Mengenal Berbagai Macam Alat Musik Petik Paling Populer

alat musik petik

Kamu pasti suka mendengarkan musik karena itu memang menyenangkan. Tak hanya itu, barangkali kamu juga senang bermain alat musik. Ada beragam alat musik dengan cara yang berbeda untuk memainkannya. Salah satu yang paling populer adalah alat musik petik. Blibli Friends mungkin sudah nggak asing lagi dengan aneka macam alat musik yang dipetik ini.

Secara sederhana, alat musik petik adalah instrumen yang memiliki senar, dan dimainkan dengan cara dipetik senarnya, agar mengeluarkan bunyi nada. Nah, tapi nggak semua alat musik yang memiliki senar, itu bisa dipetik. Ada yang perlu digesek seperti misalnya biola dan cello. Kali ini, kita akan melihat-lihat berbagai alat musik petik yang paling populer.


Baca juga: Mengenalkan Musik pada Anak

  1. Gitar

gitar yang bagus
Via – Uberchord

Gitar adalah alat musik petik yang paling populer. Alat musik ini sangat terkenal di seluruh dunia. Secara umum, badan dan leher gitar terbuat dari material kayu. Lalu, dilengkapi 6 dawai yang bisa dipetik. Agar tercipta nada yang indah, kamu bisa memainkannya tak hanya dengan petikan saja, tapi juga menggenjreng dengan jari. Pada gitar, terdapat 144 chord yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. Sementara, jenis gitar ada dua, yakni gitar akustik dan gitar elektrik. 

2. Ukulele

alat musik petikKalau dilihat sekilas, ukulele sangat mirip dengan gitar. Akan tetapi, ukuran alat musik ini lebih kecil daripada gitar. Biasanya, ukulele digunakan sebagai instrumen utama untuk musik keroncong. Sebenarnya, ukulele adalah alat musik tradisional asal Hawaii. Ukurannya beragam. Kalau secara umum, ada empat jenis ukulele, yakni soprano (21 inci), concert (23 inci), tenor (26 inci) dan baritone (30 inci).

3. Kecapi

alat musik petikKecapi juga termasuk alat musik tradisional. Asalnya dari dataran Sunda. Namun, instrumen musik ini sangat terkenal bahkan di seluruh Pulau Jawa. Jumlah dawai kecapi bermacam-macam. Dawainya mulai dari 15-10 dawai, semuanya tergantung pada jenis dan ukuran kecapi tersebut. Kecapi terbagi menjadi 2 macam berdasarkan bentuknya, yakni kecapi parahu dan kecapi siter. Sementara, berdasarkan fungsinya, juga ada 2 macam kecapi, yaitu kecapi indung dan kecapi rincik.

4. Harpa

harpa - alat musik petikTahukah kamu, harpa merupakan salah satu alat musik paling tua di dunia. Umumnya, harpa berbentuk segitiga dan juga warnanya emas. Ada tiga bagian utama pada harpa, yakni sound board, neck dan string. Harpa juga memiliki jumlah senar bervariasi, mulai dari 22 – 47 senar. Biasanya, harpa dimainkan di orkestra atau juga bisa secara tunggal. Dahulu, di awal tahun 1500 SM, senar harpa dibuat dari bahan rambut ataupun serat tanaman yang diikatkan di sisinya. Sekarang, kebanyakan harpa menggunakan nilon, dan buat ukuran lebih kecil, dilapisi juga oleh kawat.

5. Shamisen

Image Source: senzoku-online

Shamisen merupakan alat musik petik dari Jepang. Instrumen musik ini mempunyai arti tiga garis. Cukup berbeda dengan alat musik gitar dan ukulele. Pada shamisen, hanya terdapat 3 dawai dan cara menggunakannya dengan dipetik menggunakan bachi. Shamisen terdiri dari 3 bagian yang utama, yakni do (badan), sao (leher) dan itomoki (pasak). 


Baca juga: Alat Musik Tiup Populer Ini Bisa Dipelajari oleh Pemula

Unik-unik, ya, alat musik petik. Selain bentuknya yang klasik dan indah, cara memainkannya juga sangat menarik. Ya, kan. Apalagi, untuk kamu yang senang memainkan alat musik petik. Kelihatannya mudah, tapi saat baru pertama kali belajar, pasti nggak akan semudah itu. Biar makin semangat bermain musik, kamu beli aja deh instrumen kesukaanmu di Blibli. Alat musiknya paling lengkap. Harganya juga murah banget!

Dapatkan Berbagai Alat Musik Lainnya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY