Sejarah dan Cara Memainkan Alat Musik Sasando

alat musik sasando
Image Source: Harmoni Indonesia

Indonesia memang negara yang dikenal dengan keanekaragaman hayatinya. Selain itu, negeri kita tercinta ini juga punya berbagai jenis kebudayaan yang keren abis. Salah satunya bisa kamu lihat dari ragam alat musik daerahnya. Blibli Friends sudah pernah dengar alat musik Sasando? Kalau kamu berasal atau pernah singgah di Nusa Tenggara Timur pasti deh merasa familiar dengan alat musik satu ini. 

Soalnya, sasando memang salah satu alat musik kebanggaan masyarakat Nusa Tenggara Timur. Terutama, di daerah pulau Rote NTT. Alat musik tradisional ini sudah ada sejak ratusan abad yang lalu, lho. Daripada penasaran, simak yuk informasi menarik seputar sasando berikut ini.


Baca juga: Banda Neira – Harta Karun di Timur Indonesia

Sasando Berasal dari Kata Apa?

sasandoBlibli Friends penasaran nggak dari mana nama “sasando” berasal? Kata “sasando” ternyata berasal dari bahasa Rote. Arti dari kata itu adalah “berbunyi” atau “bergetar”. Biarpun sasando adalah alat musik yang paling ikonik di Pulau Rote, alat musik ini juga terkenal banget di daerah Nusa Tenggara Timur lainnya, seperti Kupang.

Seperti Apa Sih Bentuk Sasando

sasando
Image Source: kompasiana

Sekilas, sasando kelihatan sedikit mirip dengan alat musik harpa bernuansa etnik. Ya, sebenarnya bisa dibilang kalau alat musik satu ini memang satu keluarga dengan harpa atau kecapi. Tapi, sasando punya penampilan yang khas banget. Suara yang dihasilkan alat musik Sasando ini juga unik dan lain dari jenis alat musik petik sejenis. Bagian utama dari alat musik ini terbuat dari tabung bambu khusus yang disambungkan dengan penyangga, atau yang disebut dengan senda di bagian tengah.

Senar-senar dawai nantinya direntangkan di atas senda tersebut. Senda itu juga berfungsi buat memudahkan pemain sasando dalam mengganti nada. Buat mengatur kekencangan dawai, pemain sasando tinggal mengutak-atik bagian atas dan bawah dari tabung bambu itu. Nah, di bagian belakang tabung itu ada anyaman haik atau daun lontar yang berfungsi jadi wadah resonansi. Siapa sangka kalau benda-benda sederhana itu bisa disatukan jadi alat musik yang keren banget!

Gimana Cara Memainkan Sasando?

sasando
Image Source: fakhrianindita.com

Kalau dilihat dari deskripsi bentuknya, Sasando memang sedikit mirip dengan gitar. Tapi, berbeda dengan gitar, sando nggak punya chord. Cara memainkan alat musik ini juga pastinya beda dan sedikit rumit dibandingkan gitar. Buat memainkan sasando, pemain harus pakai kedua tangannya buat memetik senar. Senar itu harus dipetik ke arah yang berlawanan buat menghasilkan nada yang pas. Tangan kanan pemain dipakai buat menentukan accord. 

Nah, tangan kiri dipakai buat menentukan bass atau melodi. Kamu harus terampil banget dalam memainkan alat musik ini. Teknikmu juga harus keren. Supaya, suara sasando yang dihasilkan merdu. Bisa bayangkan harus segesit apa tanganmu saat harus memainkan musik dengan nada yang cepat? Tertarik coba, Blibli Friends?

Kapan Alat Musik Sasando Dimainkan?

Image Source: Agoaga

Alat musik Sasando ini tergolong sering banget dimainkan oleh masyarakat Pulau Rote. Soalnya, mereka memang bangga banget dengan alat musik tradisional satu ini. Selain itu, sasando juga bisa banget dimainkan buat genre musik yang luas banget. Contohnya, seperti pop, tradisional, dan lain sebagainya. Selama genre musik itu nggak termasuk ke golongan EDM. 

Di kalangan masyarakat Pulau Rote, alat musik ini sering dimainkan buat menghibur kerabat yang sedang berduka saat acara pemakaman anggota keluarganya. Sekarang, sasando sering dimainkan buat mengiringi seni tari, syair, lagu, dan acara-acara hiburan masyarakat lainnya. 

______________________________

Baca juga: 5 Tips Memilih Outfit yang Nyaman untuk Nonton Festival Musik

Itulah sekilas info menarik tentang alat musik sasando. Ingin tahu lebih dalam tentang alat musik ini? Atau, kamu ingin coba memainkannya? Cek saja di Blibli. Toko online ini punya banyak banget koleksi buku musik yang berhubungan tentang alat musik tradisional di Nusantara. Di dalamnya, termasuk sasando. Seru banget nih buat kamu koleksi dan dijadikan bacaan buat kamu dan anak-anakmu. 

Temukan Berbagai Macam Buku Musik Hanya di Sini!

Yunita Dwi

Loves to run, sing, eat, and joget Korea.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY