Kamu sering kerja sampai subuh? Atau mengerjakan tugas kuliah sampai nggak tidur? Biasanya, kalau sudah bergadang begini, kopi lah yang menjadi andalanmu melewati kerasnya malam..

Memang kopi mempunyai efek yang dahsyat untuk menangkal rasa ngantuk. Mungkin kamu belum tahu (atau sudah tahu, tapi cuek) kalau kebanyakan kopi bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Nggak cuma jantung dan lambung, tapi kopi berpengaruh terhadap kuatnya daya tahan tubuh, karena kafein pada kopi menyerap vitamin dan mineral pada tubuh.

Jadi, gimana dong caranya kalau memang harus banget bergadang? Tenang, masih ada banyak cara kok agar kamu bisa bergadang lebih sehat dan tanpa kopi. Yuk, simak 5 tips berikut.

1. Saatnya kembali pada rutinitas tidur siang

Tidur Siang

Via Molly

Jawaban paling gampang dan natural untuk menangkal rasa ngantuk adalah tidur. Kalau kamu kebagian kerja shift malam atau ada firasat harus bergadang, kamu bisa memanfaatkan waktu siangmu untuk tidur.

Waktu tidur siang yang ideal untuk meningkatkan kesegaran adalah 20-35 menit. Kelamaan tidur siang akan membuat gelombang otak semakin tenang karena kamu menuju ke fase deep sleep. Kalau kamu terlalu lama tidur siang, kamu akan merasa semakin ngantuk dan lelah ketika kamu bangun.

2. Renggangkan otot, biar nggak mudah lelah

Renggangkan Otot

Eits, jangan salah, olahraga yang dimaksud nggak harus olahraga berat seperti angkat beban atau futsal kok. Kamu cukup meluangkan waktu selama 5 -10 menit selama bergadang untuk merenggangkan otot leher, pinggang, dan bahu.

Sama seperti kopi, olahraga ringan yang sederhana bisa membuat kamu lebih segar. Namun, pastinya olahraga nggak memiliki efek samping seperti kopi. Silakan di coba!

Kalau nggak ngopi, minum apa dong kalau mulut kering? Jawabannya sederhana, tinggal mengonsumsi 1 atom oksigen dan 2 atom hidrogen!

3. Di malam hari, otakmu paling membutuhkan suplai air!

Air PUtih

Via Puredailybliss.co

Tubuh memerlukan asupan oksigen yang didapatkan dari air. Jika kekurangan, beberapa bagian otak akan mengerut untuk menyesuaikan dengan kadar air yang ada pada tubuh kamu. Jika kamu tetap paksakan untuk bekerja, maka kamu akan mendapatkan sakit kepala.

Biasanya, ketika sakit kepala yang ingin kamu lakukan adalah tidur. Nah, kalau tidur akibat sakit kepala biasanya nggak nyaman dan membuat mu semakin lelah. Jadi, untuk menghindari hal ini lebih baik kamu minum air yang banyak.

Nggak hanya itu saja, banyak minum air juga membuat kamu sering buang air kecil. Manfaatkan momen ini untuk melakukan olahraga ringan, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui kan?


BACA JUGA Tidur Cukup Tapi Masih Aja Ngantuk di Siang Hari? Ini Penyebabnya!


4. Alihkan pikiranmu dari kerjaan sejenak

Alihkan pikiran dari kerjaan

Via HiverHQ.com

Ketika rasa ngantuk sudah mulai menyerang, kamu pasti akan malas banget untuk melakukan semuanya. Mau tidur saja, tapi ga tega meninggalkan tugas. Akhirnya kamu stuck dalam dilema antara mau tidur atau lanjut bekerja. Kapan selesainya, kalau begitu?

Walaupun terdengar merepotkan, coba kamu beralih ke aktivitas lain sekejap. Menonton TV, bermain game sederhana, atau buka sosial media sebentar untuk nge-pause dari kerjaan kamu.

Kamu bisa coba untuk pindah ruang kerja, dari kamar ke ruang tamu, atau bahkan ke cafe 24 jam terdekat. Hal tersebut dikarenakan, otakmu sama dengan kamu yang mudah bosan dan mager di malam hari. Untuk mencegah itu, kamu harus menciptakan ilusi โ€˜suasana baruโ€™ agar otak segar kembali.

5. Pijat? Kenapa nggak?

Pijat

 

Via Howcast.com

Memijat nggak selalu membuat kamu semakin ngantuk. Kalau kamu memijat beberapa bagian tubuh kamu dengan benar, dijamin kamu akan merasa lebih segar.

Pijat yang dimaksud adalah pijat acupressure, yaitu memberikan tekanan lembut pada bagian-bagian tubuh tertentu. Beberapa bagian yang bisa kamu coba adalah belakang leher, ubun-ubun, bagian antara jari telunjuk dan jempol, telapak kaki, dan otot disekitar mata.

Luangkan waktu kamu selama 10-15 menit untuk melakukan hal ini. Kalau kamu malas memijat diri kamu sendiri, kamu bisa coba menggunakan alat pijat mata yang tersedia di Blibli.com! Pakai sejenak, dan silakan bisa bergadang kembali dengan sehat!

Rio

Rio

Digital agencyโ€™s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love to running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.
Rio

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY