Si kecil suka melihat Moms dandan? Apalagi kalau perempuan. Pasti seru melihat Moms memoleskan bedak, memerahkan bibir. Ia lalu akan bertanya-tanya, apa yang dilakukan Momsnya? Tak jarang anak laki-laki pun begitu. Bukan melulu karena ingin ikut dandan. Tapi ia sebenarnya sedang berusaha memahami dunia yang baru dilihatnya.

Tapi memang sering kali—khususnya anak perempuan—jadi penasaran. Lalu coba-coba tanpa sepengetahuan Anda. Mereka ingin merasakan dunia asing yang beberapa kali dilihatnya. Jangan heran jika tiba-tiba wajahnya memutih akibat bedak dan bibir si kecil celemongan oleh lipstick yang memang belum dipahami cara pakainya.

Di sisi lain, saat datang ke pesta, kadang Moms melihat anak-anak kecil yang sudah didandani dengan gaya dewasa. Tampak lucu, menarik, tapi tak jarang malah terkesan kurang sesuai dengan umurnya. Tak salah sih, atau bisa jadi itu memang keinginan si kecil yang pengen tampil seperti Moms-nya. Pernah punya pengalaman serupa? Nah, bila menemui si kecil sudah mulai suka mainan lipstick atau tertarik dengan baju-baju ala orang dewasa, coba Moms lakukan beberapa hal ini ya…

1. Berikan kekebasan, tapi tetap diarahkan

Cara Mengajari Anak Dandan_2

via weheartit.com

Si kecil biasanya punya rasa ketertarikan sendiri. Dan biasanya masih mudah bosan. Jadi kalau ia mulai senang dengan baju ala dewasa, coba beri ruang padanya untuk berkreasi. Sesekali berikan padanya beberapa foto anak kecil dengan tampilan dewasa sebagai referensi. Jadi, ia tetap bisa bebas bergaya, namun tidak terjebak pada style sangat dewasa yang bisa jadi kurang cocok pada usianya.

2. Berikan pemahaman, bukan paksaan

Cara Mengajari Anak Dandan_3

via photo.elsoar.com

Masih berhubungan dengan kemauan si kecil. Ia bisa jadi akan tetap memilih gaya dewasa seperti Anda. Tak perlu memarahinya. Biarkan ia menjelajahi perasaan sebagai si dewasa. Misalnya dengan memakai sepatu high heels Anda. Atau biarkan wajahnya celemongan dengan lipstick. Lalu jika terlihat aneh, coba ajak si kecil mengaca di cermin. Biarkan ia melihat dirinya yang berantakan di cermin, lalu berikan gambaran model referensi ala anak yang sesuai dirinya. Dengan pilihan sesuai usianya, ia akan mulai memahami, bahwa memang belum saatnya ia tampil seperti Anda.


BACA JUGA Ayo Moms, Redakan Stress Anak dengan Menggambar


3. Pahami dunianya, belajarlah bersama-sama

Cara Mengajari Anak Dandan_4

via understood.org

Setelah si kecil paham, Moms juga harus memahami kondisinya. Duduk atau jongkok sejajar pada matanya di depan cermin bersama-sama. Tatap ia dan ajak bicara. Lalu berinteraksilah dengannya untuk berdandan bersama. Ini adalah metode untuk membuatnya merasa nyaman karena ia merasa sejajar dengan Anda. Anak bisa belajar dandan dengan arahan Anda, dan sebaliknya Moms pun bisa merasakan apa keinginan anak dari sudut pandang ketika melihatnya di cermin.

4. Berikan kenyamanan, dan tetap pertahankan warna keceriaan

Cara Mengajari Anak Dandan_5

via serenachew.wordpress.com

Saat sudah mulai paham batasan dandan yang pas untuk anak, Moms bisa memilih bersama-sama mana baju yang diinginkannya. Moms bisa memilihnya bersama di Blibli.com. Banyak diskon menarik dan barang pun diantar bebas ongkos kirim ke rumah. Banyak desain yang pasti nyaman dikenakan anak bila bertransaksi di Blibli.com. Cari juga warna-warni ceria khas anak-anak. Sebab dengan baju nyaman dan warna yang ceria, dunianya akan tetap penuh kegembiraan layaknya anak kecil.

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY