Jenis Alat Musik Melodis Berdasarkan Cara Penggunaannya

musik melodis

Bagi kamu yang suka musik tentunya sedikit paham tentang beberapa alat musik. Alat musik melodis merupakan salah satu jenis alat yang telah dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Alat musik ini akan menghasilkan nada dengan cara tertentu dan dapat berbunyi dalam satu waktu secara bersamaan. Menarik banget kan? 

Kebanyakan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik melodis ini akan mengatur nada utama pada sebuah lagu atau lantunan musik. Nah, ternayata nih alat musik pukul bernada yang ada saat ini masuk dalam golongan alat musik melodi, lho. Blibli Friends udah pada tahu belum sih?

Jadi gimana? Semakin tertarik ya mempelajari alat musik satu ini. Ternyata alat musik melodi juga memiliki berbagai cara penggunaan yang berbeda, lho. Wah, semakin penasaran deh cara apa aja sih yang bisa dilakukan ketika bermain alat musik melodi ini? Yuk simak ulasan di bawah ini.


Baca juga:  5 Alat Musik Tradisional yang Hampir Punah

  1. Dipetik

Ternyata nggak hanya bunga nih yang bisa dipetik, alat music juga bisa dipertik, lho. Salah satu contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik adalah gitar, ukulele, sasando, kecapi dan juga mandolin. Gitar sendiri merupakan alat musik yang memiliki 6 senar, jadi senar ini lah yang nantinya akan kamu petik dan dapat menghasilkan nada yang eargasm banget. 

Selain itu, gitar juga masuk ke dalam golongan musik harmonis yang berfungsi untuk membentuk chord yang berguna sebagai suara pengiring sebuah lagu. Jadi jangan heran bahwa peran gitar ternyata emang sepenting itu. Nggak sedikit juga para pencipta lagu hanya membutuhkan gitar sebagai satu-satunya alat musik untuk menyelaraskan nada yang diinginkan.

2. Digesek

Apa sih alat musik yang dimainkan dengan cara digesek? Kamu tentu mempunyai pertanyaan itu dikepala ketika mendengar kata digesek. Biola, alat musik yag satu ini akan menghasilkan nada yang sangat indah ketika dawai atau senar digesek oleh penggesek biola yang biasa disebut dengan Bow. 

Beda halnya dengan gitar biola memiliki bentuk yang lebih kecil karena kamu harus meletakkannya sejajar dengan pundak agar dapat menghasilkan nada yang merdu dan nggak fals. Selain itu biola juga hanya memiliki 4 senar aja. 

Eh, tapi ternyata ada beberapa alat musik selain biola yang juga dimainkan dengan cara digesek lho, yaitu cello dan rebab.

3. Ditiup

Cara lain memainkan alat musik yaitu dengan cara ditiup. Kamu bisa memainkan alat musik ditiup yang nantinya akan menghasilkan alunan nada yang merdu. Alat musik yang masuk dalam golongan ini yaitu seruling, flute, recorder, terompet dan juga saxophone. 

Kamu dapat bermain dan menyesuaikan tiupan untuk menghasilkan sebuah melodi dari alat musik ini. Tapi jangan lupa untuk memahami teknik dasar meniup agar tidak salah nada ketika memainkan beberapa alat musik tersebut. Selain itu, kamu juga diharuskan rajin untuk berlatih pernapasan agar nada yang dihasilkan tidak terputus karena kamu memiliki napas yang pendek.

4. Ditekan

Cara laian untuk memainkan sebuah alat musik adalah dengan ditekan. Cara bermain alat musik ini cukup mudah tapi tentu saja tetap membutuhkan kelihaian jari-jemari dalam memainkannya. Piano, keyboard, organ masuk dalam kumpulan alat musik yang dapat dimainkan dengan cara ditekan. Kamu yang tertarik untuk mendalami alat musik ini bisa banget untuk segera belajar memainkannya. 

5. Digoyang 

Apa sih alat musik yang dimainkan dengan cara digoyang? Nah, satu-satunya alat musik yang bisa dimainkan dengan digoyang yaitu angklung.  Ketika kamu menggerakan atau menggoyangkan angklung maka akan tercipta nada lembut yang akan memanjakan telinga.


Baca juga: Tiga Bukti Musik Jazz Mempunyai Pengaruh Signifikan

Alat musik melodis kini telah hadir dengan tampilan baru dan menggunakan berbagai teknologi modern. Bagi Kamu yang cinta musik dan nggak sabar memainkan musik melodis, segera lengkapi alat musik milikmu dengan beli di toko online Blibli. 

Temukan Berbagai Alat Musik Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY