Alat Musik Tiup Populer Ini Bisa Dipelajari oleh Pemula

Musik nggak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Bahkan, nggak sedikit orang yang melakukan aktivitasnya diiringi dengan musik. Tidak heran jika kemudian banyak orang ingin memainkan satu hingga dua alat musik sekaligus. 

Nggak hanya meredakan stres, bermain alat musik bisa membantu untuk melatih konsentrasi dan kreativitas kamu lho Blibli Friends. Nah, kalau kamu berminat, coba aja belajar alat musik sederhana seperti alat musik tiup. Ada beberapa jenis alat musik tiup populer yang bisa kamu coba lho, apa aja itu? Simak ulasan lengkapnya ini, ya. 


Baca juga: Macam-macam Alat Musik Rebana, Sudah Tahu Belum?

  1. Harmonika

Harmonica

Sebagai pemula, tentu kamu butuh untuk mencari jenis alat musik sederhana yang bisa dengan mudah dimainkan. Untuk itu, kamu bisa coba bermain harmonika. Harmonika adalah salah satu jenis alat musik dari barat yang kabarnya bahkan sudah ditemukan di abad ke-18. Instrumen musik tiup ini termasuk sederhana karena bentuknya pun hanya berupa pelat logam getar yang disusun secara horizontal. 

Untuk mempelajarinya sebenarnya gampang-gampang susah. Hanya aja, alat musik ini bisa dibawa ke mana pun yang tentunya akan memudahkanmu untuk berlatih. Kalau sudah mahir, suara merdu dari harmonika ini bisa memberikan efek menenangkan, lho. 

2. Seruling

Alat musik tiup populer berikutnya yang cukup mudah untuk dimainkan adalah seruling atau suling. Seruling adalah alat musik tradisional yang terbuat dari bamboo. Sekilas, alat musik ini mirip dengan recorder yang umumnya dipelajari di sekolah. 

Suling memiliki enam hingga tujuh lubang juga. Yang unik dari seruling adalah umur dan kekerasan bambunya sangat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkannya. Untuk itu, kalau kamu berminat untuk membelinya, jangan ragu untuk menanyakan informasi tentang umur dan kekerasan bamboo seruling tersebut pada penjualnya, ya. 

3. Terompet

Terompet

Berikutnya, beralih ke alat musik yang berasal dari barat lagi dan cukup populer, yakni terompet. Suara yang dihasilkan oleh terompet ini sangat keras dibandingkan dengan alat musik sebelumnya dan umum digunakan juga untuk drum band event. Alat musik tiup yang satu ini terbilang cukup sederhana untuk dipelajari karena hanya memiliki tiga buah tombol. 

Untuk menentukan nadanya pun juga cukup mudah yakni dengan mengatur udara yang lewat. Yang butuh dipelajari ketika memainkan alat musik ini adalah konsistensi peniupan. Jadi, kalau kamu berminat untuk belajar meniup terompet, hal yang paling penting untuk dipelajari dulu adalah berlatih bernafas panjang. 

4. Saxophone

Alat musik tiup populer berikutnya adalah saxophone atau saksofon. Nama saksofon ini berasal dari nama penemunya, yakni Adolphe Sax. Suara yang dihasilkan dari saksofon termasuk keras karena sama halnya dengan terompet, alat ini terbuat dari logam. 

Karena ukurannya juga lebih besar, alat musik ini memiliki jangkauan suara yang juga lebih besar lagi. Dulunya, saksofon lebih umum dipakai pada orchestra. Akan tetapi, sekarang ini sudah banyak yang memakai saksofon untuk iringan lagu kekinian. 


Baca juga: Tiga Bukti Musik Jazz Mempunyai Pengaruh Signifikan

Nah, itulah beberapa pilihan alat musik tiup populer yang cukup mudah untuk dipelajari bahkan oleh pemula sekali pun. Meskipun termasuk sederhana, untuk bisa mahir memainkannya tentu kamu butuh untuk latihan dengan rutin. Untuk itu, jangan ragu untuk beli alat musiknya, ya. Sekarang kamu bisa beli berbagai alat musik tiup tersebut lebih mudah di Blibli. Berbagai jenis alat musik tiup sederhana hingga untuk yang tingkat mahir tersedia, lho. 

Temukan Alat Musik Berkualitas di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY