Fakta Manarik, Sejarah, dan Fungsi Alat Musik Tifa

alat musik tifa
Image Source: papuanewguinea.travel

Alat Musik Tifa – Indonesia punya beribu pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke yang tentunya dihiasi dengan keberagaman suku dan budaya. Salah satu perbedaan budaya yang cukup terlihat adalah dengan keberagaman alat musik setiap daerah. Perbedaan ini tergantung pada pengetahuan masyarakat dan sumber daya alam yang dimiliki.

Kamu bisa menemukan berbagai alat musik mulai dari material, suara dan cara memainkannya yang berbeda. Wah, menarik bukan untuk mempelajari perbedaan alat musik ini? 

Tifa merupakan alat musik yang berasal dari daerah Indonesia Timur. Tifa memiliki ukiran dengan motif khas pada bagian badannya. Ukiran dari alat musik ini biasanya dijadikan sebagai tanda untuk pengenalan status sosial. 

Jadi kamu bisa dengan mudah mengenal seseorang hanya dengan melihat dari Tifa yang sedang dimainkan. Sebagai contoh Tifa yang digunakan oleh kepala desa dan masyarakat awam memiliki motif dan ukiran yang berbeda. Wah, semakin penasaran kan dengan alat musik satu ini? Langsung aja, yuk, kepoin ulasan berikut.


Baca juga: Ketahui Yuk Alat Musik Ritmis dan Fungsinya

Fakta Menarik Tifa yang Perlu Kamu Ketahui

alat musik tifa
Image Source: indonesiakaya.com

Membahas alat musik tentu nggak akan pernah ada habisnya. Banyak banget alat musik yang ada di Indonesia. Perbedaan alat musik tersebut biasanya disebabkan oleh budaya, kesenian dan juga jenis lagu yang dimainkan oleh suatu daerah. Ada beberapa fakta menarik yang bisa kamu dapatkan dari alat musik Tifa yang berasal dari daerah Indonesia Timur ini. Meskipun kamu bukan dari daerah Indonesia Timur, nggak ada salahnya kan untuk tahu alat musik satu ini.

Sejarah Alat Musik Tifa

alat musik tifa
Image Source: Ensiklopedia DKI Jakarta

Alat musik ini ditemukan di daerah Papua dan juga Maluku. Namun, ternyata orang Papua lebih gemar menggunakan alat musik yang satu ini. Tifa sendiri mempunyai bentuk tabung yang berukuran sedang. Alat musik ini memiliki 4 jenis yang perlu kamu ketahui antara lain Tifa Jekir, Tifa Potong, Tifa Dasar, dan juga Tifa Bas. 

Semua jenis tersebut mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing.  Tifa dibuat dari sebatang kayu yang dikosongkan dan dihaluskan. Alat musik ini nantinya akan menghasilkan sebuah musik atau lagu dengan kualitas yang berbeda. Bisa dibilang perbedaan itu biasanya pada nada dan juga iramananya. 

Bunyi Alat Musik Tifa

alat musik tifa
Image Source: kitapastibisa.id

Sedikit informasi bagi kamu yang nggak tahu cara memainkannya, Tifa akan menghasilkan suara yang merdu dengan cara ditabuh. Wah, ternyata Tifa memiliki kemiripan dengan gendang, ya, Blibli Friends. 

Tapi yang membedakan dari kedua alat musik tabuh di atas adalah gendang memiliki ukuran yang lebih kecil dan menggunakan kulit hewan sebagai sumber suara. Sehingga kedua alat ini juga memiliki output suara yang berbeda.

Fungsi Alat Musik Tifa

Image Source: Tribunnewswiki

Alat musik ini biasanya akan digunakan untuk mengiringi berbagai acara, baik untuk penyambutan, pesta adat, hingga tarian khas dari Papua. Tarian yang sering diiringi oleh alat musik ini yaitu Perang Asmar, Gatsi dan juga beberapa tarian lainnya. Tapi nggak ada salahnya kalau kamu juga ingin mempelajari lebih dalam alat musik tabuh satu ini. Selain menambah wawasan kamu juga bisa melestarikan budaya dari Indonesia Timur, lho. 


Baca juga: Lagu Daerah Jawa Barat dengan Lirik Lengkap, Makna dan Video

Punya alat musik banyak dan berkualitas tentu jadi sebuah kebanggan, dong. Bagi kamu yang berada di luar Papua tidak perlu khawatir ketika ingin punya alat musik Tifa. Kamu bisa membelinya dengan mudah di toko online Blibli. Selain tifa, Blibli juga memiliki beragam alat musik lainnya, loh. Di sini kamu akan mendapatkan pengalaman bertransaksi dengan mudah dan promo menarik di setiap harinya.

TEMUKAN BERBAGAI ALAT MUSIK BERKUALITAS DI SINI!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY