me

Alat Musik Harmonis, Pengertian dan Jenis-jenisnya

Nov 13, 2023.By Blibli Friends
Bagikan

getlost.id

Blibli Friends masih ingat nggak tentang bab alat musik yang kamu pelajari di bangku sekolah? Alat musik adalah alat-alat yang biasa dimainkan buat menghasilkan rangkaian melodi. Tiap alat musik yang kamu tahu punya karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda. 

Suara yang dihasilkan juga pastinya beda. Tapi, perbedaan itulah yang bikin keanekaragaman musik makin berkembang. Secara umum, alat musik dibagi jadi 3 jenis, salah satunya adalah alat musik harmonis. Apa sih yang dimaksud dengan alat musik jenis harmonis, dan apa aja jenis-jenisnya? Penyegaran sejenak dengan baca ulasan di sini, yuk.

Baca juga: 5 Rekomendasi Keyboard Musik Terbaik 


Apa Itu Alat Musik Harmonis?

detik.com

Kamu tahu nggak sih apa yang dimaksud dengan alat musik harmonis? Mudahnya alat musik harmonis adalah alat musik yang dimainkan untuk harmoni dalam sebuah lagu. Biasanya alat musik ini memiliki banyak nada dan tone yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Nggak heran kalau kreativitas dan konsentrasi memang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan nada yang diinginkan. 

Kamu bisa memainkan tingkatan nada yang banyak sekaligus dengan menggunakan alat musik harmonis ini. Fungsi utama yang diberikan oleh alat musik harmonis adalah memperindah sebuah lagu dan menjadi melodi pengiring musik. Sehingga paduannya menjadi lebih enak didengar di telinga dibandingkan hanya ketukan dari alat musik pukul saja. 

Secara umum ada tiga karakteristik yang membuat alat musik memenuhi kriteria ke dalam alat musik harmonis yakni adanya ritme, harmoni dan melodi. Semua alunan nada dan harmoni itu akan membentuk lantunan super merdu dan membuat lagu menjadi lebih ramai dan berirama.

Macam-Macam Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis ada apa saja sih? Kamu yang penasaran dan pengen tahu lebih lanjut bisa cek semua penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Piano 

kawai.com.au

Jenis alat musik harmonis pertama yang perlu kamu tahu adalah piano. Piano adalah alat musik klasik dan modern yang keberadaannya sudah cukup populer karena digunakan untuk permainan pribadi maupun pertunjukan khusus. Piano sendiri cukup banyak pilihan jenis dan ukurannya meskipun cara bermainnya cenderung hampir sama. 

Piano pertama kali dibuat pada tahun 1700 oleh Bartolomeo Cristofori. Beliau merupakan orang Italia yang lahir pada 4 Mei 1655 dan wafat pada 27 Januari 1731. Piano memiliki barisan tuth yang berbentuk horizontal. Cara memainkannya juga mudah kamu hanya perlu menekan tuth sesuai nada yang diinginkan. 

Piano bisa dimainkan secara tunggal tanpa perlu adanya penambahan alat musik lainnya maupun dipadukan dengan suara manusia. Piano ada yang modelnya klasik berbentuk besar dari bahan kayu yang kokoh maupun ada yang piano modern dengan model lebih simpel. Untuk yang besar dan klasik biasanya tuth memang lebih banyak. 

Piano memang kerap ditemukan di rumah-rumah klasik untuk hiasan maupun memang dimainkan oleh pemilik rumahnya. Alat musik ini dibandrol dengan harga yang nggak murah sehingga nggak semua orang memilikinya. Nggak heran kalau skill permainan piano juga sangat dipertimbangkan dan banyak pengadaan penampilan solo dari permainan piano ini. 

Keyboard 

usa.yamaha.com

Jenis alat musik harmonis keduanya adalah keyboard. Banyak orang yang menganggap piano dan keyboard ini sama padahal keduanya merupakan alat musik yang berbeda meskipun memang dalam keyboard juga ada tuth-tuth yang bisa dipencet. Uniknya dalam keyboard memuat cukup banyak komponen harmoni yang bisa melengkapi musik menjadi lebih kompleks. 

Komponen yang ada di dalam keyboard meliputi potensiometer volume, pitch, monulation, voice, style, sequencer, parameter monitor, speaker sampai dengan multi track. Dibandingkan piano keyboard memang lebih praktis dibawa ke mana-mana karena ukurannya juga lebih minimalis. Hanya saja bedanya piano nggak membutuhkan listrik sementara keyboard butuh. 

Keyboard menggunakan kabel sambungan adaptor yang bisa disambungkan dalam pengoperasiannya. Meskipun memang beberapa jenis keyboard sudah dilengkapi dengan baterai jadi lebih praktis lagi. Uniknya volume keyboard ini juga bisa diatur sementara untuk volume piano lebih nggak bisa diatur. 

Keyboard dianggap sebagai alat musik yang bisa berdiri tunggal karena sudah mampu memuat cukup banyak komponen musik di dalamnya. Sehingga ketika dipadukan dengan suara manusia saja sudah cukup ramai dan berirama. 

Harmonika 

kompasiana.com

Jenis alat musik yang ketiganya adalah harmonika. Kamu tentunya sudah nggak asing dengan alat musik yang satu ini bentuknya persegi panjang dan kecil sehingga bisa dipegang dengan mudah. Alat ini dimainkan dengan cara tiup. Nantinya ada lubang-lubang yang bisa kamu tiup dan menghasilkan suara yang berbeda nadanya. 

Banyak yang nggak tahu kalau sebenarnya alat musik ini merupakan alat musik tradisional dari China yang disebut dengan ‘Sheng’ namun sudah mendunia. Kini harmonika sudah meluas dan digunakan untuk perpaduan beragam jenis alat musik seperti pop, rock, country, blues dan masih banyak lainnya untuk memberikan sentuhan yang lebih menarik. 

Harmonika dulunya hanya digunakan sebagai alat musik iringan yang kurang diminati namun semakin berkembangnya zaman harmonika mulai dikenalkan secara meluas. Harmonika banyak digunakan untuk bermain anak-anak meskipun mereka belum mengenal nadanya dengan benar. 

Biola 

bekasiorchestra.blogspot.com

Jenis alat musik keempat yang perlu kamu tahu adalah biola. Biola dikenal sebagai alat musik harmonis yang menggunakan dawai dan cara memainkannya digesek. Biola sendiri memiliki empat buah senar dengan nada G, D, A, dan E di mana nada yang paling rendah adalah G dan nada paling tinggi adalah E. 

Meskipun terlihat sama kamu perlu tahu kalau biola ini ada banyak jenis dan macamnya meliputi biola alto, cello, kontra bass, dan double bass. Untukmu yang pengen mendapatkan nada tinggi bisa banget mempelajari atau membeli tipe kontra bass. Nggak heran kalau biola ini juga kerap dimainkan secara berkelompok. 

Biola identik dengan alat musik mewah mengingat harga dan perawatannya juga nggak murah. Nggak banyak orang yang bisa telaten memiliki dan belajar biola sampai bisa. Namun biola sendiri memang banyak dipakai dalam pertunjukan mewah ala nuansa klasik yang keren banget. 

Gitar 

kids.grid.id

Siapa yang nggak kenal gitar? Gitar menjadi salah satu alat musik harmonis yang terkenal banget bahkan hampir semua usia senang memainkannya. Gitar menjadi pilihan alat musik yang mampu dimainkan tanpa perlu tambahan alat musik lainnya karena sudah cukup ramai bernada untuk mengiringi suara orang yang bernyanyi atau disebut dengan gaya akustik. 

Gitar memiliki sebanyak 6 senar yang bisa dimainkan dengan cara dipetik bahkan bebas dipakai untuk pengiring banyak jenis lagu. Gitar termasuk alat musik yang multifungsi dan bisa melebur dengan banyak alat musik lainnya. Setidaknya ada dua jenis gitar yang perlu kamu tahu yakni akustik dan gitar elektrik.

Gitar akustik nggak membutuhkan alat bantu apapun untuk memainkannya biasanya biar lebih nyaring bawahnya diberikan mikrofon atau langsung disambungkan dengan listrik. Sementara untuk gitar elektrik memang harus banget disambungkan ke listrik biasanya untuk kebutuhan melodi band dan petikan yang lebih variatif suaranya. 

Meskipun ada dua jenis gitar namun kamu nggak perlu khawatir karena cara memainkannya sama saja antara yang klasik maupun elektrik. Keduanya tetap menggunakan jenis kunci, cara pegang dan petik yang sama. Hal utama yang membedakannya adalah di bagian melodi dan petikannya. Biasanya akustik untuk suara genjreng sementara elektrik untuk membuat nada melodi. 

Saksofone 

pexels.com

Jenis alat musik keenam yang bisa dimainkan adalah saksofone. Alat musik ini asalnya dari Belgia dan dibuat oleh pemain klarinet bernama Adolphe Sax pada awal tahun 1840. Saksofone dulunya kurang dikenal dan hanya dimainkan untuk acara khusus namun saat ini keberadaannya menjadi lebih meluas dan bisa digunakan saat acara apapun. 

Cara memainkan saksofone ini adalah dengan cara meniup dan menekan secara bersamaan. Secara umum alat musik ini memang banyak digunakan dalam pertunjukan jazz. Alat musik ini sangat menyenangkan untuk dimainkan sehingga nggak heran kalau banyak juga dipelajari untuk anak SD yang pengen belajar mengenai alat musik. 

Harpa 

esplanade.com

Alat musik harmonis selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah harpa. Cara memainkannya mirip gitar yakni dengan dipetik secara berdiri maupun duduk mengingat ukurannya juga sangat besar. Sebenarnya jika diperhatikan lebih mendalam harpa ini cara mainnya nggak benar-benar dipetik melainkan dengan cara menekan senarnya. 

Jadi, salah satu jari bakalan menekan senar kemudian jari lainnya akan memetik senar. Harpa sendiri bukan alat musik yang mudah ditemukan bahkan nggak semua orang familiar melihatnya. Kebanyakan harpa digunakan untuk pementasan atau permainan solo yang spektakuler mengingat harganya juga nggak murah. 

Cello 

dolceviolins.net

Alat musik kedelapan yang perlu kamu tahu adalah cello. Alat musik ini termasuk jenis alat musik klasik yang masih banyak dimainkan sampai saat ini. Jika dilihat sekilas alat musik ini memang mirip dengan biola namun ukurannya beda jauh. Cara memainkannya beda dengan biola bukan digesek melainkan dipetik dan ditekan bagian senarnya. 

Cello nggak bisa ditemukan di banyak pertunjukan musik, biasanya cello hanya ada di konser musik klasik meskipun saat ini sudah banyak yang mencoba memadukannya dengan genre musik lainnya. Tujuannya adalah biar cello nggak punah dan semakin banyak orang yang tertarik untuk mempelajarinya. 

Beberapa paduan musik yang sudah memasukkan cello ke dalam alunan musiknya adalah rok, metal, pop dan masih banyak jenis lainnya. 

Sasando 

suaranusantara.co

Alat musik kesembilan yang perlu kamu tahu adalah sasando. Sasando ini merupakan alat musik tradisional yang berasal dari NTT, tepatnya dari Rote. Alat musik ini merupakan tipe dawai yang cara memainkannya adalah dengan cara dipetik. Alatnya terbuat dari bahan bambu yang dibentuk melingkar dari bagian atas sampai ke bawahnya. 

Biasanya bagian bawah digunakan untuk menyangga senar. Sasando dilengkapi dengan jumlah senar yang lebih banyak yakni 28–58 senar. Biasanya sasando ini banyak digunakan untuk permainan musik tradisional namun sekarang juga sudah dipadukan dengan alat musik yang lebih modern. 

Gambus 

lamriau.id

Jenis alat musik yang kesepuluhnya adalah gambus. Alat musik harmonis ini juga mirip dengan gitar, bedanya gambus adalah alat musik tradisional sementara gitar termasuk modern. Kamu harus tahu kalau gambus merupakan alat musik yang diadaptasi dari alat musik arab yang bernama Al’ud. Sementara asal gambus sendiri adalah dari Riau. 

Gambus dibekali dengan beberapa senar dan cara memainkannya adalah dengan dipetik. Jumlah senarnya beda-beda ada yang 3 sampai 12 senar tergantung jenis gambus yang digunakan. 

Sampek 

student-activity.binus.ac.id

Jenis alat musik selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah sampek. Alat musik khas Kalimantan ini lebih mudah ditemukan pada suku Dayak. Sampek sendiri merupakan alat musik tradisional yang terus dikembangkan dengan permainan solo maupun memadukannya dengan alat musik modern biar tetap dikenal luas. 

Cara memainkannya adalah dengan cara dipetik dua sampai tiga dawai. Suara sampek ini memang khas banget dan bakalan membawamu seolah sedang berada di tempat asalnya karena saking merdunya. 

Celempung 

id.wikipedia.org

Jenis alat musik berikutnya yang perlu kamu tahu adalah celempung. Alat musik tradisional harmonis ini asalnya dari Jawa dan kerap dimainkan bersama dengan gamelan lainnya. Cara memainkannya juga mudah banget yakni dengan cara dipetik dengan senar sebanyak 11 buah. Alat musik ini terbuat dari bambu sebagai bahan utamanya. 

Alat musik ini jarang banget dimainkan secara tunggal karena bakalan kerasa sepi meskipun sudah ada irama di dalamnya. Sehingga lebih familiar dipadukan dengan suara gamelan lainnya sehingga menghasilkan harmoni yang lebih nyaman didengar di telinga.


Baca juga: Asah Kecerdasan Musikal Anak Sejak Dini

Gimana? Kamu jadi semakin tahu kan tentang bermacam-macam alat musik harmonis? Buat kamu yang butuh alat musik keyboard, recorder, atau alat musik harmonis lainnya bisa beli di Blibli. Ada promo diskon dan voucher yang bisa Blibli Friends manfaatkan. Bermain alat musik bakal terasa makin seru bareng Blibli!

Temukan Berbagai Alat Musik di Sini!

Tag: