Ini Jenis Alat Musik Gendang yang Ada di Indonesia

Alat Musik Gendang – Indonesia kaya akan keberagaman alat musiknya, mulai dari alat musik modern hingga alat musik tradisional yang berdekatan erat dengan adat istiadat. Salah satu alat musik tradisional ini adalah kendang atau gendang. Alat musik gendang merupakan salah satu jenis alat musik ritmis tradisional yang umumnya digunakan untuk mengiringi lagu daerah atau lagu dangdut. Ternyata kendang memiliki banyak jenis, lho Blibli Friends. Apa aja itu? Simak dalam ulasan di bawah ini, ya. 


Baca juga: 7 Festival Musik dan Seni di Asia yang Perlu Kamu Ketahui, Friends!

  • Gendang Jaipong

KENDANGA JAIPONG
KENDANGA JAIPONG

Sama halnya dengan namanya, jenis gendang yang satu ini umum digunakan untuk mengiringi tarian jaipong. Gendang yang satu ini sangat populer di telinga orang Indonesia tanpa disadarinya. Hal itu karena, selain digunakan untuk mengiringi tarian Jaipong, jenis yang satu ini juga sering dipakai untuk mengiringi tarian dangdut. Bahkan tarian jaipong pun sudah terkenal hingga kalangan internasional karena penari dari Indonesia sering membawakannya.

  • Gendang Batangan atau Ciblon

jenis gendang batangan
Image Source: Tumpi.id

Jenis gendang yang satu ini terbilang cukup unik karena memiliki nada yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis gendang lainnya. Sekilas, gendang ini mungkin mirip dengan gendang lainnya. Hanya saja, ukuran tabungnya sedikit berbeda karena perlu menyesuaikan untuk menghasilkan nada yang lebih tinggi. 

  • Gendang Ketipung

KENDANG KETIPUNG DANGDUT
KENDANG KETIPUNG DANGDUT

Jenis yang ini mungkin termasuk jenis yang banyak dikenal di Indonesia karena ukurannya yang paling kecil. Meskipun paling kecil, jenis gendang ini memiliki fungsi yang cukup vital dalam sebuah lagu. Bunyinya yang khas dan nyaring membuat gendang ini sebagai penanda dari cepat atau lambatnya lagu terutama lagu dangdut. Gendang ketipung ini juga digunakan pula untuk mengiringi tarian Jaipong, lho!

  • Gendang Ageng

gendang ageng
Image Source: Nasional Music Museum

Kata ageng merupakan kata yang berasal dari bahasa jawa yang artinya besar. Sama halnya dengan namanya, ukuran gendang yang satu ini juga besar. Tidak hanya itu, gendang ini juga sering digunakan untuk mengiringi beragam upacara dan acara besar. Umumnya, gendang ageng digunakan untuk mengiringi sebuah kesenian atau pagelaran karawitan.

  • Gendang Penunthung
jenis gendang penunthung
Image Source: alatmusik.id

Berikutnya adalah jenis gendang yang sering kali dipadukan dengan gendang ageng. Umumnya, gendang penunthung berkolaborasi dengan gendang ageng terutama ketika ada pagelaran kesenian gamelan jawa. Ukuran gendang penunthung sedikit lebih besar dibandingkan dengan gendang ketipung. Suaranya pun cukup nyaring dan halus. Gendang penunthung ini juga lebih umum dipakai oleh seorang pemain gendang yang sudah ahli.

  • Gendang Sabet

jenis gendang sabet
Image Source: alatmusik.id

Gendang yang satu ini merupakan jenis gendang yang umum digunakan untuk pertunjukan wayang kulit. Kalau kamu sering atau pernah melihat pertunjukan wayang kulit, kamu akan mendengarkan suara gendang ini dengan nyaring terutama ketika ada adegan peperangan. Hal itu sebenarnya sama dengan makna nama dari gendang ini, yakni peperangan. Jadi, sangat umum untuk memainkan gendang ini dengan keras karena ditujukan untuk membangun suasana yang menegangkan. 


Baca juga: Asah Kecerdasan Musikal Anak Sejak Dini

Sebagai salah satu jenis alat musik ritmis, pemain gendang perlulah memiliki keahlian untuk memainkan tempo lagu. Nah, kalau kamu termasuk orang yang ahli memainkan tempo lagu, tidak ada salahnya untuk mencoba bermain musik ritmis yang jenisnya pun cukup banyak. Kalau berminat, langsung aja deh pilih alat musik dan langsung beli di toko online Blibli. Toko online terlengkap di Indonesia ini menyediakan berbagai jenis alat musik ritmis yang bisa kamu pilih berdasarkan keinginan. Dapatkan harga murah ketika sedang promo, ya!

Dapatkan Berbagai Alat Musik Terlengkap Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY