Album Baru Buat Soundtrack Mudik 2019

Bakal mudik pakai mobil atau naik kereta atau bus bulan ini? Salah satu cara yang mungkin bisa kamu lakukan sambil membunuh sepi adalah dengan mendengarkan musik. Bisa mendengarkannya dari CD atau streaming lewat platform musik lainnya.

Ada beberapa musisi Indonesia yang meluncurkan album barunya dalam beberapa bulan terakhir, mulai dari pop indie Barasuara hingga jazz Indro Harjodikoro. Berikut ini album yang bisa jadi soundtrack untuk perjalanan mudikmu.

1. Pikiran dan Perjalanan Barasuara

Photo by IG @barasuara

Setelah menggegerkan skena musik indie dengan album Taifun, Barasuara merilis sophomore Pikiran dan Perjalananpada Maret 2019. Album ini sempat heboh gara-gara review di sebuah media online yang mungkin bikin kuping penggemar Barasuara merah. Ada sembilan track dalam Pikiran dan Perjalanan dari “1.000 Racun” yang terinspirasi dari pengalaman depresi seseorang hingga “Pancarona” dari pengalaman gitaris Iga Massardi berada di titik nadir.

2. Gong simakDialog

Photo by IG @simakdialog

Gong adalah album terakhir simakDialog yang menampilkan permainan mendiang pendirinya, Riza Arshad. Album ini dirilis pada Maret 2019 atau dua tahun setelah Riza, yang bernama lengkap Ichwanul Sjahriza Arsjad, meninggal. Riza menulis komposisi dan progresi chord berdasarkan rangkaian dialog harmoni nada bunyi dari instrumen gong dan gamelan. Beberapa nomor dalam album ini merupakan komposisi lama. Misalnya The Tramp yang ditulis Riza bersama Tohpati Ario dan dikerjakan ulang Riza.

3. Chronicles of You Adhitia Sofyan

Photo by IG @adhitiasofyan

Album Chronicles of You dirilis 29 Januari 2019. Dalam bahasa Adhitia Sofyan, album ini berkonsep cerita tentang sebuah rasa yang tersimpan lama kepada seseorang. Setiap lagu punya kelindan dengan lagu lainnya. Lagu pertama dalam album ini, “9 Tahun”, ceritanya soal seseorang yang cukup lama punya rasa ke seseorang hingga mereka bertemu di suatu siang di kedai kopi di Bandung. Lagu ini jadi lanjutan lagu 8 Tahun yang dirilis pada 2017. Ada 7 lagu di album Chronicles of You. Lagu terakhir, “Analog Camera”, bertutur soal twist kecil saat pertemuan subyek dengan orang yang sudah lama dikaguminya.

4. Lights On Indro Hardjodikoro

Photo by IG @indrohardjodikoro

Pembetot bass beraliran jazz Indro Hardjodikoro merilis album kedelapan, Lights On, Maret 2019. Album ini berisi 9 lagu. Indro menganggap album ini berhubungan dengan proses hidupnya secara spiritual. Enggak heran kalau judulnya menyiratkan sebuah pencerahan atau nyala. Ada pula lagu “Your Invitation”  yang bercerita tentang Indro yang merasa diundang semesta untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk alam. Album ini digarap hanya dalam waktu 2 bulan.

5. Mahandini Dewa Budjana

Photo by IG @dewabudjana

Gitaris veteran Dewa Budjana merilis album Mahandini pada Desember 2018. Judul album solo ke-10 gitaris GIGI ini merupakan gabungan dari dua kata yaitu maha dan nandini. Maha artinya besar, sedangkan nandini adalah sapi kendaraan Dewa Syiwa. Dewa Budjana ingin album ini jadi kendaraan yang berjalan ke semua penikmat musik. Untuk penggarapan album ini, dia menggandeng musisi kenamaan dunia seperti keybordis Dream Theater Jordan Rudess, gitaris yang pernah main di Red Hot Chilli Pepers John Frusciante, hingga penyanyi sinden Soimah Pancawati.

Gimana album-album itu cocok kan buat menemani perjalanan mudikmu? Yuk, segera beli CD atau unggah di platform layanan streaming musik!

Rio

Digital agency’s worker, amateur internet scholar, professional gamer also very in love of running in a field and swimming. A community person who loves touring with bike or motorcycle.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY