Aman Menempuh Perjalanan Mudik Pakai Sepeda Motor

mudik naik motor

Mudik selalu jadi event yang dinantikan banyak orang. Momen kali inilah yang selalu dijadikan waktu yang tepat untuk berkumpul dengan sanak keluarga di kampung halaman. Berbagai moda transportasi pun digunakan oleh banyak orang untuk mudik, termasuk sepeda motor yang setiap tahun selalu jadi favorit.

Biarpun semuanya punya risiko yang berbeda-beda, mudik naik motor tetap punya tantangan tersendiri. Buat kamu yang memilih moda transportai ini, ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mudik tetap aman dan nyaman. Sebisa mungkin, kamu tidak melanggar peraturan dalam berkendara sepeda motor ya, Friends. Salah-salah, nyawa kamu bisa jadi taruhannya.

Lalu, apa saja yang harus kamu persiapkan untuk mudik naik sepeda motor? Yuk, simak beberapa tips di bawah ini supaya lebih nyaman di perjalanan.

1. Gunakan Sepeda Motor yang Baik

Ternyata, masih banyak, loh, orang yang jarang membawa sepeda motornya ke bengkel. Mereka berpikir, motornya masih enak untuk dikendarai. Sayangnya, hal itu sama sekali tidak dibenarkan apalagi kalau kamu mau menggunakannya untuk perjalanan jauh. Motor jenis apa pun dan penggunaan dalam bentuk apa pun wajib dibawa ke bengkel maksimal dua bulan sekali.

Ada dua hal besar yang harus dipehatikan. Pertama, kualitas oli yang harus terjaga untuk perjalanan jauh. Kedua, kamu juga harus menjaga kualitas ban. Tidak masalah untuk mengeluarkan uang lebih banyak untuk mengganti ban tubelessatau ban dengan kualitas tinggi. Dengan begitu, kamu bisa lebih aman dari ban licin saat berkendara di jalanan basah atau berpasir.

OLI MOTOR MATIK DAN MANUAL ADA SEMUA DI SINI

2. Ingat, Motor Hanya untuk Dua Penumpang!

Biarpun pihak kepolisian sudah sering memberikan pemberitahuan tentang masalah ini, tetap saja ada orang-orang yang dengan konsisten melanggarnya. Sepeda motor hanya boleh digunakan oleh dua orang; satu pengendara dan satu pembonceng. Menambah jumlah penumpang malah membahayakan, Friends. Kalau memang harus mudik bertiga atau lebih, pakai saja kereta api atau pesawat terbang.

Bukan hanya jumlah orangnya, kamu juga harus memperhatikan barang bawaan, loh. Hal-hal kecil ini yang sering disalahpahami oleh pengendara motor saat mudik. Jika hanya sendiri, kamu boleh membawa barang dengan ukuran sedang di bangku penumpang, seperti tas atau koper kecil yang diikat dengan rapi. Namun, sebaiknya tidak melakukannya saat berkendara berdua.

Membawa banyak banyak bisa buat keseimbangan di atas motor terganggu. Tidak jarang, kecelakaan disebabkan oleh masalah ini. Buat yang mau bawa banyak barang, coba deh pasang boxpenyimpan di belakang motor. Bisa juga gunakan jasa ekspedisi pengiriman yang praktis dan mudah.

LANGSUNG PASANG BOX MOTOR BIAR BISA BAWA BANYAK BARANG

3. Lengkapi Aksesori Pengendara dan Pembonceng

Sebagai pengendara motor, kamu sudah harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Setidaknya, itu jadi syarat utamanya selain surat-surat lengkap dari motor yang kamu kendarain. Baru setelah itu, lengkapi aksesori yang harus kamu pakai selama di perjalanan. Aksesori-aksesori penting ini yang akhirnya menjaga kamu tetap aman.

Pertama, baik pengendara maupun pembonceng, harus menggunakan helm SNI. Disarankan untuk menggunakan helm full face yang untuk melindungi wajah dari debu saat berkendara di antara bus dan truk. Namun, tidak ada salahnya juga menggunakan versi half face yang lebih praktis digunakan.

Tidak lupa untuk pakai jaket terbaik untuk menjaga tubuh dari hembusan angin kencang selama di perjalanan. Sediakan juga jas hujan, ya! Eit, pilih jas hujan setelah dengan bahan yang tebal, ya. Jangan lupa juga untuk lindungi barang bawaan kamu dengan pelindung hujan, ya.

ANTIBASAH DI PERJALANAN MUDIK DENGAN JAS HUJAN INI

4. Tidak Berkendara Lebih dari Dua Jam

Artinya, kamu harus melipir dan beristirahat setelah menempuh perjalanan jauh. Di sinilah kamu perlu tahu rute yang diambil dalam perjalanan, baik pergi maupun pulang. Kamu pun bisa memprediksi waktu tempuh dari satu titik ke titik lainnya. Jangan lupa untuk selalu mengisi perut selama beristirahat dan selalu cukup minum.

Sebaiknya, pilih rest area yang memang disediakan oleh pemudik. Tempat-tempat seperti itu biasanya menyediakan fasilitas yang bermanfaat untuk para pemudik. Biasanya disediakan kursi pijat untuk merenggangkan otot yang kaku. Tidak jarang pula ada tempat kamu bisa memejamkan mata sejenak guna menjaga kondisi tubuh.

PAKAI HELM FULL FACE AGAR SELALU AMAN BERKENDARA

5. Pakai Asuransi

Mari kita bicara fakta. Naik sepeda motor punya risiko yang lebih besar selama di perjalanan. Sedikit kesalahan, bisa membawa kamu pada peristiwa buruk ke depannya. Maka dari itu, selalu lindungi diri dengan asuransi apalagi jika memang ingin mudik dengan menggunakan sepeda motor. Pilih asuransi terbaik yang kasih kamu banyak keuntungan.

Adira Insurance bisa kasih kamu asuransi mudik motor yang lengkap. Pastinya, kamu akan terlindungi dengan layanan pengobatan medis, evakuasi, repatriasi, dan penyediaan mobil ambulance saat terkena risiko kecelakaan. Ada juga jaminan kerusakan total atau kehilangan motor selama di perjalanan mudik. Kehilangan barang bawaan dan dokumen pribadi akibat kecelakaan pun dilindungi oleh pihak asuransi.

Hebatnya lagi, rumah kamu pun akan terlindungi dari risiko kebakaran dan kebongkaran selama pergi mudik. Untuk periode mudik 2019, ada promo Paket Mudik Motor dari Adira Insurance. Harga polisnya pun cukup terjangkau, mulai dari Rp33 ribu.

YUK PAKAI ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR DARI ADIRA INSURANCE!

Sudah semuanya dilakukan belom? Yuk, segera penuhi tips di atas supaya mudik kamu lebih aman dengan sepeda motor. Pastinya, kamu mau mudik tahun ini tetap nyaman dan bisa berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman.

Rio

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY