Alat Musik Jawa Barat Paling Populer

alat musik jawa barat

Alat Musik Jawa Barat – Buat kamu yang sudah pernah berkunjung ke Jawa Barat pasti dibuat jatuh cinta. Kota-kota di provinsi Jawa Barat ini memang punya pesona keindahan alam, kuliner, dan kebudayaan yang keren banget. Nggak cuma itu, masyarakat Jawa Barat juga punya kecintaan mendalam terhadap seni musik. Selain jadi tempat lahir para musisi Indonesia modern, Jawa Barat juga punya berbagai macam alat musik tradisional. Blibli Friends wajib banget tahu jenis alat musik Jawa Barat berikut ini.


Baca juga: Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Kamu Beli Saat Berlibur Nanti

  1. Rebab

alat musik jawa barat
Image Source: saran.id

Rebab adalah salah satu alat musik Jawa Barat yang paling dibanggakan. Tahu nggak, ternyata alat musik ini juga termasuk ke dalam instrumen tertua di Indonesia. Konon, rebab sudah mulai dikenal masyarakat Jawa Barat sejak Masehi abad ke-9 dan diperkenalkan oleh pedagang dari Timur Tengah. 

Rebab di Jawa Barat terbuat dari bahan kayu dengan bentuk yang mirip dengan busur dan panah. Tapi, wujud alat musik ini ternyata berbeda jauh dari rebab versi era baheula. Saat pertama kali dibawa ke Jawa Barat, rebab terbuat dari bahan logam yang terdiri dari 3 dawai. Cara memainkan rebab mirip banget dengan biola, yaitu dengan cara digesekkan dengan tongkat khusus. Blibli Friends sudah pernah memainkan alat musik ini belum?

2. Karinding

alat musik jawa barat
Image Source: DjarumCoklat.id

Karinding adalah alat musik Jawa Barat yang unik banget. Alat musik ini punya ukuran yang kecil dan ringan banget. Sekilas, kamu bahkan nggak akan menyadari kalau itu adalah sebuah alat musik. Karinding terbuat dari material bambu. Walaupun, ada juga orang-orang yang bikin alat musik ini dari pelepah aren. Karinding dari bambu biasa dimainkan oleh kaum perempuan. 

Sedangkan, karinding yang terbuat dari pelepah aren dimainkan oleh laki-laki. Cara memainkan alat musik tradisional ini adalah dengan ditiup. Buat memainkan alat musik ini, kamu perlu meletakkannya pada bibir. Setelah itu, baru deh kamu tepuk bagian pemukul dengan menggunakan tanganmu. Karinding populer banget di kalangan petani Jawa Barat. Mereka pakai alat musik ini buat menghalau hama di sawah.

3. Angklung

alat musik jawa barat
Sets of Angklung in various size and octave, Saung Angklung Udjo

Blibli Friends pastilah nggak asing dengan alat musik satu ini. Angklung memang termasuk ke dalam ensembel permainan gamelan yang populer banget di kalangan masyarakat Jawa. Angklung terbuat dari bilah-bilah bambu yang dipotong pada bagian ujung-ujungnya. Buat memainkan alat musik ini, kamu cukup menggoyangkannya dengan ritme tertentu. 

Di dalam dunia musik, angklung termasuk ke dalam jenis alat musik idiofon. Artinya, nada yang dihasilkan seluruhnya berasal dari alat musik itu sendiri. Alat musik ini juga termasuk ke dalam instrumen multitonal, atau yang punya nada ganda. Keren, kan? 

4. Calung

Image Source: Indonesiakaya.com

Sekilas, alat musik calung memang kelihatan mirip banget dengan angklung. Biarpun sama-sama termasuk ke dalam alat musik Jawa Barat, ternyata calung berbeda dari angklung. Calung terbuat dari bahan bambu khusus yang disebut dengan bambu awi wulung, atau bambu hitam. Tapi, ada juga jenis calung yang terbuat dari material bambu ater. Alat musik ini terbagi jadi 2, yaitu calung jinjing dan calung rantay. 

Buat memainkannya, kedua jenis calung memang sama-sama harus dipukul. Bedanya, calung rantay punya ukuran yang lebih besar dan lebar. Jadi, kamu harus memainkannya dengan kedua tangan dengan cara bersila. Sedangkan, calung jinjing punya ukuran yang lebih kecil. Jadi, kamu bisa memainkannya dengan satu tangan saja. 

5. Celempung

alat musik jawa barat
Image Source: Blog / Kasundaan

Sama seperti alat-alat musik khas Jawa Barat lainnya, celempung terbuat dari kulit bambu. Kulit bambu ini ditata secara berdampingan dan dimainkan dengan cara dipukul. Suara yang dihasilkan berasal dari resonansi dari bagian dalam bilah-bilah kulit bambu. Celempung menghasilkan nada slendro dan pelog. Instrumen musik ini bisa Blibli Friends temukan di pertunjukan gamelan siteran. 

__________________________

Baca juga: Arungi Kota-Kota di Jawa – Part 1

Itulah rekomendasi alat musik Jawa Barat yang menarik buat kamu ketahui. Sekarang, kamu bisa beli alat-alat musik daerah unik ini di Blibli. Kamu bisa dapatkan harga yang terjangkau lewat penawaran promo dan diskon voucher. Blibli Friends jadi lebih bisa mendalami seni musik tradisional Jawa Barat. Seru, kan?

Dapatkan Berbagai Alat Musik Berkualitas di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY