Alat Musik Harmonis, Pengertian dan Jenis-jenisnya

alat musik harmonis

Blibli Friends masih ingat nggak tentang bab alat musik yang kamu pelajari di bangku sekolah? Alat musik adalah alat-alat yang biasa dimainkan buat menghasilkan rangkaian melodi. Tiap alat musik yang kamu tahu punya karakteristik dan fungsi yang berbeda-beda. 

Suara yang dihasilkan juga pastinya beda. Tapi, perbedaan itulah yang bikin keanekaragaman musik makin berkembang. Secara umum, alat musik dibagi jadi 3 jenis, salah satunya adalah alat musik harmonis. Apa sih yang dimaksud dengan alat musik jenis harmonis, dan apa aja jenis-jenisnya? Penyegaran sejenak dengan baca ulasan di sini, yuk.


Baca juga: 7 Festival Musik dan Seni di Asia yang Perlu Kamu Ketahui, Friends!

Apa Itu Alat Musik Harmonis?

alat musik harmonisAlat musik harmonis adalah alat musik yang dimainkan buat menciptakan harmoni di dalam sebuah lagu. Alat musik ini banyak banget jenisnya. Tapi, ada satu ciri khas yang biasanya ditemukan di alat-alat musik ini. Yaitu, kamu bisa menghasilkan 3 nada atau lebih dengan bersamaan menggunakan alat musik ini. 

Selain itu, alat musik ini juga punya susunan nada, atau yang lebih familier disebut dengan “chord”. Sekilas, karakteristik alat musik ini memang mirip banget dengan jenis alat musik melodis. Memang sih, alat musik ini bisa banget digunakan sebagai alat musik melodis. Tapi, ternyata ga semua bisa kamu mainkan sebagai alat musik harmonis.  

Jenis-jenis Alat Musik Harmonis

Nah, Blibli Friends sudah tahu kan dengan definisi dari alat musik harmonis? Jenis alat musik ini ternyata bermacam-macam, lho. Mau tahu apa aja contoh dari jenis alat musik jenis harmonis? Yuk, cari tahu di sini.

  • Keyboard

alat musik harmonis

Keyboard adalah salah satu jenis alat musik yang pastinya sering banget kamu temukan. Alat musik keyboard ini punya penampilan yang mirip banget dengan piano. Tapi, ukuran keyboard memang lebih kecil dan lumayan gampang buat dipindah-pindahkan. Selain itu, keyboard juga dilengkapi dengan fitur-fitur teknologi yang lebih canggih. 

Jadi, kamu nggak cuma bisa memainkan alat musik ini dengan suara asli aja. Tapi, Blibli Friends juga bisa coba memainkan suara dari instrumen lainnya, seperti piano, terompet, gendang, dan lain sebagainya. Nggak heran, banyak pengaransemen lagu yang pakai keyboard sebagai alat musik andalan mereka. Keyboard juga sering banget dimainkan di acara konser, pertunjukan orkestra, dan lain sebagainya.

  • Recorder

alat musik harmonis

Alat musik satu ini sudah pasti nggak asing buat kamu. Alat musik jenis suling ini memang sering banget dijadikan alat praktek saat pelajaran kesenian musik di bangku sekolah. Blibli Friends pasti pernah dong memainkan alat musik ini. Recorder ternyata juga termasuk ke dalam jenis harmonis, lho. 

Biarpun sedikit mirip dengan suling, recorder punya beberapa perbedaan, ya. Perbedaan yang pertama adalah dari segi bahan. Recorder biasanya terbuat dari jenis bahan plastik keras sintetis dengan warna dasar putih. Material itu memiliki 7 lubang di bagian badan. Perbedaan lainnya adalah, adanya lubang di bagian kepala recorder yang letaknya berlawanan dari 7 lubang di atasnya. 

Lagu masa kecil apa aja nih yang sudah pernah kamu mainkan dengan alat musik satu ini?

  • Angklung

Buat kamu yang pernah ikutan ekstrakurikuler karawitan kenal dong dengan alat musik satu ini. Angklung adalah alat musik tradisional dari Jawa Barat. Anggklung ternyata juga termasuk ke dalam jenis musik harmonis, lho. Satu alat musik angklung cuma bisa menghasilkan satu nada aja. 

Jadi, nggak heran kalau alat musik ini biasa dipegang oleh lebih dari satu orang. Alat musik angklung juga biasanya dimainkan bersama dengan alat musik tradisional lainnya, seperti bonang dan kolintang. 


Baca juga: Asah Kecerdasan Musikal Anak Sejak Dini

Gimana? Kamu jadi semakin tahu kan tentang bermacam-macam alat musik harmonis? Buat kamu yang butuh alat musik keyboard, recorder, atau alat musik harmonis lainnya bisa beli di Blibli. Ada promo diskon dan voucher yang bisa Blibli Friends manfaatkan. Bermain alat musik bakal terasa makin seru bareng Blibli!

Temukan Berbagai Alat Musik di Sini!

Yunita Dwi

Loves to run, sing, eat, and joget Korea.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY