Jenis-Jenis Alat Musik Gamelan, Kamu Wajib Tahu!

alat musik gamelan

Alat Musik Gamelan – Buat Blibli Friends yang tinggal di Pulau Jawa, pastinya kenal dong dengan alat musik gamelan. Gamelan bukanlah nama dari satu alat musik saja, melainkan ansambel dari alat-alat musik tradisional. Alat musik ini nggak cuma sering dimainkan di pertunjukan musik tradisional di Jawa. 

Tetapi, kamu juga bisa menemukan alat musik satu ini di Pulau Bali dan Pulau Lombok. Kalau kamu sudah pernah berlibur ke dua pulau itu, pastilah sering mendengar permainan musik dengan gamelan ini dilantunkan. Alat-alat musik di dalam gamelan ini dimainkan dengan aturan melodi yang sudah ditentukan. 

Jadi, nggak heran suara yang dihasilkan pun terdengar harmonis. Nah, Blibli Friends sudah tahu belum apa saja jenis-jenis alat musik tradisional yang tergabung di dalam gamelan?


Baca juga: Kamu Musisi Pemula dan Mengalami Kesulitan? Ikuti Tips dari 5 Musisi Top Ini!

  1. Kendang

gamelan kendang
Image Source: Fisela Music

Kendang adalah salah satu alat musik pukul yang tergabung di dalam ansambel alat musik gamelan. Alat musik ini berasal dari kawasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditabuh menggunakan tangan. Buat memainkan alat musik ini, nggak boleh dilakukan oleh sembarang orang, lho. 

Seorang pemain kendang harus benar-benar mendalami kebudayaan Jawa. Untuk memainkan kendang, nggak ada aturan melodi yang harus diikuti. Semuanya benar-benar bergantung pada naluri dari pengendang itu sendiri. Jadi, nggak heran kalau suara tabuhan kendang dari satu pengendang dengan yang lain ternyata beda-beda. Keren, kan? 

2. Bonang Barong & Bonang Penerus

gamelan kendang
Image Source: mimo-international.com

Alat musik tabuh lainnya yang ada di dalam perangkat gamelan adalah bonang. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan alat pemukul khusus. Bonang terbagi menjadi 2, yaitu: Bonang Barong dan Bonang Penerus. 

Bonang Barong adalah instrumen bonang yang punya ukuran diameter sedang. Suara yang dihasilkan punya oktaf yang sedang hingga tinggi. Sebaliknya, bonang penerus punya ukuran yang lebih kecil dengan oktaf yang lebih tinggi.

3. Demung

gamelan demungDi dalam permainan gamelan, demung termasuk ke dalam jenis instrumen musik dengan melodi dasar. Demung terbagi menjadi 2, yaitu demung dengan nada slendro dan nada pelog. Alat musik ini berbentuk lempengan-lempengan yang terbuat dari logam kuningan. Buat memainkan alat musik ini, kamu harus memukulkan lempengan-lempengan tersebut dengan alat pemukul khusus. 

Nada yang dihasilkan punya oktaf yang paling rendah dari keluarga instrumen balungan. Sekilas, demung mirip banget dengan alat musik xylophone. Bisa dibilang demung adalah xylophone-nya Indonesia.

4. Saron

gamelan saronSama seperti demung, saron juga termasuk ke dalam jenis alat musik balungan. Saron juga sama-sama menghasilkan nada slendro dan pelog. Hanya saja, oktaf yang dihasilkan alat musik ini memang lebih tinggi dibandingkan demung. Biasanya, di dalam alat musik gamelan terdapat 4 unit saron yang dimainkan oleh orang yang berbeda. 

Buat memainkan alat musik ini, Blibli Friends harus menguasai teknik “memathet”. Teknik ini dilakukan dengan cara memukul lempengan logam (wilahan) dengan tangan kanan. Sedangkan, tangan kiri memencet bilah wilahan yang sudah dipukul sebelumnya. Teknik memathet ini dilakukan buat meredam dengungan yang tersisa dari pemukulan sebelumnya. Jadi, suara yang dihasilkan alat musik ini juga jadi lebih jernih. 


Baca juga: Ajak si Kecil Mengenal Lagu Daerah dengan Produk Berikut Ini

Nah, sekarang Blibli Friends sudah tahu beberapa jenis alat musik gamelan. Kamu butuh buat membeli instrumen gamelan? Nggak perlu pusing mencari, soalnya kamu bisa mendapatkannya di Blibli. Selain beli instrumen musik gamelan lewat toko online ini, kamu juga bisa lho beli buku panduan belajar gamelan di sini. Harga yang ditawarkan sudah pasti terjangkau. Apalagi, selama masa promo Blibli hobi kasih voucher dan diskon promo yang bisa banget kamu manfaatkan.

Temukan Berbagai Alat Musik Berkualitas Hanya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY