Yuk, Cari Tahu Jenis-Jenis Alat Musik Kecapi Ini

alat musik kecapi
Image Source: beranihijrah.com

Saat dengar kata “alat musik kecapi”, hal pertam apa yang terlintas di dalam benakmu? Pastinya, kamu bakal langsung menghubungkan alat musik ini dengan negara China. Memang, kecapi adalah alat musik tradisional khas China. Tapi, alat musik berdawai ini juga jadi salah satu alat musik Nusantara, lho. Lebih tepatnya, alat musik ini berasal dari kawasan Jawa Barat, di daerah Kuningan. Kecapi sering banget dimainkan untuk pertunjukan musik tradisional. 

Contohnya, seperti dalam tembang-tembang Sunda, atau yang lebih populer disebut dengan Mamaos Cianjuran. Kecapi khas Jawa Barat ini dibuat dari jenis kayu sentul. Memang, jenis kayu ini efektif banget sebagai penghantar suara. Seiring dengan berkembangnya zaman, kecapi juga ikut berubah. Nah, di Indonesia ada beberapa macam kecapi nih. Cari tahu di sini, yuk.


Baca juga: Cemilan yang Bikin Kamu Rindu Kampung Halaman

  1. Kecapi Indung

alat musik kecapi
Image Source: silontong.com

Kecapi indung, atau yang juga akrab disebut dengan kecapi induk adalah jenis kecapi yang punya ukuran besar. Dibandingkan kecapi-kecapi lainnya, kecapi indung ini memang yang paling bongsor. Kecapi ini biasanya digunakan sebagai alat musik utama yang memimpin iringan musik dengan tempo nada yang sedang. 

Di dalam pertunjukan, kecapi indung biasanya dipasangkan dengan kecapi rincik dan suling. Alunan kecapi rincik dan suling harus mengikuti panduan yang diberikan oleh kecapi indung. Di daerah lain, kecapi indung juga disebut dengan kecapi gelung, kecapi tembang, kecapi parahu, dan kecapi pantun.

2. Kecapi Rincik 

kecapi
Image Source: wikipedia

Kalau kecapi indung dapat sebutannya karena ukuran badan kecapi yang besar, hal yang sama juga diterapkan pada kecapi rincik. Kecapi rincik punya ukuran badan yang lebih kecil daripada kecapi induk. Kata “rincik” berasal dari bahasa Sunda yang berarti “kecil”. Fungsi dari kecapi rincik ini nggak lain hanyalah sebagai pengiring musik saja. Jadi, dia nggak bisa memimpin iringan musik, yang jadi tugas dari kecapi indung.

3. Kecapi Perahu

kecapi perahu
Image Source: beranihijrah.com

Kalau dilihat dari segi bentuk, kecapi juga terbagi jadi beberapa jenis, lho. Salah satunya adalah kecapi perahu. Disebut demikian soalnya bentuk dari kecapi ini memang menyerupai tempurung perahu. Karena ukurannya yang besar, kecapi jenis ini termasuk ke dalam jenis kecapi indung. 

Proses pembuatan kecapi ini memakan waktu yang lumayan lama, lho. Kecapi perahu ini terbuat dari bahan kayu yang direndam selama kurang lebih 3 bulan. Lama banget, kan? Baru deh, kayu tersebut dipahat dan dibentuk jadi bentuk perahu.

4. Kecapi Siter

Image Source: satujam.com

Kecapi Siter punya bentuk yang lebih sederhana dibandingkan jenis kecapi perahu. Kecapi ini berbentuk trapesium. Pada permukaan kayu kecapi itu juga terdapat lubang resonansi. Biarpun bentuknya beda, cara memainkan kecapi ini sebenarnya nggak jauh beda dengan jenis-jenis kecapi lainnya.

5. Kacapi Kalimantan

kecapi
Image Source: ethnic.INA.com

Terakhir, ada kacapi Kalimantan. Kecapi ini punya bentuk yang unik dan beda dari kecapi-kecapi sebelumnya. Kacapi Kalimantan punya bentuk yang menyerupai burung enggang. For Your Information, burung enggang adalah spesies burung yang dinilai sakral di kalangan masyarakat Kalimantan Tengah. 

Alat musik kecapi ini juga hanya dimainkan buat menyambut tamu kehormatan. Material kacapi Kalimantan ini terbuat dari bahan kayu pohon hanjalulung. Dulunya, kecapi ini pakai dawai dari bahan kulit kayu atau rotan. Tapi, lambat laun, makin banyak kacapi Kalimantan yang terbuat dari material belang nilon atau kawat. Suara yang dihasilkan juga khas banget.


Baca juga: Saung Angklung Udjo yang Legendaris

Penasaran ingin memiliki alat musik kecapi? Kamu bisa menemukan alat musik tradisional ini di Blibli. Toko online ini menawarkan berbagai model kecapi dengan desain cantik dan asyik buat dimainkan. Ingin dapat alat musik lainnya dengan harga yang lebih murah? Ada promo diskon dan voucher belanja dari Blibli, lho. Blibli Friends juga bisa banget pakai layanan free ongkos kirim buat aktivitas belanja yang lebih hemat. 

Temukan Berbagai Alat Musik Menarik di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY