Alat Musik Papua yang Unik dari Bentuk hingga Bunyinya

alat musik papua

Alat Musik Papua – Papua adalah salah satu bagian dari Indonesia yang memiliki kekayaan budaya dan adat yang rasanya tidak terhitung banyaknya. Bahkan, bisa dibilang kekayaan budaya Papua itu banyak banget deh Blibli Friends. Salah satu hal yang masuk ke dalam bagian kekayaan budaya di Papua adalah alat musik. Alat musik Papua merupakan kekayaan budaya yang unik karena masih kental dengan bagian adat istiadat di sana. Kamu tahu nggak sih apa aja itu? Simak ulasannya di bawah ini, ya Blibli Friends. 


Baca juga: Makanan Khas Papua yang Unik dan Punya Citarasa

  •  Tifa

alat musik papua - tifa
Image Source: kitapastibisa.id

Berbicara mengenai alat musik dari Papua, kemungkinan besar tifa adalah jenis alat musik yang paling dikenal. Tifa tergolong dalam alat musik pukul. Alat musik yang satu ini terbuat dari kayu bulat, kulit rusa kering, serta rotan. Kayu bulat yang ada dilubangi di bagian tengah dan kemudian bagian salah satunya ditutup dengan kulit rusa. 

Secara umum, bunyi alat musik ini mirip dengan gendang. Ketika ditepuk di bagian kulit rusanya, akan menghasilkan bunyi ritmis. Biasanya, tifa dimainkan untuk mengiringi tarian adat dan pesta tradisional. Jenisnya pun ada 5 yang tentunya masing-masingnya memiliki bunyi khas yang berbeda. 

  • Pikon

alat musik papua - pikon
Image Source: indonesiakaya

Alat musik berikutnya yang perlu kamu tahu adalah pikon. Alat musik ini termasuk jenis alat musik tiup. Nama pikon sebenarnya berasal bahasa Baliem, yakni Pikonane yang berarti alat musik bunyi. Sedikit berbeda dengan alat musik tiup lainnya, bagian utama dari pikon adalah keberadaan talinya. Jadi, untuk memainkan pikon ini, pemainnya perlu untuk menarik tali yang ada di ujung. Dengan begitu, akan dihasilkan nada dasar seperti do, mi, serta sol. 

  • Triton

alat musik papua - triton
Image Source: beritapapua.id

Alat musik asli Papua lainnya adalah triton. Alat musik yang satu ini juga termasuk ke dalam alat musik tiup. Alat musik yang satu ini terbilang sangat unik karena terbuat dari kerang terompet. Untuk memainkannya termasuk butuh tenaga karena kerrang terompet termasuk besar. 

Apakah kamu termasuk penggemar kartun sponge bob? Kalau iya, triton ini bentuknya persis dengan kerang yang ditiup di sana. Biasanya, trito lebih sering digunakan untuk memanggil atau mengumpulkan penduduk kampung. 

  • Yi

yi
Image Source: dictio.id

Alat musik lainnya yang tidak kalah unik adalah Yi. Yi termasuk alat musik yang fungsinya sama dengan triton, yakni untuk mengumpulkan penduduk di satu tempat. Karena fungsinya seperti itu, Yi lebih umum dipakai oleh ketua adat ketika akan ada acara adat atau ketika pengumuman akan disampaikan. Yi terbuat dari kayu gelondongan yang bagian tengahnya berongga. Alat musik ini mirip dengan kentongan karena cara memainkannya adalah dengan memukulnya keras-keras. 

  • Kecapi Mulut

alat musik papua - kecapi mulut
Image Source: dictio.id

Umumnya, kecapi termasuk alat musik petik. Akan tetapi, kecapi mulut ini cara memainkannya sangat mirip dengan pikon, yakni dengan ditiup dan ditarik talinya. Kecapi mulut terbuat dari bambu wuluh kecil. Fungsi utama alat musik ini adalah sarana hiburan dan dimainkan secara individu karena suaranya terbilang kecil. Alat musik ini berasal dari suku Dani di lembah Baliem, Jaya Wijaya. 


Baca juga: Mengenal Keindahan Pulau Labengki yang Dijuluki Mini Raja Ampat

Sebagai salah satu daerah yang sangat kaya akan adat istiadat, jenis alat musik di Papua cukup banyak. Selain alat musik di atas, masih banyak jenis lainnya yang tidak kalah unik. Kalau kamu termasuk penikmat musik atau malah bisa memainkannya, coba aja cari beberapa di antaranya di Blibli, ya. Banyak alat musik lainnya yang pastinya bisa kamu temuin di toko online satu ini Blibli Friends!

Temukan Berbagai Alat Musik Lainnya Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY