me

All Nippon Airways, Kenyamanan Mewah di Kelas Bisnis

Jan 09, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

skytraxratings.com

Berdiri sejak 27 Desember 1952, All Nippon Airways merupakan salah satu maskapai bintang 5 yang menawarkan layanan super memuaskan. Tahun 2022, Skytrax menobatkan maskapai ini berada di peringkat 4 di jajaran maskapai terbaik di dunia. Jadi soal kualitas, jelas nggak bisa diragukan lagi. 

Kantor pusatnya ada di Shiodome City Center, sedangkan pusat di bandara ada di Haneda dan Narita, Tokyo. Saat ini All Nippon Airways mengoperasikan 4 tipe kelas, yaitu Economy Class, Premium Economy Class, Business Class dan First Class. Maskapai ini bisa jadi pilihan untuk Blibli Friends yang ingin terbang nyaman dalam waktu lama. 

 Baca juga: Syarat Naik Pesawat Terbaru Lengkap


Review All Nippon Airways

samchui.com

Menduduki peringkat keempat di daftar Skytrax tahun 2022, jelas sudah jadi gambaran besar betapa premiumnya layanan All Nippon Airways. Penumpang di kelas ekonomi pun mengaku puas banget dengan servisnya. Tapi untuk perjalanan jarak jauh dan bagi penumpang yang mengutamakan kenyamanan, selama ada budget, nggak ada salahnya sesekali mencoba terbang di kelas bisnis. 

Saat ini, All Nippon Airways memiliki 213 armada dengan 104 destinasi. Armada yang digunakan saat ini merupakan paduan Airbus dan Boeing. Beberapa armada terbaiknya mencakup Airbus A380s, Boeing 777-300ER, dan Boeing 777-200ER. All Nippon Airways merupakan konsumen pertama Boeing 787 Dreamliner yang bodinya lebih lebar. 

Untuk pemasaran, All Nippon Airways nggak ragu untuk masuk ke sektor lainnya, termasuk hiburan. Maskapai ini tercatat pernah jadi sponsor beberapa film Jepang dan bahkan serial TV. Untuk film di antaranya ada Happy Flight dan Good Luck!!, sedangkan untuk drama yang paling populer ada Miss Pilot. Beberapa armada ANA bahkan pernah didekorasi dengan tema Pokémon. 

Pendekatan inilah yang membuat All Nippon Airways terasa lebih dekat dengan konsumen dan membuatnya terpilih menjadi andalan penumpang dalam negeri untuk liburan atau urusan bisnis. Saat ini, jaringan internasional All Nippon Airways memang lebih fokus ke destinasi bisnis. Tapi ke depannya diperkirakan bakal memperluas jaringan pariwisata juga. 

Fasilitas All Nippon Airways

ana.co.jp

Kali ini kita akan membahas kelas bisnis di All Nippon Airways. Bagi penumpang yang berangkat dari Tokyo, bisa pilih bandara Haneda yang lebih dekat dengan pusat kota, atau dari bandara Narita. Dua bandara ini menyediakan layanan yang sama-sama baik untuk penumpang All Nippon Airways. Penumpang kelas bisnis tentu akan melewati area check in premium dan akses cepat. 

Di lounge All Nippon Airways yang ada di Tokyo, penumpang bakal menemukan bar mi milik maskapai yang populer banget. Penumpang bisa memesan ramen dan jenis mi lainnya, baru pesanannya dibuat langsung setelah dipesan. Jadi terasa fresh banget! Satu menu lagi yang nggak kalah populer adalah kari daging tradisional. 

Selain itu, tersedia juga buffet, di mana penumpang bisa menyantap sushi, salad, hidangan dingin maupun panas, sandwich, dan beragam pilihan makanan penutup. Menariknya lagi, untuk minumannya penumpang bisa menikmati beragam anggur, bir, koktail dari mesin otomatis. Jadi sifatnya self service. Bisa pilih sendiri jenis minuman menurut selera. 

Bagi yang ingin sampai di tempat tujuan dalam keadaan lebih segar, bisa juga mengunjungi shower yang nyaman untuk mandi. Atau ingin beristirahat, ada ruang khusus untuk tidur. Bagi yang ingin bekerja, bisa menunggu di cubicle yang privat banget. Pastinya ada Wi-Fi yang koneksinya cepat juga, dong. Lounge maskapai ini juga ada di Honolulu dan Osaka Kansai.

Interior All Nippon Airways

ana.co.jp

Begitu masuk ke kelas bisnis All Nippon Airways, kita akan melihat warna abu-abu yang mendominasi, membuat tampilannya secara keseluruhan terlihat modern banget dan elegan. Kelas bisnis bisa kita temukan di armada Boeing 787 Dreamliner, Boeing 777s dan Airbus A380s. Semua armada kelas bisnis menawarkan tempat duduk yang bisa dijadikan tempat tidur, dengan konfigurasi 1-2-1. 

Desain tiap tempat duduk berbeda-beda. Untuk 2 kursi di tengah misalnya, ada yang lebih cocok untuk solo traveller, karena jaraknya lebih besar. Ada juga yang desainnya lebih dekat. Sedangkan untuk kursi yang ada di pinggir, ada yang mejanya lebih kecil dan ada yang lebih besar. Sebelum booking tiket, sebaiknya cek dulu konfigurasinya supaya bisa dapat kursi yang paling sesuai dengan selera penumpang. 

Hebatnya lagi, saat ini kelas bisnis di All Nippon Airways juga menawarkan jenis tempat duduk baru yang dinamakan The Room. Ruang ini terlihat lebih bergaya dengan bantal bergaya Jepang yang membuat ruang jadi lebih luas. Sesuai namanya, tersedia pintu geser di sini. Di maskapai lain, biasanya kursi semacam ini hanya ditawarkan di First Class saja. The Room hanya tersedia di armada Boeing 777-300ER.  

Setiap kelas bisnis di All Nippon Airways menawarkan meja berukuran besar, area penyimpanan untuk botol air minum dan barang berukuran kecil. Meja untuk makan berbeda lagi dan bisa dilipat di pegangan tangan. Selain itu, ada stop kontak dan port USB untuk mengisi daya gadget bawaan penumpang. Kontrol elektronik kursi pada umumnya ada di samping. 

Pelayanan Kru Kabin All Nippon Airways

ana.co.jp

Di All Nippon Airways, penumpang akan menikmati layanan yang ramah dari tiap kru kabin. Pelayanannya juga nggak berlebihan, karena kru kabin tahu kapan mereka harus mendekati penumpang dan kapan mereka harus memberi ruang. Misalnya, setelah makanan telah disajikan, kru kabin nggak bakal terlalu sering berjalan melewati kabin. Jadi nggak bakal terlalu mengganggu. 

Kru kabin paham bahwa kebanyakan penumpang kelas bisnis lebih menginginkan suasana yang tenang dan privat selama penerbangan, supaya lebih nyaman dan ada cukup waktu untuk istirahat. Semua kru kabin berbahasa Jepang dan bahasa Inggris dasar. Jadi untuk permintaan dasar, pasti nggak bakal ada masalah menyampaikannya. 

Kalau butuh bantuan kru kabin saat mereka lagi nggak terlihat di kabin? Gampang saja, ada tombol pemanggil yang merupakan satu ciri khas kebanggaan All Nippon Airways. Begitu tombol dipencet, kru kabin akan segera menghampiri kursi penumpang. Mereka akan melayani dan membantu penumpang apa pun masalah yang dihadapi. 

Makanan & Minuman All Nippon Airways

All Nippon Airways
businesstraveller.com

Servis makanan dan minuman di All Nippon Airways benar-benar memuaskan dan disajikan dengan begitu ramah. Tapi detail tradisional Jepang bisa kita lihat dengan mudah, karena semua hidangan disajikan dengan standar Jepang yang luar biasa presisi. Penumpang bisa memilih set menu Jepang atau Western. Semuanya dibuat oleh chef connoisseur, atau ahli dalam rasa dan seni. 

Ini dia beberapa hal menarik dari servis makanan di kelas bisnis yang perlu Blibli Friends tahu:

  • Penumpang nggak diperbolehkan mencampur set menu, jadi kalau pilih Western maka semuanya disajikan dengan gaya Western. Misalnya, penumpang nggak bisa meminta makanan pembuka ala Western, lalu makanan penutupnya ala Jepang. 
  • Tapi tersedia menu makanan ringan yang bisa ditukar untuk pilihan menu utama. Misalnya untuk makanan penutup lebih memilih ditukar dengan menu makanan ringan tertentu, ini masih diperbolehkan. 
  • Fitur unik dari menu All Nippon Airways adalah tertulis keterangan hitungan kalori di tiap menu. Detail ini penting banget bagi penumpang yang memperhatikan dietnya, baik untuk alasan estetik maupun kesehatan. 
  • Saat waktu makan, meja makan akan ditutupi dengan taplak besar. Baru kemudian diatur perangkat makannya dan sekaligus sup sebagai hidangan pembuka. Disajikan dengan 3 jenis roti, mentega, minyak zaitun, dula dan merica. 
  • Untuk yang order menu Western, tetap diperbolehkan mengganti roti dan pelengkapnya dengan nasi panas, acar tradisional Jepang, dan sup miso yang Jepang banget. 
  • Penyajian nggak menggunakan kereta dorong di antara lorong kabin, jadi servisnya memang membutuhkan waktu lebih lama tapi lebih elegan. Proses ini bisa cukup menghambat bagi sebagian penumpang, tapi sebagian lagi menyukainya karena mempertahankan gaya tradisional yang presisi.
  • Selain makanan Jepang, pada umumnya tersedia pilihan hidangan daging, makanan laut, dan pasta. 
  • Makanan penutup akan segera menyusul setelah makanan utama. Pilihannya ada cake, buah, keju atau puding. 
  • Presentasi makanan sangat luar biasa. 
  • Selain makanan utama, tentu ditawarkan juga camilan ringan seperti buah dan makanan yang manis-manis. Penumpang bisa juga memesannya dari menu. Makanan ringan ini termasuk salad, pasta, sandwich, ramen, kari, bahkan hidangan nasi berukuran kecil, sampai es krim. Menu ini bisa dipesan kapan pun setelah servis makan. 
  • Sekitar 2 atau 3 jam sebelum pesawat mendarat (dalam penerbangan yang waktu tempuhnya panjang), makanan akan disajikan kembali. Menunya disesuaikan dengan waktu, entah itu menu sarapan, makan siang atau makan malam.
  • Penumpang bisa memesan makanan khusus sebelum hari keberangkatan. Misalnya bagi yang vegetarian, diet khusus karena kesehatan, alasan agama, dan lain sebagainya. Bahkan boleh juga memesan menu anak-anak dengan berbagai tema tertentu. 

Sedangkan layanan minuman di kelas bisnis adalah sebagai berikut:

    • Nggak seperti maskapai lainnya, minuman pertama kali ditawarkan setelah lepas landas. Beberapa penumpang menganggapnya sedikit terlambat, karena sudah terbiasa dengan pelayanan di maskapai lain. 
    • Daftar minumannya meliputi sampanye, biasanya Duval-Leroy Brut Reserve, jus jeruk dan air mineral. Minuman akan disajikan dengan amuse bouche dan handuk hangat. 
    • Penumpang diperbolehkan memesan minuman dari menu juga, meliputi 2 anggur putih, 2 anggur merah, dan anggur premium. Ada pula 2 tipe sake dan 2 soju. Selain itu, ada pula pilihan koktail, mocktail dan minuman beralkohol lainnya. 
    • Bagi penikmat minuman tanpa alkohol, pilihannya adalah soft drink, jus, dan bir tanpa alkohol. 
    • Menu minuman spesial adalah menu ala Brasil dan berbagai varian teh, termasuk es teh hijau.

Baca juga: Review Business Class Oman Air, Mewah dan Nyaman! 

Penasaran mau merasakan nyamannya naik kelas Bisnis di salah satu armada All Nippon Airways? Langsung saja pesan Tiket Pesawat di Blibli! Booking tiket di Blibli caranya gampang banget, kita bisa lakukan dari mana pun dan kapan pun. Pilihan maskapai, kelas dan destinasinya juga lengkap!

Nggak perlu kuatir soal pembayaran, karena Blibli menyediakan opsi yang variatif dan memudahkan penumpang. Selain itu, sering ada promo yang menguntungkan juga, lho! Pastikan Blibli Friends mengeceknya secara berkala. Yuk, pesan tiketnya di Blibli sekarang juga!