Ketahui Yuk Alat Musik Ritmis dan Fungsinya

Blibli Friends tahu nggak sih ternyata alat musik terbagi menjadi beberapa jenis kelompok seperti alat musik melodi, alat musik Harmoni, alat musik tradisional, alat musik modern dan alat musik ristmis. Nah, kali ini akan dijelaskan nih beberapa macam alat musik ritmis beserta fungsinya. 

Tapi sebelum itu, tahu nggak sih apa itu alat musik ritmis? Jadi alat musik ritmis merupakan alat musik yang akan menghasilkan suara yang berfungsi sebagai nada pengiring irama serta pengatur tempo. Semakin penasaran kan apa aja sih alat musik yang masuk dalam kategori ritmis ini. Yuk, langsung aja simak ulasan di bawah ini.


Baca juga: Alat Musik Tiup Populer Ini Bisa Dipelajari oleh Pemula

  1. Tamborin

OEM TB 209 Head Besi Stainless Steel Double Tamborin
OEM TB 209 Head Besi Stainless Steel Double Tamborin

Tamborin ini merupakan alat musik yang dapat menghasilkan suara jika kamu menggoyangkan atau manabuhnya. Menghasilkan suara yang gemrincing seperti layaknya koin logam yang bersentuhan. 

Alat musik ini terbuat dari kayu yang dibentuk seperti lingkaran dan dilengkapi oleh membrane pelapis berbahan plastik atau kulit sapi. Tamborin dilengkapi dengan beberapa kerincingan yang terbuat dari logam berbentuk lingkaran kecil yang diselipkan di sekeliling bingkai kayu tadi. Sehingga dari getaran logam itu lah suara gemrincing dihasilkan. 

Nggak seperti gendang meskipun dimainkan dengan cara ditabuh, tamborin ini dipegang dengan cara vertical pada bagian bingkai kayu.

Temukan Beragam Tamborin Hanya di Sini!

2. Gendang / Kendang

Susi Craft Gendang Aksen Dekorative
Susi Craft Gendang Aksen Dekorative

Alat musik gendang ini merupakan salah satu alat musik yang merupakan instrumen dari gamelan jawa yang memiliki fungsi sebagai pengatur irama. Tebuat dari kayu yang berbentuk tabung dan memiliki tutup berbahan dasar kulit hewan. Cara memainkannya pun dengan cara dipukul pada bagian atas kulit hewan tersebut.

Temukan Beragam Gendang Hanya di Sini!

3. Triangle

TRIANGLE SEGITIGA SIZE 4 8
TRIANGLE SEGITIGA SIZE 4 8

Blibli Friends pernah dengar nggak, sih, alat musik satu ini? Triangle merupakan alat musik ritmis yang memiliki bentuk sama dengan namanya yaitu segitiga. Terbuat dari bahan logam, triangle ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat bantu stik yang berbahan dasar sama.

Meskipun masuk dalam kategori alat musik ritmis, triangle ini salah satu yang nggak punya tanda nada, lho Blibli Friends. Jadi, untuk membuat nada selaras, kamu harus pintar-pintar menyesuaikan dengan alunan lagu yang sedang dimainkan.

Selain itu untuk menghasilkan tinggi rendahnya nada tergantung pada keahlian pemain untuk mengimprovisasinya. Tentu saja meskipun terlihat simple, alat musik ini cukup sulit untuk dimainkan.

Temukan Berbagai Triangle dan Drum Hanya di Sini!

4. Kastanyet

Image Source: workamerica.co

Kastanyet, pasti asing mendengar nama alat musik yang satu ini? Jelas saja, Kastanyet merupakan alat musik ritmis yang biasa digunakan untuk mengiringi tarian Spanyol. Terbuat dari kepingan kayu dan memiliki bentuk yang cekung. Untuk menghasilkan suara, kamu membutuhkan dua buah kepingan kayu yang diletakkan pada tangan kiri dan kanan yang lalu ditepukkan. 

5. Gong 

15 5cm Diameter Metal Hand Cymbals Gong Band Percussion Set Musical Toy
15 5cm Diameter Metal Hand Cymbals Gong Band Percussion Set Musical Toy

Nah, alat musik satu ini sudah sangat populer di Indonesia. Gong merupakan alat musik tradisional di berbagai negara selain Indonesia seperti Cina, Thailand dan Jepang. Memiliki bahan dasar logam seperti besi, kuningan, perunggu atau bahkan perak dan emas, Gong menghasilkan suara dengan cara dipukul dengan kayu yang dilapisi kain.

Temukan Berbagai Koleksi Gong Hanya di Sini!


Baca juga: Tips Beli Alat Musik Online

Nah, dari kelima alat musik di atas ada berapa nih yang udah kamu ketahui? Ternyata banyak sekali ya jenis alat musik yang ada untuk menghasilkan sebuah nada dan irama yang selaras. Jika kamu kepo dan ingin memiliki salah satu di antara kelima alat musik ritmis di atas, kamu bisa membelinya di toko online serba ada Blibli. Di sini kamu akan disuguhkan dengan berbagai pilihan yang tentunya dengan promo menarik setiap harinya.

Dapatkan Kemudahan Berbelanja Alat Musik Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY