Satu hari mungkin Moms pernah mengalami kejadian ditagih penjual jajanan yang biasa lewat di depan rumah. Padahal Moms tidak membeli apa pun. Usut punya usut, ternyata si kecil meminta jajanan kepadanya, padahal dia tidak membawa uang. Mau tak mau harus dibayar kalau sudah begini, meskipun Moms mungkin sedikit jengkel.

Anak-anak dan jajanan memang dua hal yang sulit dipisahkan. Sebenarnya, Moms tetap bisa mengajarkan dan membiasakan agar si kecil tidak jajan terlalu banyak. Bukan sekadar masalah uang yang dikeluarkan, tapi juga masalah kesehatan si kecil. Moms tidak tahu apakah jajanan yang dia beli higienis atau tidak. Pertimbangan ini yang perlu diperhatikan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar si kecil bisa membatasi diri membeli jajanan:

  1. Sediakan stok makanan kecil di rumahroti

Via cf.iheartnaptime.net

Si kecil menghadang penjual jajanan di depan rumah terkadang disebabkan tidak ada makanan kecil di rumah sama sekali. Untuk menghindarinya, Moms bisa menyimpan stok makanan kecil di rumah. Keuntungan dari stok makanan kecil di rumah adalah Moms bisa menyediakan makanan yang lebih sehat seperti agar-agar, susu kotak, atau buah yang sudah diolah sesuai kesukaan si kecil.

  1. Tidak membiarkan perutnya kosongtidak membiarkan perutnya kosong

Via healthambition.com

Keinginan di kecil untuk jajan juga bisa disebabkan dia kurang kenyang saat makan. Meskipun Moms sudah menyiapkan makanan sehat di rumah, mungkin si kecil tak selalu berselera makan. Agar si kecil makannya banyak sehingga mengurangi keinginannya jajan, Moms bisa memberikan multivitamin. Multivitamin ini bisa memiliki manfaat ganda yaitu menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan nafsu makan. Pilih multivitamin dengan kualitas produk terjamin di Blibli.com.


BACA JUGAΒ Cara Mudah Bikin Si Kecil Tidak Jajan Sembarangan


  1. Ajarkan tata cara jajan yang baikajarkan tata jajan yg baik

Via katalogbunda.com

Moms juga perlu mengajarkan tata cara jajan yang baik kepada anak. Katakan kepadanya bahwa dirinya tidak boleh minta jajan kepada penjual jajanan jika tidak membawa uang. Anda juga bisa mengatakan kepada penjual jajanan agar tidak memberikan apa pun kepada si kecil bila tidak membawa uang. Cara ini cukup efektif untuk mengontrol kemauan jajan si kecil.

  1. Memberikan contoh yang baik kepada anakberikan contoh baik

Via allisonoswald.com

Moms adalah contoh terbaik bagi anak. Bila Moms tidak suka jajan, kemungkinan besar si kecil juga akan mencontoh. Sebagai gantinya, Moms bisa mengajak si kecil menyiapkan makanan kecil yang enak buatan sendiri di rumah. Misalnya ajak si kecil membuat puding atau kue di rumah. Setelah membantu, ajak si kecil untuk menikmati makanan tersebut. Waktu untuk membuat kue bisa mengalihkan perhatian si kecil pada jajanan.

  1. Boleh jajan, asal…jajan

Ada kalanya Moms dan Dads keluar rumah untuk berbelanja atau jalan-jalan. Pada saat seperti ini, biasanya si kecil memiliki kesempatan untuk meminta jajan dan juga merengek. Untuk menghadapi kondisi seperti ini, katakan kepadanya bahwa dia hanya boleh mengambil 1-2 jenis jajanan. Biasakan juga memberikan tugas terlebih dahulu sebelum ia meminta jajan. Misalnya dengan memintanya membawakan barang atau keranjang belanjaan. Dengan begitu ia akan belajar untuk mendapat jajanan yang disuka tak bisa sembarangan.

Dengan beberapa cara tadi, semoga si kecil bisa mengurangi hobi jajannya ya Moms. Jadi, Moms juga bisa mengontrol kualitas makanannya agar si kecil tetap sehat.

Ruth

Ruth

Happy mommy of twin 3yo, living in Jakarta and working for digital media company.

That's why I like to doing some research and asking for some opinion to my friends via social media, messenger apps, or even small gathering at cafe.

I’m living in a daily activity filled with innovative books about parenting and interior that come bundled with extra hot chocolate marshmallow and home-made cake.
Ruth

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY