Anak-anak sekarang banyak yang akrab dengan gadget. Beberapa di antaranya bahkan terlihat kecanduan gadget, apalagi saat akhir pekan. Di rumah, di dalam mobil, bahkan saat makan di mal pun gadget seperti tak lepas dari tangannya. Repotnya lagi bila gadget Moms minta, terkadang anak menangis, bahkan berteriak histeris. Repot.

Sebenarnya ada beberapa cara agar anak Moms tidak terus menerus memegang gadget. Apa saja caranya? Cek langsung beberapa tips yang bisa langsung dipraktikkan di bawah ini ya:

1. Membatasi penggunaan gadget mulai dari diri sendiri

anak tak bisa lepas dari gadget 1

via affordablehomealarms.org

Orangtua adalah contoh sempurna bagi anaknya. Bila orangtua betah dengan gadget di tangannya, sangat mungkin anak mencontoh perilaku Moms. Bila di rumah, biasakan bermain dan ngobrol bareng anak. Tinggalkan gadget saat berkumpul bersama anak dan hanya gunakan gadget saat anak sudah tidur. Kalau pun sangat terpaksa harus memakai gadget, coba gunakan saat tidak berada di hadapan si kecil.

2. Ajak ia untuk bermain di luar ruang

anak tak bisa lepas dari gadget 2

via northstateparent.com

Beraktivitas luar ruang bisa membuat anak melupakan gadget. Banyak pilihan permainan luar ruang seperti bermain ayunan dan perosotan di taman. Kegiatan-kegiatan seru tersebut akan membuat si kecil melupakan game di gadget. Bila Moms masih memiliki pekarangan, Moms juga bisa memasang permainan luar ruang seperti ini di rumah. Moms tinggal pilih jenis mainan apa yang cocok dan aman untuk si kecil, bayar, maka barang pun akan segera dikirim ke rumah tanpa ongkos kirim.


BACA JUGA Mengajarkan Disiplin Pada Anak dengan Diecast


3. Berikan olahraga yang seru di akhir pekan

group of happy teenage kids in the pool

via slashparty.ae

Akhir pekan biasanya menjadi waktu anak memagang gadget. Wajar, karena dia tidak pergi ke sekolah. Agar anak tidak terlalu banyak memegang gadget, Moms bisa mengajaknya berolahraga. Salah satu olahraga yang umumnya disukai anak-anak adalah berenang. Berenang berjam-jam pun tak akan membuat anak bosan. Bila tak sempat pergi ke kolam renang, Moms bisa mengajaknya bermain di kolam renang portable seperti ini. Hanya butuh lahan tak terlalu luas, tapi Moms sudah bisa memberikan hiburan menyenangkan untuk si kecil.

4. Ajak si kecil bersosialisasi dengan teman sebaya
anak tak bisa lepas dari gadget 4

via babble.com

Bermain dengan nyaman bersama teman sebaya juga bisa mengalihkan perhatian anak dari gadget. Misalnya saja ajak anak berkunjung ke rumah temannya atau ajak teman-teman si kecil bermain ke rumah. Sediakan permainan yang bisa dimainkan bersama seperti lego atau monopoli. Agar makin asyik, Moms juga bisa membelikannya permainan camping sehingga ia bebas main rumah-rumahan dengan teman sebayanya.

5. Berikan reward sesuai dengan kesenangannya

anak tak bisa lepas dari gadget 5

via huffingtonpost.com

Sesekali Moms bisa memberikan reward ke anak bila tidak memegang gadget dalam waktu tertentu, misalnya setengah hari atau sehari penuh. Moms bisa membelikan bakso kesukaan anak atau es krim kegemarannya. Cara ini bisa membuatnya menahan diri agar tidak bermain gadget dalam waktu tertentu.

Semoga dengan beberapa cara tadi, anak bisa mulai terlepas dari gadget-nya ya Moms. Selamat beraktivitas bersama si kecil.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

1 COMMENT

LEAVE A REPLY