Ini Alat Musik Jawa Tengah yang Paling Populer

Alat Musik Jawa Tengah – Salah satu hal paling menarik dan bikin kamu jatuh cinta dengan daerah Jawa Tengah adalah keragaman keseniannya. Contohnya adalah pertunjukan musik gamelan. Gamelan adalah ansemble atau himpunan dari berbagai alat-alat musik tradisional dari penjuru Nusantara. Dengan adanya pertunjukan gamelan, kamu jadi nggak perlu keliling satu-persatu daerah di Indonesia buat menikmati sajian musik dari masing-masing daerah. Nah, di dalam gamelan ada banyak banget alat musik khas Jawa Tengah. Penasaran apa saja? Simak ulasannya berikut ini, yuk.


Baca juga: Lirik Lagu Daerah Jawa Tengah Lengkap dengan Video & Maknanya

  1. Demung

demung- alat musik jawa tengah
Image Source: cerdikia

Demung adalah salah satu alat musik Jawa Tengah yang sering ditemukan di dalam permainan gamelan. Alat musik yang masih tergolong di dalam jenis alat musik balungan ini terbuat dari bahan logam kuningan yang dipukul dengan alat pemukul khusus. Alat musik Demung ini menghasilkan 2 nada, yaitu nada pelog dan nada slendro. Bentuknya yang besar ternyata justru berbalik 180 derajat dari suara yang dihasilkan. Demung justru punya suara beroktaf rendah.

2. Kecapi Siter

OEM Kecapi Harpa Khas Batak
OEM Kecapi Harpa Khas Batak

Kecapi siter adalah alat musik petik satu-satunya yang ada di dalam pertunjukan gamelan. Alat musik ini dimainkan dengan nada slendro dan nada pelog. Buat memainkan kecapi siter, pemain kecapi memetik bagian senar dengan ibu jari. Nah, bagian jari yang lain berfungsi buat meredam efek getaran saat senar yang lain dipetik. Kecapi siter umumnya punya panjang kurang lebih 30 cm. Selain berfungsi sebagai pengiring, kecapi siter ini juga berperan sebagai penanda cengkok.

3. Gambang

Central kerajinan Miniatur Gamelan Gambang 8 Bilah Mainan Tradisional
Central kerajinan Miniatur Gamelan Gambang 8 Bilah Mainan Tradisional

Sekilas, gambang kelihatan mirip banget dengan demung. Apalagi, keduanya memang merupakan alat musik pukul. Bedanya, bilah-bilah gambang terbuat dari kayu jati atau bambu. Secara total, ada sekitar 20 bilah gambang, masing-masing hasilkan nada yang berbeda. Biasanya, bilah gambang dengan nada paling tinggi punya bentuk yang lebih tebal, pendek, dan sempit. Sebaliknya, justru bilah dengan nada suara terendah yang punya bentuk paling lebar dan panjang. Alat musik ini biasanya dimainkan di dalam pertunjukan orkes gambang kromong dan gambang rancag. 

4. Saron 

alat musik jawa tengah - gamelan saron
Image Source: wikipedia

Sama seperti demung, saron juga termasuk ke dalam jenis alat musik balungan. Saron menghasilkan nada dengan oktaf yang lebih tinggi dibandingkan demung. Tapi, bentuknya memang lebih kecil. Di dalam pertunjukan orkes gamelan, biasanya ada 4 buah saron yang masing-masing bisa menghasilkan nada slendro maupun pelog. Saron biasanya dimainkan bergantung dari jenis gendhing dan komando alat musik kendang. 

5. Bonang

bonang - alat musik jawa tengah
Image Source: mimo-international.com

Selain jadi alat musik kebanggaan masyarakat Sunda, bonang juga jadi alat musik Jawa Tengah. Buat memainkan alat musik gamelan ini, kamu harus memukul bagian tonjolan, yang sering disebut dengan pencu atau pencon. Alat yang digunakan buat memukul bagian pencu itu adalah bindhi yang berjumlah 2 buah. Masing-masing suara yang dihasilkan sudah pasti berbeda. Bergantung dari jenis dan ukuran bonang yang dipukul. Bonang berfungsi sebagai pembubuh melodi di dalam pertunjukan gamelan.

6. Kempul

Alat musik jawa tengah - kempul
Image Source: Ensyclopedia DKI Jakarta

Masih banyak lho orang-orang yang salah menyebut kempul sebagai gong. Memang, sih. Dari segi bentuk, kempul kurang lebih mirip dengan gong. Perbedaannya, ukuran alat musik satu ini lebih kecil. Biarpun kecil, suara yang dihasilkan alat musik ini lebih tinggi dibandingkan gong. Makin kecil ukuran kempul, maka makin tinggi pula suara yang dihasilkan.


Baca juga: Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Bagai di Khayangan

Itulah 6 alat musik Jawa Tengah yang paling familiar. Blibli Friends ingin memiliki alat-alat musik di atas? Gampang banget, kamu bisa langsung beli di Blibli. Blibli menawarkan produk alat-alat musik dengan detail yang mengagumkan, lho. Kamu juga bisa manfaatkan promo diskon atau voucher buat dapatkan harga yang lebih murah. Nggak perlu khawatir alat musik pesananmu rusak, ya. Soalnya, pengemasan dari Blibli sudah terbukti kuat dan menjaga barang pesananmu dengan baik. Coba sendiri, deh! 

Dapatkan Berbagai Alat Musik Terlengkap di Sini! 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY