menstimulasi produksi kolagen dan elastin untuk melawan tanda penuaan dini.
  • Colloidal sulfur, niacinamide untuk meredakan kemerahan dan iritasi serta melawan jerawat karena punya kandungan antimicrobial.

BELI PILIHAN SERUM WAJAH YANG DIKIRIM LANGSUNG DARI BLIBLI, KAMU SIH CUKUP #DIRUMAHAJA

  • Moisturizing – menghindrasi dan melembutkan kulit

Photo via scmp.com

Moisturizing jadi satu hal yang paling gak boleh ditinggalkan karena produk inilah yang mampu menghidrasi dan melembutkan kulit, wajib diaplikasikan setiap hari untuk smua jenis kulit.

Memilih moisturizer juga ternyata harus disesuaikan dengan jenis kulit lho, Friends. Berikut cara sederhana memilih pelembap sesuai dengan jenis kulit.

Jenis Kulit Tipe Moisturizer Cara Kerja
Oily  Pelembap berbentuk gel Water based sehingga ringan dan mampu diserap kulit dengan cepat.
Normal atau kombinasi Lotion Lebih melembapkan dibanding gel dan sama-sama bisa diserap dengan baik oleh kulit.
Kering Krim Oil based dan punya tekstur yang lebih berat daripada lotion
Sensitif Balm Walau bentuknya hampir sama seperti krim, tipe moisturizer ini punya tekstur yang lebih berat lagi sehingga cocok untuk kulit yang sangat kering. 

 

BELI RANGKAIAN SKIN CARE KOREA YANG HITS BIAR GAK KALAH SAMA AKTRIS DRAKOR DI BLIBLI.COM

  • Protect – gunakan sunscreen!

Photo via Instagram @id.biore

Penggunaan sunscreeen alias tabir surya ternyata bisa membantu mengurangi tanda penuaan dini seperti fine lines dan wrinkles. Selain itu, sunscreen juga sudah terbukti mencegah kanker kulit. Selama pandemi, kamu bisa menggunakan moisturizer yang sudah mengandung SPF 30 karena tidak harus melakukan banyak aktivitas di luar.

Itu dia panduan cara merawat kulit yang bisa kamu lakukan selama pandemi. Kalau rutin dilakukan, semoga nantinya tidak ada penyesalan saat sudah bisa beraktivitas di luar lagi karena punya kulit yang glowing!

Kalau kamu lagi cari rangkaian skin care, bisa intip promo Ngabuburit Ideas: Beauty & Self Care Activities yang ada di Blibli.com. Temuin semua yang kamu perlukan mulai dari sabun mandi, pelembap wajah, serum, sampai sunscreen yang 100% original, bisa dicicil 0%, dan gratis ongkir pastinya!

KLIK DI SINI UNTUK BELANJA SKIN CARE DI PROMO NGABUBURIT IDEAS BLIBLI.COM, GRATIS ONGKIR!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY