me

Unik! Ini Alat Musik Bali yang Harus Kamu Tahu

Apr 13, 2021.By Blibli Friends
Bagikan

Via : unsplash.com

Pulau Bali adalah salah satu daerah di Indonesia yang populer banget. Nggak cuma dari sektor pariwisata alamnya saja, banyak turis yang jatuh hati dengan kebudayaan musik Bali. Di Bali, ada banyak banget pertunjukan musik dan tari yang bakal menghiburmu. Rasanya nggak lengkap dong kalau kamu nggak kenalan dengan berbagai jenis alat musik Bali berikut ini. Makanya, kenalan, yuk!


Baca juga: Daftar Makanan Enak di Bali, Jangan Sampai Kelewatan

  • Genggong

Via : 1001indonesia.net

Genggong adalah salah satu alat musik Bali yang paling banyak dipakai di dalam pertunjukan seni musik. Sayangnya, nggak banyak orang yang tahu keunikan dari alat musik satu ini. Keunikan pertama adalah material yang digunakan buat bikin alat musik ini. Genggong terbuat dari pelepah daun enau. 

Suara yang dihasilkan juga unik banget, lho. Banyak yang mendeskripsikan suara genggong mirip banget dengan suara katak yang saling bersahut-sahutan. Ya, suara alam ini pastinya bantu Blibli Friends jadi lebih rileks. Asal dari nama alat musik ini juga nggak kalah unik, lho. Genggong berasal dari kata “geng” yang berarti “suara tinggi” dalam bahasa Bali, dan “gong” yang berarti “suara rendah”. 

  • Rindik

Via : indonesia.go.id

Kalau kamu pernah nonton pertunjukan Tari Joged Bumbu saat wisata ke Bali, pastilah pernah lihat alat musik satu ini. Rindik adalah alat musik pukul yang sekilas kelihatan mirip dengan kolintang dari Minahasa. Bedanya, alat musik Bali ini terbuat dari material bilah-bilah bambu. 

Bilah-bilah bambu itu disusun secara horizontal dengan panjang yang berbeda-beda. Masing-masing bilah bisa menghasilkan nada slendro saat dimainkan. Selain dimainkan sebagai pengiring tarian, rindik juga biasa dimainkan saat acara upacara pernikahan. Biasanya, rindik dimainkan dengan 2 – 4 orang bersama dengan alunan suling.

  • Gerantang

Via : budaya-indonesia.org

Sekilas, gerantang punya banyak banget kemiripan dengan rindik. Selain sama-sama termasuk ke dalam alat musik pukul, kedua alat musik Bali ini sama-sama terbuat dari bambu. Gerantang memang bisa dibilang merupakan “nenek moyangnya” Rindik. Bedanya, gerantang terbuat dari bambu-bambu utuh. Beda dengan rindik yang tersusun dari bambu yang sudah dibelah-belah. 

  • Jegog

Via : republika.co.id

Alat musik Bali lainnya yang terbuat dari bahan bambu adalah Jegog. Jegog terdiri dari deretan bambu berukuran besar yang dibelah dan disusun hingga sedemikian rupa. Alat musik ini dimainkan dengan cara memukul bilah-bilah bambu tersebut dengan tongkat pemukul. 

Jegog biasanya dimainkan sebagai pengiring upacara-upacara adat di Bali. Kamu bisa temukan alat musik ini di kawasan Kabupaten Jembrana. Kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 100 meter ke arah Barat dari kota Denpasar. 

  • Gangsa

Via : sudassana05.blogspot.com

Gangsa termasuk ke dalam jenis barungan gamelan. Alat musik ini terdiri dari bilah-bilah perunggu yang dipukul dengan stik khusus. Gangsa biasanya dimainkan di dalam pertunjukan gamelan Bali dalam upacara adat maupun pertunjukan-pertunjukan khas Bali lainnya. 

Selain itu, Gangsa juga biasa dimainkan sebagai pengiring dari pertunjukan tarian tradisional Bali. Alat musik ini terbagi jadi 2 jenis, yaitu gangsa pemade dan gangsa katilan. 

  • Suling Gambuh

Via : urvasu.files.wordpress.com

Selain alat musik tabuh, Bali juga punya alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Suling gambuh adalah salah satu alat musik Bali yang gampang banget ditemui. Ukuran suling ini lebih besar dan panjang dibandingkan jenis suling di daerah Indonesia lainnya. Suling gambuh ini dimainkan dengan menempatkannya secara diagonal. 

Buat mendukung performa, pemain suling ini biasanya menyandarkan bagian ujung dari suling ke lantai. Di dalam pertunjukan gamelan gambuh, suling gambuh ini berfungsi sebagai inti dari permainan. Alat-alat musik yang lain bakal mengikuti alunan suara dari suling ini. 


Baca juga: Tempat Wisata di Bali Ini Wajib Dikunjungi Ketika Berlibur!

Gimana? Semoga ulasan tentang alat musik Bali di atas bikin wawasan Blibli Friends jadi makin luas. Kamu juga bisa lho beli alat-alat musik ini lewat Blibli. Praktis banget, lho. Kamu nggak perlu repot-repot ke luar rumah. Alat musik pesananmu bakal dikirim langsung ke rumahmu dengan selamat. Ada berbagai promo yang menantimu di Blibli, lho. Yuk!

Temukan Berbagai Alat Musik Hanya di Sini!

Tag: