me

Yuk, Kenalan dengan Alat Musik Betawi

Oct 26, 2022.By Blibli Friends
Bagikan

balubu.com

Suku Betawi adalah suku masyarakat yang sudah mendiami Jakarta sejak sebelum kedatangan para penjajah. Selain terkenal dengan logatnya yang unik, masyarakat Betawi juga dikenal sebagai suku yang cinta banget dengan musik. Buktinya, suku ini punya banyak banget pertunjukan musik dan tari tradisional dengan pengiring alat musik Betawi. Penasaran hal apa yang menarik buat diketahui? Simak di sini!


Baca juga: Ketahui Yuk Alat Musik Ritmis dan Fungsinya

  1. Gambang
Central kerajinan Miniatur Gamelan Gambang 8 Bilah Mainan Tradisional

Gambang adalah salah satu alat musik Betawi yang terbuat dari bilah-bilah kayu sebanyak 18 buah. Gambang kromong khas Betawi terdiri dari resonator yang berbentuk mirip dengan perahu. Alat pemukul alat musik gambang ini terdiri dari 2 buah tongkat yang digenggam oleh tangan kanan dan kiri penabuh. Ujung dari alat pemukul gambang biasanya berbentuk bulat yang dibungkus dengan kain. 

2. Kromong

infobudaya.net

Kromong adalah alat musik khas Betawi lainnya yang sering tampil di acara orkes Gambang Kromong. Kromong punya bentuk yang mirip banget dengan bonang. Instrumen ini terdiri dari 10 unit gong berukuran kecil yang terbuat dari bahan kuningan atau perunggu. Gong-gong tersebut disusun pada rak kayu sebanyak 2 baris. 

Pada baris pertama diisi dengan gong yang bernada siang-liuh-u-kong-che. Sedangkan, pada baris kedua terdiri dari nada che-kong-siang-liuh-u. Di dalam pertunjukan orkestra gamelan, alat musik Betawi ini sering dimainkan bareng dengan instrumen gambang.

3. Gong dan Kempul

Metal Gong Hand Percussion Instruments Traditional Chinese Cymbals Gift

Blibli Friends pastinya familier dengan alat musik gong. Berasal dari dataran China, masyarakat Betawi juga mengadopsi alat musik ini jadi salah satu instrumen tradisional mereka. 

Gong betawi biasanya punya ukuran diameter sekitar 85 cm dan biasanya ditabuh buat penentu dari irama dasar. Sedangkan, kempul adalah gong dengan ukuran yang lebih kecil. Kempul punya diameter 45 cm yang berperan sebagai pembatas ritme melodi. Baik gong maupun kempul sama-sama dipajang dengan cara digantungkan. Soalnya, ukuran alat musik Betawi ini memang lumayan besar. 

4. Kecrek

Dhore TB-209 Steel Tambourine Alat Musik

Kecrek mungkin jadi salah satu alat musik Betawi yang paling umum ditemukan. Nggak cuma dimainkan di dalam panggung orkestra gamelan saja. Kecrek juga banyak dimainkan oleh masyarakat awam di kala senggang. Alat musik yang juga disebut sebagai pan ini terdiri dari 2 – 4 lempengan logam kuningan, besi, atau perunggu yang tipis. 

Logam-logam itu kemudian disusun di atas papan kayu. Buat memainkannya, kamu cuma perlu buat menggoyangkan papan kayu itu, atau dengan menepuknya dengan telapak tangan. Kalau ingin dapat nada yang beda, kamu bisa memukulkan alat musik ini pada tongkat kayu pendek atau palu khusus. Sedikit fakta unik nih, Blibli Friends! Alat musik sejenis marakas ini dapat namanya dari hasil suara yang dihasilkan, yaitu “crek crek crek”. Di dalam pertunjukan musik, kecrek berfungsi sebagai pengatur irama. 

5. Ningnong

pdbifiles.nos.jkt-1.neo.id

Ningnong, atau yang juga akrab disebut sio-lo adalah alat musik yang terdiri dari 2 buah piringan logam dengan diameter kurang lebih 10 cm. Alat musik ini ditempatkan di bingkai kayu bertangkai tunggal. Nah, cara memainkan alat musik ini adalah dengan memukulnya pakai tongkat besi kecil dari kiri dan kanan. Alat musik unik ini lumayan sering dipakai di dalam pertunjukan musik tradisional maupun modern.


Baca juga: Alat Musik Tiup Populer Ini Bisa Dipelajari oleh Pemula

Gimana, Blibli Friends? Sudah makin akrab kan dengan variasi alat musik Betawi di atas? Blibli Friends bisa beli alat musik khas Betawi idamanmu di Blibli, lho. Toko online ini tawarkan banyak banget jenis alat permainan musik khas dari Tanah Betawi asli khusus buat kamu. Nggak perlu takut mahal, soalnya Blibli tawarkan promo diskon dan voucher yang menggiurkan. Yuk, beli alat musik kualitas terbaik di Blibli sekarang juga.

Temukan Berbagai Alat Musik Berkualitas Hanya di Sini!

Tag: