Mengenal Alat Musik Ansambel Beserta Sekilas tentang Sejarahnya

alat musik ansambel

Sejak dahulu hingga sekarang, musik menjadi karya seni yang terus berkembang. Saat Blibli Friends akan menyanyikan suatu lagu, maka perlu adanya musik pengiring. Baik berupa alat-alat musik ataupun media lainnya. Nah, alat musik ansambel adalah kombinasi sejumlah alat musik yang dapat dimainkan dengan harmonis. Diperlukan teknik berbeda untuk memainkan setiap alat musiknya.

Kalau menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ansambel merupakan “kelompok pemain musik atau penyanyi yang bermain bersama secara tetap”. Sementara, mengutip dari buku berjudul Kerajinan Tangan dan Kesenian (2004) karya Sugianto, ansambel itu berasal dari kata-kata Bahasa Prancis, “ensemble” yang artinya “bersama-sama”. Yuk, kita mengenal lebih banyak tentang ansambel.


Baca juga: Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis

Penyajian Musik Ansambel

alat musik ansambelKita bisa memaknai ansambel sebagai sajian musik yang dilagukan bersama-sama dengan memakai satu atau banyak peralatan musik. Menurut buku Kerajinan Tangan dan Kesenian Seni Musik (1996) karya A. Yudana Basuki, musik ansambel merupakan penyajian musik dengan dimainkan oleh sejumlah orang, menggunakan jenis-jenis alat musik tertentu, dan memainkan lagu-lagu yang sederhana.

Peranan dan Fungsi Alat Musik Ansambel

ansambelJika dilihat dari peranan dan fungsinya, ansambel menggunakan alat-alat musik dengan jenis tertentu. Jenis alat musik tersebut bisa dikelompokkan ke dalam tiga macam. Ketiganya adalah alat musik melodis, alat musik ritmis dan alat musik harmonis.

Kalau menurut situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), musik ansambel adalah musik yang disajikan bersama-sama dengan menggunakan alat musik sejenis ataupun campuran. Sementara, alat musik tersebut, saat penyajiannya, ada yang berfungsi untuk membawakan melodi pokok. Lalu, yang lainnya berfungsi untuk mengiringi. Pada dasarnya, ansambel adalah musik yang disajikan dengan sederhana.

Sekilas Tentang Sejarah Musik Ansambel

Ansambel adalah sajian permainan musik, dan yang menyajikan adalah beberapa atau sekelompok orang. Mereka menggunakan alat musik tertentu, bisa sejenis atau beda jenisnya. Awalnya, musik ansambel ini disebut dengan musik kamar atau chamber music atau musica de camera

Sebutan ini berlangsung pada zaman Barok, yaitu tepatnya di sekitar tahun 1600-1750. Ketika itu, orang-orang melantunkan musik ansambel hanya dengan alat-alat musik gesek dan tiup saja. Sementara, nama ansambel disebut terkait dengan kondisi suatu ruangan yang khusus dan tak begitu luas.

Kemudian, sampai pada tahun 1750, ansambel atau musik kamar jadi disajikan untuk khalayak ramai. Musik ansambel dipentaskan untuk orang banyak. Hal tersebut yang menjadi awal mula ansambel jadi sebuah pentas musik. Di mana, ansambel banyak dikenal seperti di masa sekarang ini.

Orkestra yang Pernah Tampil di Indonesia

Image Source: Antara foto

Salah satu contoh penyajian musik sejenis ansambel adalah penampilan kelompok musik orkestra asal Spanyol, Orquesta de Camarada de Siero (OCAS) di Indonesia. Mereka tampil di acara pembukaan Palu Salonde Percussion yang bertempat di Hutan Kota Kaombona, Palu, Sulawesi Tengah. Penampilan musik ini digelar pada tahun 2018. Ini adalah puncak konser OCAS yang digelar di kota Palu. Konser ini merupakan bagian dari program Vinculos Untuk Indonesia 2018.


Baca juga: Mengenalkan Musik pada Anak

Nah itulah, sekilas tentang alat musik ansambel. Gimana jadi tau kan sejarah singkat dan peranan dari alat musik ansambel ini? Menarik banget kan? Atau jangan-jangan kamu udah pernah nih menampilkan ansambel? Jika memang kamu masih baru ingin mempelajarinnya boleh banget nih  kunjungi Blibli untuk melihat-lihat berbagai alat musik ansambel. Pilihan di sini lengkap banget,  harganya juga dijamin murah deh. Selain itu kamu juga akan dimanjakan dengan promo menarik di setiap transaksinya. Asyik banget, kan!

Temukan Berbagai Alat Musik Lainnya di Sini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY