6 Aneka Nasi Nusantara yang Sangat Populer

Aneka Nasi Nusantara

Aneka Nasi Nusantara — Sudah bukan rahasia lagi jika nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Bahkan, belum bisa dikatakan makan apabila makanan yang Blibli Friends konsumsi nggak dilengkapi dengan nasi. Selain mengenyangkan, kandungan karbohidrat di dalam nasi menjadi sumber energi untuk kamu bisa beraktivitas sepanjang hari.

Pentingnya keberadaan nasi membuat Indonesia kaya akan aneka nasi nusantara. Beberapa daerah bahkan memiliki nasi khasnya masing-masing yang memiliki cita rasa berbeda. Berikut beberapa kuliner nasi khas nusantara yang populer dan wajib kamu cicipi.

BACA JUGA: Mencoba Makanan Unik Khas Nusantara

______________________________________

1. Nasi Goreng

Nggak cuma populer di Indonesia saja, makanan yang satu ini juga menjadi salah satu kuliner khas Nusantara yang disukai oleh wisatawan mancanegara. Konsep yang diusung oleh nasi goreng terbilang sangat sederhana, di mana nasi akan digoreng langsung bersamaan dengan bumbu. Meski sederhana, Indonesia memiliki varian nasi goreng yang beragam, ada nasi goreng jawa, nasi goreng mawut, nasi goreng asin, nasi goreng pete, dan masih banyak lagi. Blibli Friends paling suka olahan nasi goreng yang mana?

2. Nasi Kuning

Sesuai dengan namanya, nasi khas Nusantara ini hadir dengan warna kuning. Perubahan warna tersebut dikarenakan adanya tambahan rempah, yakni kunyit. Tak hanya populer di satu daerah saja, nasi kuning sangat populer di berbagai daerah. Hanya saja, lauk yang disandingkan pada nasi kuning berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Bagi kamu yang bosan dengan nasi putih, pastikan kamu mencicipi nasi khas Nusantara satu ini!

3. Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng menjadi salah satu cara penyajian nasi kuning yang sangat populer. Di mana pembuat nasi tumpeng akan merubah bentuk nasinya menjadi kerucut seperti gunung. Barulah di sekeliling nasi berbentuk kerucut tersebut ada aneka lauk tambahan, mulai dari telur, ayam, urap, dan lain sebagainya. Nasi tumpeng kerap dijadikan sebagai sajian untuk melengkapi sebuah perayaan atau syukuran.

4. Nasi Padang

Berbicara nasi khas Nusantara nggak akan lengkap jika tak menyebut nasi padang. Kuliner satu ini juga menjadi makanan Indonesia yang sangat populer di dunia. Lauk yang ada di nasi Padang umumnya akan terbuat dari makanan bersantan, seperti rendang, gulai, dan lain sebagainya. Bagi penikmat makanan bercita rasa pedas, dipastikan kamu akan suka dengan makanan khas satu ini.

5. Nasi Uduk

Bagi kamu pecinta nasi gurih, tentu sudah nggak asing lagi dengan nasi uduk. Kuliner khas Betawi ini begitu populer di Indonesia. Bahkan, kamu nggak hanya bisa menemukan nasi uduk di kawasan Jakarta saja. Berbeda dengan nasi pada umumnya, nasi uduk dibuat dengan campuran bumbu serta santan. Campuran itulah yang membuatnya memiliki cita rasa lebih gurih dengan aroma yang menggugah selera.

6. Nasi Liwet

Tahukah kamu jika nasi liwet ini disebut-sebut sebagai salah satu kuliner khas nusantara tertua? Resep pertama nasi liwet sudah ada pada tahun 1819. Jika diperhatikan, cita rasa dan pengolahan nasi liwet nggak jauh berbeda dengan nasi uduk. Hanya saja, nasi liwet umumnya diletakan di lembaran daun pisang bersamaan dengan seluruh lauk pendampingnya. Sensasi makan di lembaran daun pisang ini membuat banyak orang suka menikmati nasi liwet.

______________________________________

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Sehat untuk Jantung, Lezat dan Murah

Itu di 6 aneka hidangan nasi nusantara. Di antara kelima nasi khas Nusantara di atas, mana yang jadi favorit kamu? Apa pun pilihanmu, semua nasi khas di atas bisa kamu buat sendiri di rumah tanpa repot, lho. Kok bisa? Tentu bisa karena Blibli akan mengadakan Festival Nasi Online terbesar dan pertama di Indonesia bersama Tirta Lie.

Kamu bisa nikmati beragam 66 jenis nasi khas nusantara, halal dan non halal dari seller-seller pilihan yang sudah terjamin kualitasnya. Selain itu, akan ada promo menarik juga, lho. Penasaran? Jangan lewatkan Festival Nasi Online pertama dan terbesar di Indonesia bersama Tirta Lie di Blibli, ya.

KLIK DI SINI UNTUK COBAIN ANEKA HIDANGAN NASI DI FESTIVAL NASI ONLINE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY