me

Rekomendasi Anime Sedih Dijamin Bikin Nangis

Oct 21, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

ipehalena.com

Anime Sedih – Meski identik dengan film yang jalan ceritanya lucu, romantis, hingga aksi, tapi anime juga punya genre yang sedih, lho. Nggak jarang, film anime juga bikin penontonnya ikutan nangis karena jalan ceritanya yang begitu menyentuh. Penasaran apa saja anime sedih yang populer? Yuk, cek 12 rekomendasi anime sedih di bawah ini.

_____________________________________________________

  1. Your Lie in April 

Ini adalah salah satu anime sedih terbaik yang bertemakan cinta dan persahabatan. Kalau kamu suka cerita yang ada hubungannya musik, wajib nonton, nih. You Lie in April bercerita tentang pemuda bernama Arima Kousei yang suka main piano tapi kemudian jadi trauma karena kematian sang ibu.

Ia akhirnya bertemu dengan seorang gadis bernama Miyazono Kaori, yang jago bermain biola. Kaori pun perlahan berusaha mengajak Kousei kembali bermusik. Hubungan antara Kousei dan Kaori sangat indah dan membuat penontonnya ikut terbawa.

  1. The Flower We Saw That Day

Judul asli anime yang satu ini sangat panjang, karena itu disingkat jadi Anohana saja. Anime ini berkisah tentang persahabatan antara 6 orang teman masa kecil. Hubungan mereka harus terpisah karena kematian salah satu sahabatnya yaitu Menma. Setelah itu, kelimanya mulai menyalahkan diri sendiri.

Suatu hari, salah satu dari kelima sahabat ini didatangi oleh roh Menma. Dari sinilah mereka akhirnya mulai kembali ke masa lalu. Nggak bisa dihindari, tragedi di masa lalu pun jadi terangkat kembali. Berbagai kesedihan pun mulai terungkap satu-persatu.

  1. A Silent Voice

Anime yang satu ini penting banget ditonton oleh remaja. Saat sekolah, kadang dengan atau tanpa sadar kita bisa membully teman lain. Atau justru kita termasuk korban yang dibully? Masa-masa remaja memang bisa dipenuhi hal seperti ini, ya. Inilah yang diangkat di film berdurasi 2 jam 10 menit ini.

Berkisah tentang Shouko Nishimiya, seorang gadis tuli yang baru pindah sekolah dasar. Temannya, Shouya Ishida, suka membully Shouko hingga akhirnya Shouko pindah sekolah. Karena itu, Shouya pun balik dibully oleh teman-temannya. Kisah menyedihkan terjadi ketika Shouya bersusah-payah berusaha minta maaf pada Shouko.

  1. Clannad: After Story

Para penggemar anime banyak yang berpendapat kalau ini adalah film anime paling sedih yang pernah mereka tonton. Berkisah tentang seorang anak SMA berandalan bernama Tomoya. Di sekolah ia bertemu dengan Nagisa yang akhirnya menjadi pacarnya. Nagisa ternyata sakit dan harus tertunda kelulusannya.

Di sisi lain, Tomoya justru berhasil lulus SMA. Dia mulai bekerja sambil menunggu Nagisa lulus, baru kemudian menikahinya. Setelah menikah, barulah drama kehidupan yang penuh lika-liku terjadi. Siap-siap mewek deh pokoknya kalau nonton anime ini.

  1. Erased

Anime sedih yang kelima bercerita tentang Satoru Fujinuma. Di usia ke-29 tahun, ia baru menyadari kemampuannya untuk kembali ke masa lalu. Tapi butuh waktu untuk mengendalikan kemampuan ini. Ia pun ingin memanfaatkan kemampuannya untuk membantu orang.

Suatu hari ia kembali ke tahun 1988 saat ia masih kecil. Ia harus terjebak di tengah kasus pembunuhan. Di sinilah cerita sesungguhnya dimulai. Siap-siap diombang-ambing emosi pas nonton Erased. Karena kita bakal seolah merasakan jadi Fujinuma.

  1. Spirited Away

Film berdurasi 2 jam 5 menit ini bercerita tentang Chihiro Ogino. Ia adalah gadis kecil berusia 10 tahun yang baru pindah rumah dengan orang tuanya. Mereka bertiga menemukan terowongan yang di ujungnya ada padang rumput dan stall seperti ada bazar. Tapi anehnya, nggak ada orang sama sekali.

Tiba-tiba orang tuanya berubah menjadi 2 ekor babi. Ogino pun sadar ia sedang berada di dunia arwah. Ia berusaha mencari cara untuk mengembalikan kedua orang tuanya. Sepanjang cerita Spirited Away memang nggak sedih, tapi di akhir justru kita akan menemukan kesedihan.

  1. 5 Centimeters Per Second

Anime ini berkisah tentang dua sahabat bernama Tono Takaki dan Shinohara Akari yang berteman sejak kecil. Sayangnya mereka harus terpisah karena jarak. Meski begitu, keduanya tetap berhubungan dengan cara bertukar pesan. Mereka berusaha tetap saling ingat dan janji bertemu lagi.

Buat kamu yang pernah kehilangan sahabat dekat karena jarak, pasti bakal merasakan kesedihan cerita 5 Centimeters Per Second. Meski sudah berusaha bertemu lagi setidaknya satu kali, tapi nyatanya ini sangat sulit diwujudkan.

  1. Seraph of The End: Vampire Reign

Dirilis tahun 2015, serial anime ini berjumlah 12 episode. Berkisah tentang dua tokoh bernama Yuu dan Mikaela yang kehidupannya sebagai manusia dirampas olah para vampir. Mereka pun berusaha memenangkan pertempuran dengan umat vampir.

Karena kehilangan orang terdekat mereka satu-persatu, maka membuat anime ini jadi semakin sedih. Berhasilkah Yuu dan Mikaela menang melawan vampir dan melanjutkan hidup mereka? Saksikan anime supernatural produksi Wit Studio ini untuk dapat jawabannya.

  1. The Wolf Children Ame and Yuki

Film tentang kisah cinta atau persahabatan antara manusia dengan makhluk lainnya biasanya selalu bikin penonton mewek. Begitu juga dengan film produksi Studio Chizu yang rilis di tahun 2012 ini. Film ini berkisah tentang Hana, gadis berusia 19 tahun yang jatuh cinta dengan manusia serigala.

Karena keduanya saling mencintai, akhirnya mereka pun menikah. Bahkan mereka punya dua anak yang dinamai Ame dan Yuki. Lalu apakah kehidupan mereka bisa berjalan mulus dan selalu bahagia meski berbeda spesies?

  1. Hotarubi No. Mori e

Film bergenre supernatural ini dirilis tahun 2011 oleh studio Brain’s Base. bercerita tentang Hotaru Takegawa, anak berumur 6 tahun yang sedang bermain di sekitar rumah pamannya dan tersesat di dalam hutan. Di sana ia bertemu dengan roh hutan bernama Gin dan malah berteman.

  1. Angel Beats!

Anime yang punya 13 episode ini berkisah tentang remaja biasa. Tapi ia pergi ke sekolah yang nggak biasa! Sekolahnya menjadi tempat berkumpulnya jiwa orang-orang yang sudah meninggal. Murid di sekolah itu mau tak mau harus dirasuki oleh roh dan merasakan sakit yang luar biasa.

  1. Mahou Shoujo

Serial anime yang rilis tahun 2011 ini berjumlah 12 episode. Kisahnya tentang Madoka Kaname yang bermimpi bertemu gadis cantik. Di mimpi itu juga ada makhluk halus yang sedang dalam masalah. Sadar ini hanya mimpi, Kaname pun tak ambil pusing.

Tapi di pagi harinya Kaname malah bertemu dengan Homura Akemi. Anehnya, Akemi berwajah sangat mirip dengan gadis cantik yang ada di mimpinya tadi malam. Apakah ini kebetulan? Atau pertanda akan sesuatu? Super seru, anime bergenre thriller ini juga tragis.


Baca juga: Macam-Macam Titan Shifter di Attack on Titan Beserta Kekuatannya

Udah siap terkuras emosi lewat 12 anime sedih di atas? Nah, saatnya kamu langganan Netflix karena di aplikasi ini kamu bisa menemukan beragam anime, loh.

Jadikan akun Netflix milikmu premium lewat Blibli. Di sini kamu bisa pilih paket Netflix yang pas di kantong, dijamin bukan abal-abal, yuk cek pilihannya sekarang juga.

DAPATKAN NETFLIX PREMIUM DENGAN MUDAH HANYA DI SINI!