Alesan Kenapa Produk Lokal Makin Naik Daun

Sekarang banyak produk lokal yang muncul dari beberapa kategori, mulai dari fashion sampe skincare. Kualitasnya gak kalah bagus sama produk luar makanya makin naik daun. Malahan banyak orang yang udah mulai nunjukin local pride. Banyak juga perusahaan startup yang muncul terus ngehasilin produk atau jasa yang makin ninggiin local pride.

Kalo dulu brand didominasi sama merek luar, sekarang udah gak lagi. Justru brand lokal makin berjaya. Nah, sebagai warga Indonesia yang baik, kudu banget ngedukung majunya brand lokal, terus bangga pake produknya. Ada banyak alesan kenapa kita kudu bangga sama produk lokal. Nih, saya kasih tau alesannya.

1. Ngebantu ekonomi dalem negeri

Pandemi Covid-19 emang banyak ngasih dampak sama stabilnya ekonomi Indonesia. Biarpun begitu, kita kudu bangkit buat ngembaliin keadaan ekonomi, salah satunya lewat gerakan #BanggaBuatanIndonesia. Emang keliatannya kecil, tapi impact-nya gede. Dengan beli produk lokal, kita bisa ngebantu eksistensi produsen sama pengrajin dalem negeri, terutama UMKM. Mantep kan?

2. Ngebuka lapangan kerja

Beli produk lokal ternyata ngasih kontribusi buat ngebuka lapangan kerja yang gede. Soalnya, tiap produk yang dibuat ngelibatin banyak pihak, mulai dari produsen, penyedia bahan baku, percetakan, pemasaran, logistik, sampe ke retail atau pedagang yang ngejualin barang. Udah kebayang kan berapa banyak lapangan kerjaan yang dibuat?

3. Harganya lebih murah

Siapa sih yang gak mau punya produk bagus, tapi harganya murah? Gak kalah sama produk luar, brand lokal juga ngegunain bahan berkualitas buat bikinnya. Contohnya nih, kayak tas sama sepatu kulit, pengrajinnya banyak berasal dari Cibaduyut, Bandung. Kualitasnya gak perlu diraguin deh!

4. Nunjukin kebanggaan sama produk lokal

Pake produk lokal bisa jadi bentuk kebanggaan kita sama produk dalem negeri. Soalnya, banyak tuh produk lokal yang kualitasnya gak main-main, bahkan sampe bisa diekspor ke luar negeri. Ibarat kata, kalo mau brand lokal makin dikenal, warganya juga kudu bangga pakenya dong hehe…

5. Gampang dapetinnya

Yang paling penting, produk lokal gampang banget didapetin. Soalnya, gak perlu nunggu barang diimpor berminggu-minggu. Ini bisa jadi solusi buat yang suka bete nunggu kelamaan, padahal pengen buru-buru pake. Hufffftt..

Nah, itu dia kenapa kudu bangga pake produk lokal. Pokoknya udah gak usah ragu lagi buat pake brand lokal. Soalnya, dari segi kualitas gak kalah kok sama produk luar. Nah, buat yang kepengen coba gaya pake produk lokal, pas banget Blibli lagi ada promo buat kaos lokal yang desainnya kece abis. Pokoknya, bikin ngerasa #BanggaBuatanIndonesia deh! Yuk, langsung cus melipir ke sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY