me

Jenis Alat Musik Modern, Sudah Tahu?

Apr 06, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Via : affde.com

Alat Musik Modern – Blibli Friends, suka menikmati musik? Tahu nggak, ternyata musik sudah lama banget jadi bagian dari peradaban manusia. Awalnya, leluhur kita menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitarnya, seperti bambu, daun lontar, kulit hewan, dan lain sebagainya untuk membuat alat musik tradisional. 

Nah, seiring dengan berkembangnya zaman, alat-alat musik itu juga mengalami perubahan. Sampailah pada tahap dimana kita mengenal berbagai macam alat musik modern. Ada berapa banyak alat musik masa kini yang Blibli Friends tahu? Cari tahu di sini, yuk. 


Baca juga: Tips Beli Alat Musik Online

  1. Gitar Akustik

Mandalika DTS04 De Ticco Series Tunner Built-In Gitar Akustik Elektrik

Salah satu alat musik modern yang pastinya Blibli Friends tahu adalah gitar akustik. Untuk menghasilkan suara, kamu harus memetik senar gitar dengan jarimu. Getaran dari senar tersebut nantinya bakal tersalurkan ke bagian jembatan pengikat atau sadel untuk kemudian masuk ke dalam lubang suara. Suara yang masuk ke dalam ruangan tersebut bakal beresonansi dengan bagian badan gitar yang terbuat dari kayu. 

Jadilah kamu bisa mendengar suara genjrengan yang khas dari gitar akustik ini. Nah, ternyata jenis senar dan kualitas body kayu dari gitar mempengaruhi kualitas suara dari gitar akustik tersebut. Gitar akustik biasanya dimainkan secara solo untuk jenis musik acapella.

2. Gitar Elektrik

Yamaha Pacifica 112J Gitar Elektrik

Nah, gitar satu ini sering banget dimainkan oleh anggota band modern. Dibandingkan gitar akustik, suara gitar elektrik memang lebih kencang. Selain itu, gitar ini juga nggak memiliki lubang seperti jenis gitar akustik. Getaran suara dari senar disalurkan ke bagian kumparan. 

Hasil suara gitar tersebut diubah menggunakan guitar effect buat menghasilkan efek suara yang khas. Gitar elektrik ini biasanya dimainkan bersama dengan instrumen musik lainnya. Walaupun identik dengan musik rock, gitar elektrik juga biasa dimainkan di dalam genre musik lainnya, lho.

3. Biola

Makoa Violin 4/4 Biola

Alat musik yang sophisticated ini ternyata juga termasuk ke dalam alat musik modern. Walaupun sama-sama memiliki senar, cara memainkan biola berbeda dari gitar. Buat memainkan alat musik ini, kamu harus menggesek senar tersebut dengan tongkat khusus. Biola punya 4 senar yang masing-masing mewakili kunci G-D-A-E. 

Masing-masing kunci disetel sedemikian rupa untuk menghasilkan nada interval kelima yang sempurna. Pemain biola atau violinis biasanya memainkan alat musik ini buat jenis musik klasik. Selain itu, biola juga sering banget lho dimainkan pada genre musik jazz, pop, hingga musik rakyat.  

4. Terompet

Alat Musik Tiup Flugel Lincoln Alat Drumband

Terompet adalah salah satu alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini punya 3 tombol yang harus ditekan secara bersamaan buat menentukan nada yang keluar. Biarpun kelihatannya gampang, ternyata memainkan terompet butuh teknik yang pas. Kamu harus punya nafas yang panjang dan kuat buat memainkan alat musik ini. Selain itu, Blibli Friends harus bisa mengatur sendiri udara yang lewat dengan menggunakan tombol-tombol yang ada. Sudah pernah coba memainkan alat musik ini?

5. Harmonika

Suzuki 10H 1072D Folk Master Harmonica

Dari semua alat musik modern, harmonika punya ukuran yang paling kecil dan paling gampang dibawa kemana-mana. Cara memainkan alat musik ini juga nggak terlalu rumit. Sehingga, siapapun bisa memainkannya. Harmonika ternyata sudah lama banget lho dikenal oleh masyarakat dunia. 

Alat musik ini pertama kali muncul 5000 tahun yang lalu di dataran China. Dulunya, harmonika ini disebut dengan nama “sheng”. Lambat laun, alat musik ini pun menyebar ke dataran yang lain dan berevolusi menjadi seperti yang Blibli Friends kenal saat ini.


Baca juga: Manfaat dan Efek Positif dari Nonton Festival Musik Langsung

Itulah beberapa jenis alat musik modern yang umum diketahui. Blibli Friends ingin belajar musik modern? Pertama-tama, pastikan kamu beli alat musik modern ini di Blibli. Koleksi alat musik di Blibli lengkap, lho! Harganya pun terjangkau. Sssst.. Selain itu, kamu bisa dapatkan voucher gratis ongkir, diskon menarik, dan masih banyak hadiah heboh lainnya hanya di Blibli. Seru, kan? Yuk, beli alat musik modern favoritmu sekarang juga dengan menggunakan Promo 4.4 Ramadhan Pasti Berkah. Cashback iftar 100%  dan diskon hingga 80%. Promo berlangsung dari tanggal 4-8 april 2022. Yuk, borong produk favoritmu dengan harga terbaik hanya di Blibli.

Dapatkan Berbagai Alat Musik Berkualitas Hanya di Sini!

 

Tag: