Ini yang Perlu Kamu Ketahui tentang Alat Musik Rebab

Alat musik kolintang
Image Source: Dictio Community

Buat kamu yang berasal dari Jawa Barat pastilah kenal dengan alat musik rebab. Soalnya, alat musik ini adalah salah satu alat musik tradisional yang populer di kalangan masyarakat Jawa Barat. Sampai sekarang, rebab masih sering dimainkan saat acara-acara musik dan kebudayaan Melayu. Selain “rebab”, alat musik ini juga sering disebut dengan nama “rabab”, “rebap”, “rebeb”, “rababah”, dan “al-rababa”. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang keunikan alat musik ini. 


Baca juga: Tempat Wisata di Sukabumi Buat Pencinta Alam

  • Kegunaan Alat Musik Rebab

alat musik rebab
Image Source: gopedia.web.app

Alat musik rebab ternyata lumayan sering dipakai di berbagai kesempatan, lho. Di dalam kebudayaan kesenian Betawi misalnya, alat musik ini sering banget tampil sebagai pengiring buat pertunjukan wayang kulit dan wayang topeng kulit khas Betawi. Selain itu, rebab juga sering banget dimainkan sebagai pengiring sinden saat menyanyi di dalam acara pertunjukan karawitan dan gamelan. 

Di beberapa acara gamelan, rebab juga dipakai sebagai penyelaras cengkok penyanyi laki-laki dan sinden. Irama dari gamelan juga diinterpretasikan lewat gesekan nada dari alat musik satu ini. Di daerah Kelantan, Terengganu, dan Malaysia Timur, rebab dipakai sebagai instrumen dalam ritual “Main Puteri”. Ritual ini bertujuan buat memberikan penyembuhan buat orang-orang yang sakit. Musisi rebab biasanya diundang ke rumah sakit buat bantu menyembuhkan penyakit dari orang-orang yang nggak bisa disembuhkan oleh dokter.

Nggak cuma di Jawa Barat saja, lho. Alat musik rebab ini juga banyak banget dipakai di pertunjukan seni dan kebudayaan masyarakat Melayu Riau. Di tengah-tengah masyarakat ini, rebab dinilai sebagai alat musik dengan kedudukan yang lumayan tinggi. Buktinya, dia selalu hadir dan dimainkan di dalam acara pertunjukan teatrikal “Makyong”. Rebab dari tanah Riau ini juga unik, karena alat musik ini dibuat dengan sejumlah peraturan yang nggak boleh dilanggar. 

Peraturan pertama adalah, pemotongan kayu buat rebab nggak boleh dilakukan secara sungsang. Pembuat rebab juga nggak dibolehkan buat memotong kayu saat masuk masa tengah hari dan maghrib. Bahan kayu yang ditebang juga nggak boleh dilangkahi. Jenis kayu yang dipakai buat material rebab juga harus jenis khusus. Yaitu: kayu sena, kayu nangka, kayu tembusu, dan kayu belimbing. 

Pantangan-pantangan itu harus dilakukan supaya kualitas suara dari rebab yang dibikin maksimal. Kedudukan rebab yang tinggi juga terlihat dari ornamen-ornamen yang menghiasi badannya. Alat musik ini juga punya bagian kepala yang dihiasi dengan ornamen mahkota. 

  • Bentuk Alat Musik Rebab

alat musik jawa barat
Image Source: saran.id

Biarpun rebab jadi alat musik khas Jawa Barat, sebenarnya rebab berasal dari Timur Tengah. Jadi, nggak heran kalau bentuk dari rebab ini ada kemiripan dengan rebab asal dataran gurun itu. Rebab punya bentuk yang kecil dengan badan bulat. Malah, kalau dilihat baik-baik, rebab punya bentuk yang menyerupai segi tiga. Rebab khas Jawa Barat juga dilengkapi dengan tangkai dan senar yang mirip dengan busur dan panah. 

Tapi, cara memainkannya kurang lebih sama dengan rebab dari daerah lainnya, yaitu dengan cara digesek. Dari bentuknya, ada 2 jenis rebab yang perlu Blibli Friends kenal, yaitu rebab tangkai dan rebab yang nggak bertangkai. Rebab dengan tangkai bisa dimainkan dengan cara diberdirikan tanpa harus dipangku. Beda dengan rebab nggak bertangkai yang mengharuskan pemainnya buat memangkunya. 


Baca juga: Minuman Tradisional Indonesia yang Menyegarkan dan Menyehatkan

Nah, itu deh sekilas info menarik tentang alat musik rebab. Blibli Friends bisa beli alat musik khas Jawa Barat ini lewat Blibli. Blibli tawarkan banyak banget diskon menarik lewat event promo. Selain itu, ada juga voucher belanja yang bisa memberikanmu diskon ekstra saat ditukarkan selama masa promo. Belanja alat musik jadi makin mudah dan hemat, deh!

Temukan Berbagai Alat Musik Menarik di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY