Ini Lho Jenis-Jenis Alat Musik Gong di Asia

alat musik gong

Gong adalah alat musik yang pastinya sama sekali nggak asing di telinga. Nggak cuma di Indonesia saja, alat musik gong ini juga jadi alat musik khas yang dikenal semua warga dunia. Tiap negara juga pasti kenal gong dengan nama yang berbeda-beda. 

Mainly, ada 4 negara Asia yang paling familiar dan sering memainkan gong di dalam pertunjukan musik mereka. Indonesia sudah pasti ada di dalamnya. Selain itu, negara-negara Asia lainnya adalah China, Vietnam, dan Burma. Penasaran kan, seperti apa sih alat musik jenis gong ini di berbagai negara Asia? Yuk, simak ulasannya berikut ini.


Baca juga: Macam-macam Alat Musik Rebana, Sudah Tahu Belum?

  1. Gong Agung

alat musik gong agung
Image Source: kipas.nl

Gong agung adalah jenis gong yang pastinya familier di kalangan pencinta musik tradisional Nusantara. Gong dengan bingkai lebar ini memang punya ukuran yang besar banget. Makanya, nggak heran dia disebut sebagai gong agung, dimana kata “agung” berarti “besar” dalam bahasa Melayu. 

Nggak cuma ukurannya saja yang besar. Gong ini juga berat banget. Makanya, masyarakat lokal biasa menggantungkannya pada frame kayu. Selain populer di Indonesia, ternyata gong ini juga banyak dimainkan oleh masyarakat tradisional Filipina. Di Indonesia, alat musik ini sering ditemukan di kawasan Pulau Sulawesi. 

Gong agung terbagi jadi 2 bagian, yaitu pangandungan dan panentekan. Pangandungan adalah gong berukuran paling besar, yang menghasilkan nada rendah. Sedangkan, gong panentekan punya ukuran yang lebih kecil. Tapi, suara yang dihasilkan lebih tinggi. 

  • Bonang
bonang - alat musik jawa tengah
Image Source: mimo-international.com

Walaupun ukurannya nggak sebesar gong agung, tapi bonang juga termasuk ke dalam jenis gong, lho. Bonang adalah salah satu alat musik tradisional asal Jawa Tengah yang juga jadi salah satu instrumen musik gamelan. 

Gong-gong mini yang jadi unsur utama bonang ini sering banget disebut dengan nama pot atau ceret. Alat musik gong ini terbagi jadi 2, yaitu bonang slendro dan bonang pelog. Nah, alat musik bonang yang selama ini dikenal masyarakat ada 3 jenis, yaitu bonang penerus, bonang barung, dan bonang panembung. 

  • Pat Kon
pat kon gong
Image Source: intersports1995.com

Dari segi bentuk, Pat Kon punya keunikan dibandingkan jenis gong lain yang selama ini Blibli Friends tahu. Alat musik gong ini adalah instrumen musik berupa lonceng gong yang dimainkan oleh masyarakat Mon dari daratan Asia Tenggara. Lebih tepatnya, Pat Kon adalah alat musik yang jadi kebanggaan masyarakat Thailand. 

Lonceng Gong ini terbuat dari bahan logam kuningan yang terdiri dari 10 -15 unit gong kecil. Gong-gong itu ditempatkan di wadah bingkai kayu berbentuk bulan sabit yang diletakkan secara vertikal. Masyarakat suku Mon memainkan Pat Kon di acara upacara untuk menghormati roh-roh leluhur. Dalam bahasa suku Mon, Pat Kon berarti “10 anak gong”. Unik banget kan, Blibli Friends?

  • Rin Gong

alat musik gong

Kalau lihat penampilannya, Rin Gong benar-benar mirip dengan singing bowl yang biasanya dipakai buat bermeditasi. Tapi, ukuran dari Rin Gong memang lebih besar. Bentuknya juga unik, yaitu menyerupai mangkok yang besar banget. 

Beda dengan jenis alat musik gong lainnya, Rin Gong lebih sering dibunyikan saat acara ibadah atau untuk sesi semedi di Vihara. Tapi, di beberapa tempat di Asia Timur, seperti Jepang, Rin Gong juga dipakai buat menampilkan pertunjukan musik. 


Baca juga: 

Ingin miliki koleksi alat musik gong unik? Coba deh kamu cari di Blibli. Blibli tawarkan koleksi alat musik jenis gong yang bermacam-macam. Ukuran yang tersedia juga bermacam-macam. Kamu bisa beli gong ukuran kecil maupun ukuran besar sekalipun. Keselamatan gong pesananmu juga akan terjamin berkat sistem pengemasan yang aman. Jadi, Blibli Friends nggak perlu lagi beli beli alat musik di Blibli.

Temukan Berbagai Alat Musik Berkualitas Lainnya Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY